3

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini
REKOMENDASI MINING BITCOIN MENGUNTUNGKAN

Dapatkan rekomendasi situs dan aplikasi untuk mining Bitcoin & crypto

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini

Apa itu dan Cara Menjadi Miner Bitcoin

Apakah kamu tertarik menjadi miner Bitcoin meskipun kesulitan penambangan kini makin sulit? Miner Bitcoin sendiri adalah sebutan bagi para penambang Bitcoin.

Penambangan yang dimaksud bukan seperti menambang emas atau batu bara, tetapi lebih kepada menyelesaikan soal matematika yang rumit dengan alat-alat teknologi canggih.  

Sebelum kamu memutuskan menjadi Bitcoin miner, pastikan kamu sudah memahami tentang proses mining itu sendiri dan memahami teknologi untuk mining. Berikut adalah cara menjadi Bitcoin miner.

Pelajari Tentang Prosesnya

Tidak semua mata uang digital dapat ditambang, dan proses untuk satu operasi penambangan dapat berbeda secara signifikan dari yang lain.

Salah satu langkah pertama yang harus diambil jika tertarik untuk menjadi penambang cryptocurrency adalah mempelajari berbagai cryptocurrency yang tersedia untuk ditambang dan memutuskan bagaimana dan apa yang ingin dimining.

Beberapa cryptocurrency terbesar di dunia, termasuk bitcoin, ditemukan melalui proses penambangan. Namun, operasi penambangan bitcoin mungkin secara signifikan kurang menguntungkan sekarang daripada beberapa tahun yang lalu.

Ini disebabkan karena peningkatan dramatis dalam jumlah penambang, meningkatnya kesulitan proses penambangan dari waktu ke waktu, dan faktor terkait lainnya.

Mempelajari proses penambangan dan menentukan koin atau token mana yang akan ingin tambang juga berguna karena akan memberikan miner gambaran tentang jenis peralatan yang mungkin perlu dilacak.

Meluangkan waktu untuk mempertimbangkan dengan cermat akan sangat membantu proses kamu menjadi miner Bitcoin atau miner crypto lainnya.

Dapatkan Rig Penambangan Bitcoin

Jika kamu ingin mulai menambang, kamu harus memiliki rig penambangan. Meskipun pada awal sejarah Bitcoin, penambang menggunakan komputer domestik biasa, dan kemudian kartu grafis, hari ini kamu tidak akan memperoleh Bitcoin apa pun dengan mesin komputer biasa, perlu ada mining rig yang mendukung.

Saat ini, Bitcoin ditambang oleh perangkat keras khusus yang ditujukan hanya untuk menambang Bitcoin atau mata uang lain berdasarkan algoritma yang sama. Ini disebut ASIC, alat ini menggunakan lebih sedikit energi dan menambang Bitcoin lebih cepat.

Mining Rig Bitcoin
Contoh Mining Rig Bitcoin

Perangkat ini mahal dan pembuatannya memakan waktu, namun kecepatannya cukup bagus. Mesin yang paling kuat berhasil memecahkan sebanyak 14 terahash per detik (yang berarti ia melakukan 1012 upaya untuk memecahkan satu blok per detik) dan pengembangannya terus berlanjut. Selengkapnya soal ASIC bisa dibaca di sini.  

Jika kamu sudah memiliki ASIC maka kamu perlu menyediakan daya listrik yang cukup dan tempat khusus, sebab mesin mining ini berisik dan mengeluarkan banyak panas, kamu juga harus menyediakan pendingin misalnya kipas angin dalam jumlah yang cukup.

Jika kamu mining di permukiman padat penduduk, sebaiknya kamu turut memperhatikan kenyamanan warga sekitar.

Pasang Dompet Bitcoin

Langkah penting berikutnya adalah menyiapkan dompet Bitcoin. Di situlah kamu akan menerima Bitcoin. Dompet Bitcoin memungkinkan kamu untuk mengelola alamat Bitcoin (Bitcoin sendiri secara teknis disimpan di Blockchain).

Setiap alamat Bitcoin memiliki bentuk kunci publik dan kunci pribadi yang cocok. Kunci publik terdiri dari kombinasi karakter yang unik. Ini pada dasarnya berfungsi seperti nomor rekening bank jadi jika ingin menerima Bitcoin dari seseorang, kamu harus memberi tahu dia kunci publik.

Setiap alamat bitcoin bersifat publik dan kamu dapat melacak kembali setiap transaksi yang melewatinya. Sebaliknya, kunci pribadi bersifat rahasia dan berfungsi untuk mengirim transaksi. Jika kamu kehilangan kunci pribadi artinya kamu kehilangan  Bitcoin yang telah susah payah ditempatkan.

Pilihan terbaik untuk memulai penambang adalah dompet perangkat lunak. Ini aman tetapi masih mudah dikelola. Bitcoin miner dengan mudah mengunduh dompet ke komputer, tempat koin akan disimpan dan tidak ada yang bisa mendapatkannya.

Ada dua jenis dompet perangkat lunak: dompet penuh yang mengunduh seluruh Blockchain atau dompet ringan yang hanya menyimpan transaksi yang relevan.

Opsi pertama membutuhkan banyak ruang dan memori di komputer tetapi jelas lebih aman. Sebaliknya, varian ringan terhubung dengan Blockchain yang dikelola oleh pihak ketiga dan tidak dapat mengontrolnya sepenuhnya.

Jika kamu telah memutuskan untuk memilih dompet versi lengkap, kamu  dapat mengunduh f.e. Inti Bitcoin asli. Perhatikan bahwa sinkronisasi penuhnya membutuhkan waktu beberapa jam karena Blockchain saat ini berukuran puluhan GB.

Tetapkan kata sandi kamu sendiri ke dompet dalam program dan jangan lupa untuk menyimpan salinan dompet  di perangkat lain, jika tidak, Bitcoin bisa hilang selamanya jika komputer rusak.

Bergabunglah dengan Mining Pool

Jika menambang menggunakan mining rig sangat susah, maka Bitcoin miner bisa memilih opsi lain yang lebih mudah yakni menggunakan mining pool.

Dengan menggunakan mining pool para Bitcoin miner memberikan kekuatan komputasi mereka ke grup dan ketika Bitcoin ditambang, keuntungan dibagi di antara anggota sesuai dengan kekuatan yang diberikan.

Penghasilannya lebih rendah tetapi teratur. Namun, anggota pool harus membayar biaya kepada operator pool, harga biaya biasanya sekitar 0 dan 2% dari hadiah yang diterima.

Install Mining Program di Komputer

Sekarang setelah  memiliki perangkat keras, dompet Bitcoin, dan memilih mining pool, inilah saatnya untuk menjalankan klien penambangan di komputer. Ini akan menghubungkan kamu ke jaringan Blockchain dan Bitcoin.

Perangkat lunak penambangan memberikan pekerjaan kepada para penambang, mengumpulkan hasil lengkap dari pekerjaan mereka dan menambahkan semua informasi kembali ke Blockchain.

Selain itu, perangkat lunak penambangan Bitcoin memantau aktivitas penambang dan menunjukkan statistik dasar seperti suhu, pendinginan, laju hash, dan kecepatan penambangan rata-rata.

Secara umum ada banyak program gratis yang digunakan untuk menambang Bitcoin, program terbaik dapat berjalan di hampir semua sistem operasional dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beberapa mining pool  juga memiliki perangkat lunaknya sendiri, salah satu program untuk mining Bitcoin adalah Nice Hash Miner.

Mulai Menambang

Jika semua sudah siap, sekarang kamu dapat mulai menambang dan menghasilkan Bitcoin! Hubungkan alat mining ke stopkontak, hubungkan dengan komputer dan instal perangkat lunak penambangan.

Isi informasi tentang dompet dan kumpulan penambangan kamu  ke dalam perangkat lunak penambangan, pilih perangkat, dan biarkan penambangan dimulai!

Jika kamu ingin menambang secara menguntungkan, pantau terus berita dari dunia kripto agar bisa mengetahui perkembangan harga Bitcoin atau crypto yang kamu mining dari waktu ke waktu.

Top exchange
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Miner Bitcoin?

Miner Bitcoin sendiri adalah sebutan bagi para penambang Bitcoin. Penambangan yang dimaksud bukan seperti menambang emas atau batu bara, tetapi lebih kepada menyelesaikan soal matematika yang rumit dengan alat-alat teknologi canggih.

Apa itu Mining Pool?

Mining pool adalah sekelompok gabungan miners atau penambang mata uang kripto yang menggabungkan sumber daya komputasi bersama melalui jaringan.

Apakah Semua Mata Uang Digital Bisa Ditambang?

Tidak semua mata uang digital dapat ditambang, dan proses untuk satu operasi penambangan dapat berbeda secara signifikan dari yang lain.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar