Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Apa Itu Enjin Coin? Panduan untuk Pemula

Pada akhirnya keberadaan blockchain dan crypto bukan hanya hadir untuk dunia keuangan semata tapi bisa digunakan untuk berbagai solusi bahkan untuk dunia gaming.

Salah satu crypto yang memiliki fungsi untuk dijadikan alat tukar dalam industri game adalah Enjin.

Apa itu Enjin hal menarik lainnya seputar proyek blockchain dan cyrpto ini? Selengkapnya.

Apa itu Enjin

Apa itu Enjin? Ini adalah platform ekosistem holistik produk yang dirancang untuk memungkinkan pembuatan, distribusi, penyimpanan, perdagangan, dan bahkan integrasi aset digital tokenized.

Namun salah satu yang membuat nama Enjin dikenal adalah karena kegunannya bagi industri gaming.

Didirikan oleh Maxim Blagov dan Witek Radomski pada 2009 Enjin berhasil menjadi salah satu platform komunitas game online terbesar dengan lebih dari 250 ribu komunitas game dan 18,7 pemain terdaftar.

Token Enjin yakni ENJ pun didesain untuk menjadi alat pembayaran dalam game.

Selain untuk gaming, pengadopsi Enjin juga menggunakan platform untuk membuat aset digital yang didukung ENJ dan menggunakannya dengan cara yang kreatif mulai dari NFT seni, voucher digital, hingga item yang dapat digunakan di beberapa video game yang berbeda.

Salah satu pengadopsi Enjin bahkan menggunakan platform untuk menandai real estat komersial.

Mengenal Enjin Coin

Enjin Coin adalah token ERC20 yang dibangun di jaringan Ethereum, yang berarti bahwa proyek ini tidak hanya menyediakan transaksi tetapi juga kontrak pintar.

Enjin juga merupakan salah satu proyek pertama yang mulai menguji Jaringan Raiden, Lightning Network versi Ethereum sebelum akhirnya memutuskan untuk mengerjakan solusi penskalaan khusus, yang dijuluki Efinity.

Fitur Enjin

Platform ini menyediakan daftar fitur yang ekstensif melalui API publik dan perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK). Fitur-fitur ini meliputi:

Pembuatan dan pengelolaan barang virtual: fitur utama yang ditawarkan proyek kepada penggunanya adalah kemampuan untuk membuat dan mengelola barang virtual.

Pengembang dapat meluncurkan cryptocurrency mereka sendiri yang didukung oleh Enjin Coin, yang membuat penambahan cryptocurrency ke dunia game dan gamifikasi itu sendiri jauh lebih mudah.

Pengembang yang mencetak dengan platform Enjin harus menggunakan Enjin Coin juga. Jumlah token ENJ yang diperlukan akan dikunci di dalam aset yang mereka buat.

Karena itu token ENJ akan menjadi langka dan menyediakan kasus penggunaan yang jelas.

Multiple SDK: Enjin menyediakan kit pengembangan perangkat lunak untuk Unity, Java, Godot, dan banyak lagi.

Ini memberi jutaan pengembang cara mudah untuk mengintegrasikan proyek mereka yang sudah ada, atau yang benar-benar baru.

Marketplace: pasar online dengan lebih dari 10 juta item digital yang memungkinkan pengguna menemukan, membeli, dan menjual aset blockchain yang langka dan unik.

Enjin Beam: sistem distribusi aset digital, memungkinkan pengembang mengirim ribuan NFT/FT ke pengguna dengan pemindaian kode QR sederhana.

Smart Wallet: Merupakan komponen pendukung transaksi barang virtual dari setiap platform yang menggunakan Enjin, di mana seluruh transaksiknya akan secara otomatis disinkronkan ke Ethereum.

Efinity: Produk penskalaan Ethereum yang akan datang akan memungkinkan transaksi cepat dan gratis untuk token ERC-20 dan ERC-1155.

Keunikan Enjin

Menurut salah satu pendiri Witek Radomski, coin ini unik karena setiap token yang dicetak dengan Platform Enjin didukung langsung oleh ENJ, token platform.

Ini pada dasarnya memberikan item dalam game likuiditas dunia nyata, yang kemudian membuka kemungkinan untuk game bertenaga crypto dan blockchain dan platform dunia nyata yang digamifikasi.

Selain itu, Blagov telah menyatakan bahwa perusahaan saat ini fokus pada adopsi platform baru. Dia membayangkan masa depan di mana jutaan gamer menggunakan item digital yang didukung oleh Enjin Coin.

Keunggulan Enjin Coin

Masuknya teknologi blockchain pada dunia game rupanya benar-benar mampu menghadirkan rasa keamanan dan kepercayaan pada penggunanya.

Sejak awal kemunculannya, nilai dan market cap ENJ terus meningkat. Peningkatan itu tentu saja terjadi karena ENJ memiliki keunggulan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Enjin Coin memberikan beberapa keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kemudahan Jual Beli Barang Virtual

ENJ menyediakan cara baru dalam kepemilikan barang virtual bagi para gamer melalui blockchain. Koin ini juga bisa digunakan sebagai platform terdesentralisasi untuk mengelola, mendistribusikan, memperoleh, dan memperdagangkan barang virtual.

Software Development Kit (SDK)

ENJ juga memberikan dukungan ekstensif kepada gamers, bukan hanya untuk mata uang saja tetapi sistem yang mumpuni dengan SDK yang bisa menambahkan fitur, pilihan bahasa, smart wallet, hingga platform pembyaran.

Bermain Game dengan Aset Nyata

Pemain game online bisa menukar atau memperdagangkan aset mereka, bukan hanya dalam game dan komunitas, namun juga mengisi smart wallet mereka dengan aset nyata ketika bermain game.

Token yang dicetak oleh Enjin bertujuan meminimalisir penipuan dalam transaksi di dunia virtual. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan kepercayaan dan keamanan dengan biaya transaksi minimal.

Kasus Penggunaan Enjin

Proyek ini telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan multinasional ternama, antara lain:

Atari: Enjin bermitra dengan Atari untuk mengintegrasikan merek ikonik ke dalam game blockchain di seluruh Ekosistem ENJ.

BMW: Enjin bermitra dengan BMW untuk memungkinkan pengguna aplikasi BMW Vantage mengubah poin hadiah BMW Coin mereka menjadi Enjin Coin.

Microsoft: Microsoft menggunakan teknologi Enjin untuk menjalankan program penghargaan sosial yang disebut Azure Heroes.

Samsung: Enjin bermitra dengan Samsung untuk mengintegrasikan Samsung Blockchain Keystore di S10 ke dalam Enjin Wallet.

Unity: Enjin bermitra dengan Unity untuk meluncurkan SDK yang akan memudahkan 4,5 juta pengembang ekosistem Unity untuk mengintegrasikan blockchain ke dalam aplikasi dan game mereka.

Protokol Aave: Langkah pertama Enjin ke ruang DeFi memungkinkan penggunanya untuk menyimpan token ENJ di Protokol Aave dan mendapatkan bunga dengan membiarkan orang lain meminjamnya.

Pada Desember 2020, Enjin telah merekrut lebih dari 35 pengembang aplikasi dan game sebagai bagian dari program resmi Enjin Adopter, membantu mereka membangun, mendanai, memonetisasi, dan memasarkan game blockchain mereka.

Perusahaan Cryptocurrency seperti Kriptomat, Binance, Kyber, Changelly, dan Swissborg telah menggunakan produk Enjin untuk meluncurkan kampanye pemasaran bertenaga blockchain dan mempermainkan keterlibatan pengguna melalui pembuatan dan distribusi aset blockchain bermerek.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin