Mengenal STEPN Proyek Crypto Move to Earn

Sudah pernah dengar istilah move to earn? Pada dasarnya ini mirip dengan play to earn, hanya saja move to earn berfokus kepada aspek kesehatan yang mengajak para penggunannya untuk bergerak untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Sebelumnya Coinvestasi sudah membahas mengenai move to earn, kamu bisa membacanya di artikel Mengenal Move to Earn, Kategori Baru di Dunia Crypto

Salah satu proyek terkenal di kategori ini adalah STEPN dengan tokennya GMT. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya?

Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu STEPN?

STEPN adalah proyek move to earn yang bekerja di blockchain Solana yang dikembangkan oleh FindSatoshi Lab Ltd., proyek ini memenangkan tempat keempat di hackathon Solana Ignition tahun lalu, dan saat ini masuk ke dalam move to earn terkemuka di industri crypto.

Proyek ini bercita-cita untuk memotivasi jutaan orang untuk mengadopsi gaya hidup sehat sambil mengajak mereka masuk ke era web 3.0 dan tentunya mendapatkan penghasilan.

Dengan STEPN pengguna dapat memperoleh token dengan berjalan, jogging, atau berlari di luar ruangan dengan sepatu NFT.

“StepN bertujuan untuk mendorong jutaan orang menuju gaya hidup yang lebih sehat, memerangi perubahan iklim, dan menghubungkan publik ke Web 3.0,” kata perusahaan itu di situs resminya.

Proyek yang masih seumur jagung ini telah mendapatkan putaran dana awal sebesar $5,0 juga dan didukung jutaterkemuka, termasuk Solana Capital, DeFi Alliance, MorningStar Ventures, Sequoia Capital, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan STEPN

Unduh Aplikasi

Kamu bisa mengunduh aplikasi STEPN di Google Play Store atau AppStore, kemudian lakukan pendaftaran dan verifikasi

Hubungkan Wallet

Selanjutnya hubungkan wallet yang berguna untuk menyimpan NFT aplikasi yang akan digunakan untuk memperoleh penghasilan.

Beli Sepatu Virtual

Untuk membeli sepatu kets virtual, kamu harus menyiapkan SOL untuk membeli sepatu virtual, satu pasang sepatu kets seperti Pokemon yang memiliki statistik dan kelangkaannya sendiri.

sepatu virtual STEPN
Deskripsi sepatu virtual STEPN. Sumber: stepn.com

Statistik menentukan berapa lama pengguna dapat berlari tanpa perlu mengisi ulang. Mereka juga dapat memberi penggunannya bonus kecepatan sehingga penggunannya bisa mendapatkan lebih banyak token baik itu GMT atau GST.

Token yang Ada di STEPN

STEPN memiliki dua token yakni Green Satoshi Token (GST) yang berperan sebagai token utilitas untuk membayar hadiah dalam aplikasi dengan persediaan yang tidak terbatas, tetapi akan dibakar setiap kali sepatu virtual dicetak, diperbaiki, atau ditingkatkan.

Green Satoshi Token (GST)

Green Satoshi Token (GST) berperan sebagai token utilitas untuk membayar hadiah dalam aplikasi dengan persediaan yang tidak terbatas, tetapi akan dibakar setiap kali sepatu virtual dicetak, diperbaiki, atau ditingkatkan.

Pengguna dapat meningkatkan item permata dan sepatu kets mint melalui token GST, yang juga banyak digunakan untuk menukar/menukar koin USD (USDC).

Green Metaverse Token

Green Metaverse Token (GMT), dengan pasokan maksimum enam miliar, adalah token tata kelola Stepn dan penyimpan nilai utama bagi investor Stepn.

Cara Mendapatkan Uang dari STEPN

Ada berbagai mode untuk mendapatkan token yang nantinya bisa diuangkan di STEPN, aplikasi ini akan menggunakan GPS untuk melakukan pelacakan dan melihat seberapa jauh dalam kamu bergerak.

Mode Marathon

Pengguna dapat berpartisipasi dalam maraton mingguan atau bulanan dengan mendaftar di bawah “tab Maraton.” Namun, mereka harus melakukannya 24 jam sebelum dimulainya maraton pilihan.

Pengguna dapat memilih dari maraton 2,5, 5 atau 7,5 kilometer (1,5, 3,1 atau 4,7 mil) dalam maraton mingguan, tetapi mereka hanya dapat berpartisipasi dalam satu balapan pada satu waktu.

Maraton bulanan, di sisi lain, bisa sepanjang 5, 10 atau 15 kilometer (masing-masing 3,1, 6,2 atau 9,3 mil) tetapi sekali lagi, pengguna hanya dapat berlari satu maraton pada satu waktu. Sangat penting untuk dicatat bahwa sepatu kets tidak dapat diperbaiki selama maraton.

Background Mode

Jika pengguna memiliki setidaknya satu pasang sepatu kets dalam inventaris, mereka dapat memperoleh token GST secara offline dan tanpa biaya perbaikan.

Mode  background ini akan mengumpulkan jumlah langkah langsung dari data kesehatan perangkat seluler saat aplikasi STEPN dimatikan dan tidak memengaruhi daya tahan sepatu kets.

Jadi ini akan berlangsung otomatis sesuai dengan seberapa jauh kamu melangkah.

Penting untuk dicatat dari Level 0 hingga Level 29, pengguna hanya dapat memperoleh GST, sedangkan pada Level 30, pengguna memiliki opsi untuk terus menerima GST atau beralih ke GMT.

Namun, untuk mulai mendapatkan GMT, kamu harus memiliki setidaknya tiga Energi, yang juga disebut “aturan tiga persyaratan”.

Selain itu, pembayaran token bergantung pada berbagai faktor seperti jenis sepatu kets dan atribut sepatu kets seperti kenyamanan, efisiensi, dan kecepatan bergerak.

Pengguna memiliki kontrol penuh untuk beralih di antara dua mode penghasilan ini. Meskipun demikian, pengguna berhenti mendapatkan token setelah Energi mereka habis.

Kesimpulan

STEPN adalah proyek inovatif yang mengajak penggunannya untuk rajin bergerak sambil menghasilkan token yang menguntungkan.

Untuk mendapatkan sepatu virtual, pengguna perlu menyediakan SOL sesuai dengan jenis sepatu yang ingin dibeli, sepatu ini akan menjadi faktor penting untuk menentukan seberapa banyak token yang bisa dihasilkan.

Selain STEPN, masih ada beberapa proyek lain yang mengusung konsep Move to Earn, apa saja itu? Nantikan ulasan lengkapnya hanya di Coinvestasi.com.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin