Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

5 Wallet DeFi Terbaik untuk Menjaga Kripto Tetap Aman

Kebangkrutan FTX menjadi pengingat keras bagi kita semua bahwa ketika kita menyimpan aset kripto di bursa artinya adalah “Not Your Keys not Your Crypto”, ini merupakan istilah yang mengungkapkan keyakinan bahwa investor tidak dapat memastikan kepemilikan kripto mereka kecuali disimpan dalam dompet yang kuncinya secara pribadi mereka miliki.

Kebanyakan dari kita terkadang menyimpan aset di bursa, namun seharusnya tidak. Jadi, ini adalah tentang melindungi apa yang sudah menjadi milik mu.

Jangan sampai keuntungan investasi kamu malah disalahgunakan, alangkah baiknya kelola kripto mu sendiri di wallet pribadi yang terdesentralisasi (non-custodial wallet). 

Maka dari itu dalam kesempatan ini, artikel ini akan membahas mengenai lima non-custodial wallet terbaik dan aman. Tapi sebelum itu, mari simak bersama penjelasan mengenai wallet non-custodial berikut ini.

Apa itu Wallet Non-Custodial?

Semua non-custodial wallet bersifat terdesentralisasi dan memiliki fitur yang sama, yaitu:

  • Non-custody berarti mereka tidak mengontrol uang dan kunci dan kamu sendiri sebagai pemilik yang mengontrolnya.
  • Penyedia/pengembang wallet tidak dapat mengakses kunci mu. Hanya kamu yang bisa mengakses menggunakan seed phrase (frasa yang dapat digunakan untuk mengakses wallet kripto).
  • Mereka bekerja di banyak chain.
  • Mereka semua memberi mu seed phrase untuk menyimpan maupun mengambil kembali wallet mu.

Kamu memerlukan semua hal ini jika menginginkan wallet pribadi yang memungkinkan kamu untuk bertransaksi dengan siapa pun dan di mana pun. Inilah 5 wallet DeFi yang menjadi pilihan Altcoin Buzz.

Metamask

Wallet kripto paling populer tanpa exchange, yaitu Metamask (MM). Manfaat terbesar Metamask adalah jumlah chain yang didukung Dan kemudahan penggunaannya secara umum berkat ekstensi perambannya. Metamask bisa diakses dengan:

  • Chrome
  • Firefox
  • Brave
  • Edge
  • Opera

ConsenSys (perusahaan perangkat lunak Ethereum) merupakan bagian dari pengembangan blockchain Ethereum dan merupakan pengembang Metamask.

Wallet ini sering menambahkan dukungan chain baru serta daftar terbaru di mana kamu dapat menambahkan chain baru dengan mudah dan tersedia di Chainlist. Ethereum dan Semua rantai EVM dapat menggunakan Metamask, terkecuali Bitcoin.

Tak seorang pun, bahkan Consensys, memiliki akses ke seed phrase mu. Ada dua hal yang harus kamu ketahui tentang Metamask, yaitu:

  1. Infura, yaitu bagian lain dari Consensys. Mereka melakukan banyak hal dengan APIs dan infrastruktur blockchain. Mereka juga menjalankan node Ethereum. Alasan kamu harus mengetahui tentang mereka adalah kejadian besar tidak berfungsinya wallet Metamask pada April 2022. Selain itu, Infura dapat memblokir akses berdasarkan alamat IP tertentu. Ini berarti Metamask tidak 100% terdesentralisasi atau censorship-resistant (tahan sensor).
  2. Sisi positifnya, banyak info tentang token Metamask dan airdrop. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat memenuhi syarat yaitu:
  • Menukar token di MM
  • Menggunakan bridge MM
  • Membuat wallet multi-tanda tangan Gnosis Safe, dan lebih banyak lagi

TrustWallet

Jika kamu menyukai wallet multi-chain, dan tidak menggunakan Metamask karena alasan apapun, kemungkinan besar kamu akan menggunakan pilihan kedua kami. TrustWallet adalah wallet seluler hebat yang dikembangkan oleh Binance.

Tetapi penting untuk dipahami bahwa wallet ini terpisah dari pertukaran Binance. Seperti ConsenSys, mereka tidak mengontrol wallet mu. TrustWallet ini mendukung banyak koin dan banyak chain.

TrustWallet juga memenuhi 4 persyaratan wallet untuk wallet pribadi non kustodian. Beberapa perbedaan penting dengan Metamask adalah:

  • Mendukung Bitcoin (versi BEP, tidak asli tetapi juga tidak dibungkus)
  • Tidak ada ekstensi browser, hanya seluler. Meskipun ekstensi browser sekarang aktif, kamu dapat melihat peluncurannya pada tweet di atas.
  • Tersedia banyak opsi staking, investasi, pinjaman, dan pertukaran dalam aplikasi
  • Dan terakhir, bagi orang yang baru mengenal Web3 dan DeFi, banyak orang mengintegrasikan aplikasi mereka langsung dengan Metamask. TrustWallet menggunakan infrastruktur Wallet Connect yang populer untuk terhubung ke dApps. Kamu harus mengklik Connect Wallet, lalu temukan Wallet Connect dan klik Wallet Connect tersebut, dan TrustWallet untuk menghubungkannya ke aplikasi pilihan mu.

TrustWallet adalah wallet sederhana yang bagus. Menambahkan token dan chain juga mudah di sini. Beberapa orang di tim Altcoin Buzz menolak MM untuk sementara karena mereka memiliki dan menggunakan TrustWallet secara efektif.

Enjin Wallet

Pilihan ketiga kami adalah opsi lainnya yang khusus untuk seluler (mobile-only), wallet Enjin. Enjin merupakan tim yang memberi kami standar token ERC-1155 NFT.

Jadi, mereka tahu apa yang mereka lakukan. Mereka juga berada di belakang blockchain Efinity untuk aktivitas NFT lintas chain.

Baca juga: Apa Itu Enjin Coin? Panduan untuk Pemula

Seiring dengan semua itu, mereka memiliki wallet seluler yang luar biasa. Ini jelas merupakan wallet bagi para pecinta NFT. Tetapi wallet ini juga mendukung Bitcoin, stablecoin, pertukaran, akses dalam aplikasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Blockchain NFT Populer

Coin98 Wallet

Coin98 memiliki banyak hal termasuk dana ventura, pertukaran, dan hub DeFi. Namun, mereka juga memiliki wallet multi-chain yang luar biasa untuk mendukung lebih dari 50 blockchain. Ini adalah wallet seluler dan web dengan ekstensi browser dan penyiapannya sangat sederhana.

Jika kamu menyukai integrasi dengan aplikasi DeFi seperti:

  • Trader Joe
  • Uniswap
  • Sushiswap
  • Kyber Network
  • Alpaca Finance, dan lainnya.

Maka dari itu, ini adalah wallet yang bagus untuk kamu. Empat fitur penting besar ada di sini terutama non-custody (tanpa penjagaan) dan ini juga dianggap sebagai wallet yang bagus untuk pemula.

Exodus

Sering dianggap sebagai salah satu wallet desktop teratas dan paling ramah pengguna, Exodus. Meskipun dikenal sebagai wallet desktop, ada aplikasi seluler untuk Apple dan Android. Mereka mendukung lebih dari 250 kripto, yang sangat bagus bagi pemula. Pengaturannya juga mudah, hanya membutuhkan hitungan beberapa menit saja.

Exodus juga memiliki ekstensi browser. Mereka memiliki dukungan multi-chain yang baik dengan sebagian besar di chain EVM namun mereka juga mendukung Bitcoin, XRP, Tron, dan Cosmos.

Fitur tambahan yang bagus adalah mereka memiliki kompatibilitas penuh dengan wallet perangkat keras terpopuler kedua di pasar, Trezor. Jadi kamu dapat bekerja dengan lancar di antara keduanya untuk mengirim, menerima, mempertaruhkan, atau menukar semuanya dengan keamanan Trezor yang melindungi mu.

Exodus sangat bagus dalam menyederhanakan proses onboarding dan bagaimana memulai kripto, dan itu terlihat dalam popularitas wallet.

Baca Juga: 3 Cold Wallet Kripto Terbaik!


Artikel ini merupakan kerja sama Coinvestasi dengan Altcoin Buzz. Artikel ini sebelumnya telah tayang di website Altcoin Buzz. Untuk berita cryptocurrency lainnya, kamu bisa mengunjungi Youtube Altcoin Buzz dan akun Twitter @Altcoinbuzzio.

Top exchange
Lihat semua

Altcoin Buzz

Didirikan pada tahun 2017, Altcoin Buzz adalah outlet media digital independen yang menyampaikan berita dan opini terbaru di dunia aset kripto, teknologi blockchain, regulasi, adopsi, dan blockchain gaming.

Didirikan pada tahun 2017, Altcoin Buzz adalah outlet media digital independen yang menyampaikan berita dan opini terbaru di dunia aset kripto, teknologi blockchain, regulasi, adopsi, dan blockchain gaming.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin