Mengenal Move to Earn, Kategori Baru di Dunia Crypto

Jenis proyek crypto yang kini sedang ramai dibicarakan adalah move to earn. Ketenarannya dipicu oleh proyek STEPN dengan tokennya GMT yang telah naik lebih dari 520.000% sejak diluncurkan.

Apa itu Move to Earn dan segala hal yang perlu diperhatikan dari kategori crypto satu ini? Dapatkan jawabannya di sini.

Apa itu Move to Earn

Move to Earn adalah sebuah kategori baru di dunia crypto yang sama seperti namanya yaitu bergerak untuk menghasilkan. 

Sebelumnya, fenomena yang tenar secara signifikan di dunia crypto adalah Play to Earn dimana investor dapat bermain game untuk menghasilkan crypto. 

Baca juga: Apa itu GameFi? Main Game Bikin Cuan

Saat ini terdapat fenomena baru dimana investor dapat bergerak yang umumnya mengacu pada berolahraga, untuk mulai mendapatkan crypto. 

Olahraga yang dimaksud adalah olahraga yang umum seperti menggunakan sepeda, berjalan, jogging, lompat tali, hingga angkat beban. 

Kategori ini dibuat terkenal oleh Stepn (GMT) yang merupakan sebuah proyek crypto yang ingin membuat investor crypto lebih sehat. 

Fenomena Move to Earn mulai terkenal di Tahun 2022 saat Covid-19 mulai mereda di beberapa negara dan masyarakat dapat kembali bergerak walau secara terbatas. 

Hasilnya beberapa pebisnis memanfaatkan transisi ini dan membuat sebuah kategori baru di dunia crypto. 

Fenomena ini mendapat dukungan yang positif karena terjadi bersama dengan era kebugaran dimana saat Covid-19 menyerang, banyak yang terjebak di rumah masing-masing dan jarang berolahraga. 

Sekarang banyak masyarakat yang mulai sadar kembali dan mulai berolahraga lagi sehingga fenomena ini sangat cocok dan membuatnya tenar. 

Data saat ini menunjukkan bahwa kategori ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar $2,27 Miliar yang masih relatif rendah. Tapi melihat masa hidupnya yang baru, kategori ini cukup mengesankan banyak investor crypto yang membuatnya menarik. 

Dalam kategori tersebut hanya ada 14 proyek untuk saat ini. Melihat potensinya, kemungkinan besar akan lebih banyak lagi proyek crypto yang masuk ke kategori tersebut. 

Mekanisme Move to Earn

Mekanisme dari Move to earn ini sangat mudah, investor hanya perlu mengunduh aplikasi yang terikat pada proyeknya. 

Nantinya pengguna akan dilacak dari pergerakannya saat menggunakan aplikasi tersebut agar dapat dihitung imbalannya untuk mendapatkan crypto. 

Mayoritas proyek ini mewajibkan pengguna untuk menyalakan GPS sehingga jarak yang ditempuh saat menggunakan aplikasinya dapat dilacak. 

Seperti yang sebelumnya dinyatakan, jarak yang ditempuh ini dapat dilakukan dengan berlari, berjalan, berlari kecil, hingga menggunakan sepeda. 

Tapi terdapat beberapa mekanisme lain seperti angkat beban atau lompat tali dimana aplikasi dapat melacak melalui kamera atau menggunakan laporan pribadi dengan memasukkan angka atau jumlah repetisi yang dilakukan.

Mengenal Move to Earn, Kategori Baru di Dunia Crypto
Contoh Aplikasi Move to Earn

Mekanisme ini sama seperti aplikasi olahraga yang ada saat ini namun perbedaannya setelah menyelesaikan olahraga tersebut, imbalannya akan berupa crypto dan bukan sekedar poin yang umum digunakan aplikasi olahraga. 

Sebelum memulai umumnya juga akan ada biaya dimana terdapat aplikasi yang mewajibkan bayar sebelum olahraga dengan token yang terikat proyeknya atau membeli NFT yang mewakilkan keberadaan individu di aplikasi tersebut. 

Mekanisme ini sama seperti Play to Earn, namun perbedaannya Play to Earn mewajibkan beli karakter NFT untuk bermain dan Move to Earn mewajibkan beli karakter NFT untuk olahraga. 

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari NFT

Cara Move to Earn

Saat ini terdapat tiga proyek yang penggunanya mengalami peningkatan tinggi yaitu Stepn, Genopets, dan Wirtual. 

Tapi dari sisi kapitalisasi harga tokennya, saat ini pemimpinnya adalah Stepn (GMT), Genopets (GENE), dan Dootmovs (MOOV).

Mengenal Move to Earn, Kategori Baru di Dunia Crypto
Kapitalisasi Pasar Token Kategori Move to Earn

Cara untuk berpartisipasi dalam kategori Move to Earn saat ini masih relatif sama dimana pengguna harus membeli NFT kemudian baru bisa mendapatkan imbalan. 

Contohnya adalah Stepn, saat ingin menggunakan Stepn, pengguna harus membeli Sepatu dalam bentuk NFT yang merepresentasikan langkah di aplikasi. 

Sepatu tersebut dapat dibeli dan nantinya juga akan dapat disewa untuk mulai menggunakan aplikasi Stepn. 

Setelah menyewa atau membeli sepatu tersebut, pengguna akan bisa mulai mendapatkan imbalan dalam GMT melalui berjalan atau berlari kecil. 

Imbalannya akan jauh lebih kecil dibandingkan harga beli sehingga butuh waktu untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan. 

Cara lain terlihat dari Wirtual dimana untuk Wirtual, olahraga yang dilakukan bervariasi dan dalam tantangan. 

Saat ingin menggunakan Wirtual, pengguna harus membayar untuk berpartisipasi dalam kompetisi dengan pengguna lain. 

Contoh kompetisinya adalah dengan balap sepeda atau balap lari namun semua dilakukan secara virtual dimana individu yang mencapai jarak tempuh yang ditargetkan terlebih dahulu akan mendapatkan imbalan. 

Terakhir adalah Genopets yang hampir mirip dengan permainan Pokemon Go namun mewajibkan pengguna untuk membeli peliharaan dalam bentuk NFT dan membawanya berjalan. 

Semuanya tercatat dalam bentuk langkah menggunakan GPS di telepon genggam sehingga aplikasi ini mewajibkan pengguna memiliki telepon genggam dengan GPS.

Keuntungan Move to Earn

Move to Earn memberikan keuntungan kepada seorang individu yang sering bepergian terutama dengan berjalan. 

Hal ini disebabkan jika individu tersebut berjalan ke kantor atau ke tempat yang ingin dituju setiap harinya, maka setiap hari ia juga bisa mendapatkan imbalan dengan menyalakan aplikasinya. 

Selain untuk mendapatkan keuntungan, Move to Earn juga mengajak investor crypto untuk berubah menjadi lebih sehat. 

Saat ini stigma yang ada di investor crypto adalah individu yang tidak sehat karena selalu berada di depan laptop, komputer, atau telepon genggam. 

Akhirnya investor tersebut jarang bergerak dan memiliki berat badan berlebih dan dianggap tidak sehat karena selalu melihat grafik.

Move to Earn ingin mengubah stigma atau pandangan tersebut sehingga investor crypto bisa memiliki crypto namun memiliki gaya hidup yang sehat. 

Fenomena ini telah didukung oleh banyak perusahaan di bidang olahraga seperti Nike, Adidas, dan beberapa perusahaan lainnya walau belum secara resmi. 

Tapi kemungkinan besar kedepannya kategori ini akan menjadi salah satu kategori yang terus berkembang karena manfaat yang diberikan dari sisi jasmani hingga finansial. 

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin