Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

Initial DeX Offering (IDO), Cara Mendapatkan Token Potensial

Pada Tahun 2017 pasar crypto dibuat ramai oleh Initial Coin Offering atau ICO, yang merupakan salah satu cara pemilik proyek menghasilkan dana awal untuk proyeknya.

Selain untuk pemilik proyek, investor crypto juga mendapatkan keuntungan, akibat dengan ICO investor mendapatkan harga awal yang berpotensi naik signifikan.

Sayangnya dalam proses ICO, tidak jarang terjadi penipuan dan kerugian yang cukup besar sehingga lama-kelamaan banyak yang mulai menjauhinya.

Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah ini adalah melalui Initial DeX Offering, yang memberi cara keuntungan dan pengumpulan dana yang lebih aman untuk semua pihak.

Apa Itu Initial DeX Offering?

Initial DeX Offering atau IDO adalah sebuah cara untuk pengumpulan dana bagi proyek baru di Sektor Decentralized Finance atau DeFi.

IDO ini dilakukan melalui bursa terdesentralisasi atau DeX dan bukan melalui bursa tersentralisasi dengan tujuan memberi keamanan yang lebih dari ICO.

Tujuan IDO utama sebenarnya adalah untuk keuntungan pemilik proyek dengan cara menjual token proyeknya melalui DeX dan mendapatkan keuntungan untuk mendanai proyek di tahap awal.

Sayangnya IDO memiliki beberapa batasan dimana umumnya dana yang didapatkan dari IDO akan lebih kecil dari ICO.

Hal ini disebabkan kekurangan panduan dan literasi mengenai cara penggunaan DeX dalam investor crypto, terutama pemula.

Bagi pemilik proyek, IDO menjadi keuntungan akibat penggalangan dana yang berpotensi menghasilkan dana untuk awal pengembangan proyek.

Namun untuk investor, IDO ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan akibat membeli suatu crypto di harga awal.

Perlu diketahui walau potensi keuntungannya tinggi IDO ini memiliki kesempatan yang terbatas untuk investor.

Masih banyak investor yang belum memahami hal tersebut dan lebih lagi belum banyak yang mengetahui bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam IDO tersebut.

Cara Berpartisipasi dalam Initial DeX Offering

Perlu diketahui bahwa berpartisipasi dalam IDO sama seperti membeli tiket untuk sebuah kesempatan yang terbatas.

Hal ini disebabkan tidak semua investor bisa membeli crypto yang dijual dalam IDO karena hanya ada beberapa tiket yang tersedia.

Umumnya tiket ini didapatkan dengan membeli dan mengunci token yang disyaratkan untuk dapat token yang berada dalam IDO.

Dengan melakukan hal tersebut, investor sudah membeli tiket untuk IDO, namun alokasi jumlah yang akan didapatkan semua bergantung pada pihak yang mengadakan IDO, layaknya undian.

Tapi secara rinci, IDO memerlukan beberapa langkah tambahan untuk memastikan investor dapat berpartisipasi.

Terdaftar dalam Launchpad IDO

Umumnya sebuah token yang baru akan meluncur atau terjual pertama kali akan muncul pada launchpad.

Saat ini mayoritas launchpad yang ada di DeX memiliki kesamaan syarat untuk ikut dalam IDO yaitu kewajiban investor untuk terdaftar dalam whitelist atau daftar calon pembeli.

Umumnya mendapatkan tempat dalam daftar whitelist membutuhkan token asli dari launchpad tersebut.

Semakin banyak yang dimiliki maka semakin tinggi kesempatan berpartisipasi dalam IDO.

Nantinya jika berhasil mendapatkan tempat dalam daftar tersebut, token asli launchpad akan terpotong dan digantikan dengan crypto dalam IDO tersebut.

Jumlah nominalnya akan bergantung pada alokasi yang diberikan oleh pemilik proyek sehingga bersifat hampir mirip undian atau lotre.

Lakukan KYC

Jika ingin mendapatkan tempat dalam daftar whitelist, umumnya pengguna akan diminta melakukan proses KYC atau Know Your Costumer.

Langkah ini juga diperlukan agar tujuan dari pengiriman crypto yang tertera dalam IDO tersampaikan dengan benar.

Proses KYC ini umumnya berbeda dengan KYC pada bursa tersentralisasi akibat adanya beberapa data yang tidak diminta dalam Launchpad DeX.

Tapi seluruh data yang dibutuhkan tersebut berbeda antar Launchpad dan DeX sehingga ada juga yang akan meminta lebih dari bursa tersentralisasi.

Proses ini dilakukan untuk menghindari kerugian dan penipuan yang umum terjadi dalam Initial Coin Offering.  

Sambungkan Wallet

Terakhir untuk mendapatkan token yang tertera dalam IDO, investor wajib memiliki wallet yang dapat terikat pada DeX seperti Metamask.

Hal ini menjadi penting karena berbeda dengan bursa tersentralisasi, DeX tidak memiliki wallet yang langsung tersambung.

DeX umumnya memiliki bentuk situs Web 3.0 atau aplikasi terdesentralisasi dan tidak memiliki wallet yang terikat akibat memiliki kegunaan yang berbeda.

Setelah memiliki dan melakukan ketiga hal tersebut, investor sudah dapat berpartisipasi dalam IDO untuk berpotensi mendapatkan token baru.

IDO menarik perhatian pasar akibat memberikan kredibilitas, menjaga likuiditas token yang terlibat, dan menjaga keamanan seluruh proyek yang terlibat.

Umumnya seluruh proyek yang ingin melaksanakan IDO akan diminta untuk melakukan pengisian data untuk mencegah penipuan.

Kelebihan IDO

Namun terdapat beberapa kelebihan lain yang dapat diberikan oleh IDO yang juga menjadi alasan banyaknya partisipan di dalam prosesnya.

Likuiditas Tinggi dan Cepat

IDO memberikan likuiditas yang mudah dan instan karena seluruh token yang telah meluncur di launchpad DeX tersebut, akan langsung diperdagangkan di tempat tersebut.

Sehingga seluruh perdagangan token tersebut akan terjamin jadi tidak akan ada kesulitan untuk menjual atau membeli ke depannya.

Biaya Lebih Rendah

Kedua adalah IDO memiliki biaya yang lebih rendah terutama jika dibandingkan dengan ICO dan Initial Exchange Offering atau IEO.

Umumnya ICO dan IEO dilakukan pada sebuah platform atau bursa tersentralisasi, sehingga di luar biaya blockchain, akan ada biaya dari platform tersebut.

Keadilan Investor

Selanjutnya adalah keadilan bagi investor dimana dalam IDO umumnya alokasi akan lebih adil antara investor besar dan kecil dibandingkan dalam ICEO dan IEO.

Lebih Cepat dan Mudah

Terakhir adalah peluncuran yang lebih cepat dan mudah akibat peluncuran proyek melalui IDO tidak perlu menunggu verifikasi manual dari bursa tersentralisasi.

Verifikasi keamanan proyek dalam IDO dilakukan melalui program verifikasi dan pelacakan dari aplikasi terdesentralisasi yang bergerak melalui smart contracts.

Kekurangan IDO

Walau IDO memiliki banyak kelebihan, proses penggalangan dana ini juga memiliki kekurangan, terutama dalam dua hal.

Keperluan Data Tinggi

Kebutuhan data dalam IDO memberikan kekurangan dari sisi privasi yang umumnya berada dalam crypto.

Sayangnya kondisi ini juga membuat IDO hampir mirip dengan IEO dan membuat DeX bergerak hampir mirip dengan bursa tersentralisasi.

Ketertarikan Melebihi Kuota

Umumnya kuota untuk masuk ke daftar whitelist IDO lebih kecil dibandingkan ICO dan IEO yang membuat kadang permintaan tidak bisa terpenuhi sepenuhnya.

Sehingga sayangnya batasan kuota ini membuat hasil keuntungan untuk pemilik proyek tidak maksimal.

Bahkan terdapat beberapa proyek yang perlu melakukan lebih dari satu Initial DeX Offering dengan token yang berbeda.

Rendahnya kuota tersebut juga membuat jumlah persediaan token menjadi terbatas yang juga dapat meningkatkan volatilitas dari token tersebut.

Secara keseluruhan IDO saat ini mulai menurun akibat mulai terkalahkan oleh IEO dan beberapa cara penggalangan dana lain.

Namun IDO masih terus dilakukan dan masih menjadi salah satu cara untuk menghasilkan keuntungan bagi pemilik proyek dan investor.

Top exchange
Pintu
17 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar