Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

Mengenal Exotic Market, Produk Terstruktur di DeFi

Produk terstruktur adalah instrumen keuangan yang muncul dari kombinasi berbagai produk keuangan.

Cara bank swasta secara tradisional mendistribusikan produk terstruktur masih sangat dominan.

Pelanggan biasanya mendapat imbalan dan mereka ditawari periode berlangganan di mana mereka dapat mendaftar dan membayar.

Di belakang layar, staf penjualan bank dan bank swasta akan mengambil komisi, begitu pula dengan strukturnya.

Setelah pelanggan berlangganan berlangganan produk terstruktur, pelanggan hanya dapat menjualnya kembali ke bank.

Dengan hanya satu rekanan untuk berdagang, bank berada memiliki kekuasaan lebih tinggi dan dapat memaksakan spread atau selisih harga yang besar setiap pelanggan melakukan pembelian.

Karena hal tersebut pada akhirnya produk struktur tradisional hanya menguntungkan bank.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut adanya crypto dan ekosistem DeFi bisa menjadi solusi melalui platform Exotic market.

Exotic Market yang menawarkan penggunanya kesempatan untuk terlibat dengan produk ini sebagai pembeli dan penjual.

Misalnya, pengguna akan memiliki kesempatan untuk membayar untuk menerima hasil atau membayar hasil untuk menerima eksposur pasar.

Exotic dibangun sejak awal dengan tujuan memaksimalkan fleksibilitas, artinya pengguna dapat memperoleh manfaat dari hampir semua eksposur ke aset dasar apa pun, selama imbalannya dibatasi dan aset tersebut memiliki oracle harga yang andal.

Mengenal Exotic Market

Exotic Markets adalah platform DeFi (Keuangan Terdesentralisasi) di Solana Blockchain.

Ini bertujuan untuk menjadi protokol produk terstruktur paling fleksibel, menawarkan jangkauan terluas dari hasil dan aset dasar dalam defi.

Berkat biaya rendah dan throughput tinggi dari blockchain Solana, Exotic Markets dapat menawarkan komputasi on-chain yang adil dan transparan untuk nilai wajar.

Robo advisor akan mengurangi kerumitan dan memandu pengguna menuju solusi yang telah dibuat secara khsusus. Untuk memperlancar proses transaksi platform ini pun memiliki token tata keloa yang bernama token EXO.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara kerja dan token EXO, ada baiknya kita memahami lebih dulu mengenai produk terstruktur yang disediakan Exotic Market.

Produk Terstruktur di Platform Exotic

Produk ini adalah investasi pra-paket yang biasanya mencakup satu atau lebih aset yang terkait dengan bunga ditambah satu atau lebih derivatif.

Di Exotic Markets, pertama-tama platform akan mencantumkan aset kripto seperti pasangan kripto utama versus yang lain misalnya USDT.

Karena Exotic Markets akan pindah ke tata kelola DAO, komunitas akan dapat menambahkan aset lain seperti minyak, emas, dan sebagainya.

Aset juga dapat digabungkan ke dalam keranjang dengan formula yang telah ditentukan sebelumnya seperti terburuk, terbaik, dan lainnya.

Ilustrasi produk terstruktur

Gambar ini bisa dibaca sebagai berikut.

Penerbit surat terstruktur mengambil opsionalitas di derivatif yang merupakan premi investasi.

Kemudian digunakan untuk membayar hasil yang ditingkatkan dari investor untuk  “mendapatkan hasil” dan menerima opsionalitas atau eksposur derivative  dari produk. Contoh penggunannya bisa kamu dapatkan di sini.

Catatan untuk produk ini adalah risiko yang umumnya disebabkan oleh bagian derivative dari produk, tetapi produk-produk ini kembali dengan imbala hasil yang ditingkatkan.

Baca juga: Exotic Markets Luncurkan Insentif Platform DevNet, Berhadiah Voucher NFT

Cara Kerja Exotic Market

Akan ada dua jenis pasar di Exotic Market yakni vault dan produk tunggal.

Vault

Vault akan berinteraksi dengan kumpulan aset dan menjalankan strategi otomatis yang dirancang untuk meniru hasil tertentu.

Saat ini, bentuk paling umum dari vault terkelola dalam produk terstruktur adalah covered call.

Exotic Markets akan berinovasi di ruang ini dengan menawarkan dasar baru seperti SRM, RAY, dan MNGO dan strategi baru seperti spread call, basket, Call knock-in, dan manajemen aktif.

Produk Tunggal

Produk tunggal akan memungkinkan pembeli dan penjual produk terstruktur untuk berinteraksi secara bebas di platform yang terbuka dan transparan.

Kisaran kemungkinan imbalan akan sangat besar dan Exotic Markets bermaksud untuk memberikan solusi yang belum pernah ada secara defi.

Asistant

Di platform investor akan disediakan asisten yang akan membantu investor untuk mendapatkan rekomendasi,  memilih dan  memanajemen produk dengan tepat.

Subscription

Setiap produk yang tersedia di Exotic akan memiliki periode berlangganan.

Ini adalah waktu sebelum produk mulai hidup ketika investor masih dapat memesan. Hasil akhir akan dihasilkan dari keseimbangan antara kekuatan.

Untuk vault, prosesnya berbeda karena investasi dilakukan secara berkala.

Produk memiliki tingkat ketahanan tertentu di dalam vault dan pengguna akan memiliki informasi yang jelas mengenai durasi minimum partisipasi mereka ke dalam vault.

Siklus Produk

Setelah periode berlangganan berakhir, produk akan dimulai. Pada saat itu hasil akhir ditetapkan dan dana akan dialokasikan ke posisi dalam produk, yang dapat diketahui di dasbor pengguna.

Untuk mulai menggunakan platform Exotic, kamu bisa mencobanya melalui platform Devnet Exotic di sini.

Exo Token

EXO Token adalah token asli dari platform Exotic Markets. Ini akan menjadi token SPL dan mungkin tersedia sebagai ERC-20 di masa mendatang.

Pasokan token EXO akan menjadi 10.000.000 (sepuluh juta) token. EXO token bisa digunakan untuk staking, governance DAO dan sebagai alat transaksi di platform.


Itu dia penjelasan mengenai exotic market, informasi ini dapat kamu temukan kembali di sini.

Produk terstruktur agak berbeda dengan produk investasi pada umumnya.

Karena itu apabila kamu berminat menggunakan platform ini pastikan telah memahami segala risiko dan keuntungan dari produk terstruktur baik secara tradisional atau yang menggunakan crypto dan DeFi.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin