5

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Beda Bursa Terpusat dan Terdesentralisasi

Seiring waktu bursa kripto pun terus berkembang dan memberiklan inovasi yang beragam,  salah satunya dengan kemunculan exchange desentralisasi atau DEX, di mana seluruh  transaksi bersifat otomatis. 

Selain DEX ada pula jenis exchange lain yang lebih dulu tenar yakni Exchange Sentralisasi atau CEX. Dengan bursa ini seluruh transaksi masih diatur oleh kebijakan bursa yang dikomandoi oleh manusia.

Baca juga: Apa itu DEX? Pertukaran Mata Uang Digital Paling Aman

Kedua bursa ini masih sama-sama menjadi tempat untuk jual beli aset dan digunakan oleh masyarakat, namun apa bedanya bursa  terpusat dan terdesentralisasi? Selengkapnya di artikel berikut ini.

Bursa Terpusat (Centralized Exchange)

Pertama-tama mari kita definisikan apa itu pertukaran terpusat: platform dan aplikasi yang memungkinkan pedagang untuk membeli, menjual, dan menukar mata uang kripto dengan mata uang fiat atau mata uang kripto lainnya.

Mereka adalah pasar untuk token, dan sangat penting untuk ekosistem, karena banyak dari mereka memungkinkan pembayaran dengan mata uang fiat , yaitu pemegang non-kripto dapat membeli kripto menggunakan USD, EUR, IDR, dan lain-lain.

Di antara bursa terpusat yang paling terkenal dan diperdagangkan adalah Indodax, PINTU, TRIV, Rekeningku, Upbit, LUNO, dan lainnya. Pertukaran terpusat beroperasi mirip dengan bank di mana ada pemilik, memiliki cadangan dana, memiliki aturan dan peraturan yang harus dipatuhi.

Intinya pengguna tetap menyimpan aset mereka di pihak ketika yakni bursa jika tidak dipindahkan ke wallet pribadi yang terpisah dari bursa.

Baca juga: Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik dan Legal di Indonesia

Keuntungan Bursa Terpusat

  • Legalitas
  • Layanan konsumen
  • Mudah digunakan

Kekurangan Bursa Terpusat

  • Dikontrol segelintir orang
  • Rentan peretasan
  • Kurang likuiditas

Bursa Terdesentralisasi (DEX)

Pertukaran terdesentralisasi, umumnya dikenal sebagai DEX adalah platform trading mata uang crypto yang dioperasikan tanpa otoritas pusat dimana pengguna berdagang langsung satu sama lain berdasarkan basis peer-to-peer.

Mayoritas pertukaran terdesentralisasi memanfaatkan smart contract untuk memungkinkan investor berdagang satu sama lain secara langsung di blockchain sambil dapat mempertahankan dana mereka sendiri.

Keuntungan DEX

  • Dana dipegang oleh pengguna
  • Tidak diperlukan KYC (know your customer)
  • Dapat diakses siapa pun
  • Anti-peretasan yang efektif
  • Tidak ada downtime server

Kekurangan DEX

  • Tidak ramah pengguna
  • Dibutuhkan pengetahuan tentang kontrak pintar    
  • Biasanya tidak ada dukungan pelanggan
  • Likuiditas rendah
  • Aset terbatas pada token yang mendasarinya
  • Hanya fitur perdagangan dasar
  • Eksekusi lambat

Pertukaran mana yang tepat untuk kamu?

Saat memilih pertukaran, ingatlah semua faktor yang memengaruhi pengalaman kamu, termasuk jenis perdagangan apa yang ditawarkan, volume dan kecepatan perdagangan, dan langkah-langkah keamanan yang disediakan oleh bursa.

Pastikan juga kamu sudah mengetahui segala keuntungan dan risiko dari tiap bursa yang kamu gunakan, sebab di crypto ketika aset hilang maka hampir tidak ada cara untuk mendapatkannya kembali, aset mu adalah tanggung jawab mu.

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu DEX?

Pertukaran terdesentralisasi, umumnya dikenal sebagai DEX adalah platform trading mata uang crypto yang dioperasikan tanpa otoritas pusat dimana pengguna berdagang langsung satu sama lain berdasarkan basis peer-to-peer.

Apa saja keuntungan dalam perdagangan DEX?

dana dipegang oleh pengguna, tidak diperlukan KYC (know your customer), dapat diakses siapa pun, anti-peretasan yang efektif, dan tidak ada downtime server

Apa itu bursa terpusat?

Platform dan aplikasi yang memungkinkan pedagang untuk membeli, menjual, dan menukar mata uang kripto dengan mata uang fiat atau mata uang kripto lainnya.

Apa saja keuntungan bursa terpusat?

Legalitas, memiliki layanan konsumen, mudah digunakan.

Apa saja kekurangan dalam perdagangan terpusat?

Bursa terpusat tidak menawarkan platform perdagangan tempat token penawaran koin awal diperdagangkan, dan tidak memungkinkan untuk mengambil token yang baru diterbitkan dengan harga murah

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin