Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

CryptoBlades adalah salah satu permainan berbasis crypto yang cukup ramai di Tahun 2021 bahkan hingga Tahun 2022. 

Pada Bulan April 2022, CryptoBlades berada di peringkat 17 dalam jumlah pemain dibandingkan dengan permainan berbasis crypto lainnya menurut Dappradar

Melihat pemainnya yang masih banyak dan keuntungannya yang masih menarik melihat murahnya modal, artikel ini akan menjelaskan apa itu CryptoBlades bagaimana cara bermain agar untung. 

Apa Itu CryptoBlades?

CryptoBlades adalah sebuah permainan berbasis NFT dimana pemain melakukan pertarungan atau battle sebagai prajurit melawan prajurit lain yang digerakkan komputer atau pemain lain. 

Terdapat empat jenis permainan yaitu Combat, PVP, Raid, dan Quest yang merupakan pilihan antara bermain dengan komputer atau pemain lain. 

Dengan bermain CryptoBlades, pemain akan mendapatkan imbalan berupa token asli dari ekosistemnya yaitu token SKILL. 

Proyek CryptoBlades sendiri dibangun pada Binance Smart Chain sehingga menggunakan biaya yang relatif rendah. 

Tapi karena telah berkembang, saat ini CryptoBlades bisa dimainkan melalui beberapa blockchain lain seperti Polygon, Heco, OEC milik OKX, dan Avalanche. 

Pendirinya adalah Riveted Games yang merupakan sebuah perusahaan pencipta game yang telah berdiri selama sekitar delapan tahun. 

Riveted Games sendiri telah diuji kelayakannya oleh beberapa individu besar sehingga membuatnya kredibel untuk membangun sebuah proyek. 

Pendiri dari Riveted Games sendiri adalah Philip Devine yang juga menjadi pencetus ide dibalik CryptoBlades. 

Ia memiliki latar belakang teknologi yang cukup mengesankan karena telah menjadi developer untuk beberapa perusahaan teknologi. 

Bersama timnya, ia menciptakan CryptoBlades untuk mempermudah permainan berbasis blockchain agar bisa dimainkan untuk semua orang. 

Melalui cara bermainnya dan penggunaan Binance Smart Chain, ia ingin membentuk permainan yang murah, mudah, dan menyenangkan. 

Cara Mulai Bermain CryptoBlades

CryptoBlades adalah sebuah permainan berbasis situs. Jadi untuk memainkannya, pengguna harus masuk ke dalam situs resminya yaitu Cryptoblades.io.

Sebelum mulai bermain, pemain harus memiliki wallet blockchain yang dapat tersambung ke Binance Smart Chain. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Contoh wallet yang bisa digunakan adalah metamask dimana metamask adalah wallet yang paling sering digunakan. Jika belum memiliki, pemain dapat membaca panduan di sini.

Setelah memiliki wallet metamask, langkah berikutnya adalah melakukan deposit ke metamask dan melakukan pembelian token SKILL. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Token SKILL sendiri dapat dibeli di beberapa bursa yang tersentralisasi atau terdesentralisasi. Contoh yang paling sering digunakan adalah ApeSwap, yaitu bursa terdesentralisasi resmi dari Binance Smart Chain. 

Setelah memiliki SKILL, pemain dapat masuk ke situs resmi CryptoBlades dan mulai bermain. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Untuk mulai bermain, pemain harus membeli Karakter di kolom Plaza dengan cara klik tombol Recruit dan beli senjata di kolom Blacksmith dengan cara klik tombol Forge.

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Setelah sudah, pemain dapat mulai bertarung dengan masuk ke kolom Combat dan pilih musuh. Jika menang pemain akan mendapatkan Token SKILL dan xp untuk meningkatkan level. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula
Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Dalam Combat, pemain akan melawan komputer, tapi jika masuk ke kolom PVP, pemain akan melawan pemain lain secara daring atau online. 

Karakter dalam CryptoBlades

Dalam permainan CryptoBlades, karakter akan tercipta dalam bentuk NFT dimana masing-masing karakter terlihat sebagai prajurit yang siap berperang. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Masing-masing karakter memiliki elemennya sendiri dimana elemen ini dapat dijadikan strategi, karena ada satu elemen yang bisa mengalahkan elemen lain. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Urutannya adalah seperti gambar di atas dimana api bisa mengalahkan bumi, bumi bisa mengalahkan petir, petir bisa mengalahkan air, dan air bisa mengalahkan api. 

Selain karakter, pemain juga harus memiliki senjata dimana senjata inijuga berbentuk NFT yang wajib dimiliki untuk bertarung. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Senjata juga harus dicocokan dengan elemen dari karakter sehingga menciptakan kombinasi baik untuk mengalahkan lawan. 

Pemain juga bisa melakukan reforging yaitu melakukan burn NFT senjata untuk menggabungkannya dengan senjata lain untuk membentuk senjata baru. 

Berapa Modal Bermain CryptoBlades?

Untuk bermain CryptoBlades, modal yang harus dikeluarkan bervariasi bergantung pada kondisi blockchain, harga Token SKILL, dan harga NFT senjata dan karakter pada saat ingin membeli. 

Tiga biaya yang harus dipertimbangkan adalah pembelian karakter, pembelian senjata, dan pembayaran gas fee atau biaya blockchain setiap akan bertarung. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Kurang lebih pemain di awal hanya membutuhkan sekitar 3 SKILL untuk membeli karakter seharga minimal 1 SKILL, senjata 1 SKILL dan, gas fee untuk bermain beberapa kali hingga 1 SKILL habis. 

Saat artikel ini ditulis, 1 SKILL memiliki harga sekitar $5 atau Rp72.000 jadi pemain dapat menyiapkan modal serendah Rp216.000 untuk mulai bermain. 

Imbalan Bermain CryptoBlades 

Imbalan saat bermain bervariasi bergantung juga pada kondisi blockchain, ramainya pemain, dan harga NFT yang dibutuhkan. 

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi level dan semakin banyak xp atau experience yang dimiliki, maka imbalan juga akan semakin besar. Jadi semakin sering bermain dan semakin sering menang, maka imbalan akan terus meningkat. 

Saat ini rata-rata imbalan yang diberikan untuk bermain adalah sekitar $0.55 atau Rp7.900 per pertandingan yang dimenangkan. 

Apa Itu CryptoBlades? Panduan Main dan Untung untuk Pemula

Perlu diketahui bahwa setiap pertandingan berbeda-beda dan setiap jenis permainan seperti Combat, PVP, Raids, dan Quest juga memiliki imbalan yang berbeda-beda. 

Jadi untuk untung atau balik modal dari modal sekitar Rp210.000 sebelumnya, pemain harus rajin bermain dan menang 30 kali dan terus mengembangkan karakter serta senjata yang dimiliki. 

Ke depannya CryptoBlades juga terlihat akan terus memberi insentif baru untuk para pemain melihat perkembangan proyeknya di Tahun 2022. Sehingga kemungkinan akan sangat cepat untuk untung dari permainan ini dibanding permainan berbasis blockchain lainnya. 

Membedah Token SKILL

Di Tahun 2022 ini, CryptoBlades telah melakukan beberapa kerja sama dengan beberapa proyek permainan dan bursa terdesentralisasi. 

Tujuannya adalah agar imbalan untuk pemain terus meningkat dan permainannya lebih mudah untuk diakses di berbagai blockchain. 

Selain itu tujuannya adalah agar dapat tersedia untuk farming dan staking sehingga tokennya dapat dikunci untuk mendapatkan keuntungan pasif. 

Kabar terpenting adalah CryptoBlades juga sedang dalam tahap pengembangan game versi terbarunya yaitu Crypto Blades Kingdom. 

Tapi walau terus berkembang, tokennya tidak berubah dimana SKILL masih memiliki persediaan yang terbatas pada 1 Juta SKILL. 

Saat ini yang telah beredar di pasar adalah sekitar 86% maka ke depannya token ini akan semakin langka. Jika semakin langka untuk dibeli dan permintaannya naik maka harganya juga akan naik. 

Perlu diketahui bahwa kelangkaan ini tidak akan menghalangi akses untuk bermain karena untuk pemainnya sendiri, CryptoBlades memiliki mekanisme agar SKILL  terus berputar dan insentif terus ada. 

Dari sisi periode vesting oleh tim CryptoBlades, untuk dana perkembangannya telah dikeluarkan sekitar 25% setiap kuartal sejak berdiri di sekitar Maret 2021. 

Jadi, kemungkinan vesting akan habis di kuartal kedua 2022 dan jumlah SKILL akan 100% beredar di pasar. 

Secara keseluruhan, CryptoBlades adalah permainan yang sangat baik dari sisi imbalan dan mekanisme serta biaya dibanding yang lain

Tapi jika ingin mencari yang lebih menghibur, nampaknya CryptoBlades bukan pilihan baik karena permainannya hanya melakukan pemencetan tombol saja. 

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin