Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Diem, Nama Mata Uang Crypto Baru dari Facebook

Facebook, dilaporkan dapat meluncurkan mata uang digitalnya yang telah lama ditunggu-tunggu pada awal Januari 2021 dalam bentuk stablecoin yang didukung dolar AS. Namun bukan Libra yang akan iluncurkan melainkan mata uang crypto baru bernama Diem. Ini adalah nama baru dari Libra yang resmi diganti Facebook pada Desember 2020.

Proyek ini dioperasikan oleh Diem Association, yang sebelumnya dikenal sebagai Libra Association. Asosiasi Diem terdaftar di Swiss sebagai organisasi keanggotaan independen. Anggota dewannya diambil dari Xapo, Kiva Microfunds, PayU, Andreessen Horowitz, dan Novi.

Perubahan Penting Whitepaper Libra

Perubahan signifikan pertama adalah dominasi kata “Facebook” dan perannya dalam organisasi. Misalnya, makalah asli menyebutkan facebook  lebih dari lima kali dan memberinya “peran kepemimpinan”.

Namun, edisi revisi menyatakan bahwa Facebook dan timnya “tidak memiliki hak khusus selain membantu dalam pembentukan Asosiasi Diem. Selain itu, Diem dipatok ke satu mata uang fiat (dolar Amerika Serikat), bukan sekeranjang mata uang, seperti halnya dengan Libra. Namun, di masa depan, mungkin mengembangkan stablecoin yang didukung multi-mata uang.

Diem juga akan mematuhi peraturan internasional,  mata uang dari Facebook ini akan fokus pada pembayaran instan dan pengiriman uang lintas batas. Selain itu, Novi, dompet virtual yang dimaksudkan untuk menyimpan token Libra, sekarang akan menyimpan koin Diem

Pergantian nama ini jelas merupakan ‘hari’ baru bagi Libra, ini juga menunjukan ekstensi dan dapat melanjutkan rencana Facebook yang sempat mandek untuk meluncurkan stablecoin demi mendukung pembayaran dan pengiriman uang secara global.

Manfaat Diem

Diem membawa beberapa keuntungan signifikan ke pasar dan pengguna individu. Token tersebut akan mendapat manfaat dari adopsi instan dari pengguna facebook yang sangat banyak dan akan menggunakan token Diem.

Peluncuran Diem akan menandai era baru dalam penggunaan cryptocurrency.  Efek dari peluncuran  crypto dari facebook ini akan membantu banyak orang untuk mengetahui tentang crypto dan keuntungan tak terbatas dari teknologi blockchain.

Beberapa manfaat Diem antara lain adalah:

Inovasi

Jaringan pengguna yang besar ini juga akan menarik banyak pengembang ke platform. Pengembang Dapp dapat memanfaatkan Diem untuk membuat aplikasi fintech baru dan menarik yang akan memiliki akses instan ke banyak pengguna potensial. Pengembang kemudian dapat menyesuaikan dan mengubah aplikasi mereka tergantung pada umpan balik global yang mereka terima dari jaringan Diem.

Transaksi Cepat

Baik konsumen maupun bisnis dapat melakukan transaksi seketika, berbiaya rendah, dan sangat aman menggunakan jaringan ini. Pengguna Facebook dapat mengirim pembayaran secara internasional dalam hitungan detik. Fleksibilitas dan kebebasan ini dapat membantu memperkuat Diem sebagai mata uang global utama hanya dalam beberapa minggu.

Integrasi Mudah

Hal terbaik tentang proyek Diem adalah integrasi yang mudah ke dalam kehidupan sehari-hari pengguna. Pengembang mengubah banyak hal tentang dompet Calibra untuk menyelesaikan tugas ini. Namun, satu hal yang tidak berubah sama sekali adalah keinginan tim untuk menyertakan Novi di jaringan Facebook Messenger dan WhatsApp.

Cara Kerja Diem

Diem menggabungkan transparansi dan keamanan blockchain dengan partisipasi dan jangkauan global dari jaringan platform Facebook. Siapa pun di jaringan ini akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan transaksi global yang aman di seluruh blockchain.

Blockchain Diem

Sebagai bagian dari pendekatan yang menguntungkan ini, Diem akan menggunakan blockchain yang dibuat khusus. Blockchain ini dibangun dari awal untuk melayani kebutuhan miliaran pengguna jaringan. Menariknya, Facebook membangun blockchain ini secara rahasia selama lebih dari setahun sebelum mengumumkan konsep Libra secara publik. Blockchain Diem berfungsi sebagai fondasi teknis token dan alat untuk memverifikasi transaksi dan kepemilikan.

Ekonomi Token Diem

Diem adalah stablecoin. Sama seperti Tether dan stablecoin lainnya, ini akan didukung oleh aset tradisional. Laporan awal menunjukkan bahwa Diem akan didukung oleh sekuritas pemerintah dan berbagai mata uang fiat internasional. Laporan yang lebih baru dari Fortune menunjukkan bahwa koin tersebut secara eksklusif akan didukung  dan dipatok ke dolar AS. Untuk saat ini belum diketahui berapa banyak token Diem yang akan beredar.

Wallet Novi untuk Diem

Novi wallet adalah wallet untuk menyimpan diem, sebelumnya Novi bernama Calibra. Dompet digital ini dijadwalkan untuk rilis musim panas ini tetapi ditolak ketika pengembang memutuskan untuk membuat perubahan pada kemampuan dan desainnya. 

Sejalan dengan pendekatan inklusif baru Diem, pemegang dompet Novi dapat menyimpan banyak mata uang. Dompet akan mendukung mata uang fiat dan digital utama. Menariknya, langkah ini dilihat sebagai cara untuk menenangkan regulator dan menunjukkan bahwa Diem adalah tentang mempromosikan seluruh digitalisasi ekonomi dan bukan hanya pengambilalihan dan dominasi  Facebook.

Kemungkinan Efek Diem

Diem memiliki potensi untuk mengubah lanskap cryptocurrency lebih dari proyek lain sejauh ini. Jaringan Facebook mencakup miliaran pengguna. Menyediakan akses instan komunitas global ke layanan blockchain adalah revolusioner dalam banyak aspek.

Pertama, ini dapat mengubah cara pengiriman uang secara global untuk semua pengguna jaringan. Pengguna Facebook tidak akan lagi menggunakan layanan transfer uang atau perusahaan pengiriman uang untuk mengirim nilai secara internasional.

Selain itu, integrasi juga akan mendorong pasar Facebook ke level yang lebih tinggi. Pasar Facebook terus mengalami peningkatan adopsi. Pengguna dapat dengan mudah mencari, menjual, dan membeli item dari pengguna lokal lain melalui jaringan ini. 

Diem Facebook Jadi Ancaman Bank Tradisional

Stablecoin adalah bagian integral dari masa depan sistem keuangan dan  Diem Facebook adalah bagian dari masa depan itu. Namun kehadiran mereka dianggap bisa mengancam, keberadaan bank konvensional karena memiliki potensi efek jaringan besar  dan membawa risiko baru bagi konsumen, penabung dan  sistem keuangan global.

Namun mereka juga berpotensi membawa keuntungan besar berupa kecepatan, efisiensi, dan inklusi finansial. Dan mereka dapat bertindak sebagai penyimpan nilai bagi penabung di negara-negara yang tidak memiliki mata uang domestik yang stabil, mirip dengan dolarisasi yang ada di banyak negara pasar berkembang saat ini.

Stablecoin yang terstruktur dengan baik dengan kontrol hukum, peraturan, dan tata kelola yang sesuai memiliki peran berharga untuk dimainkan dalam ekonomi dunia dan dapat membawa manfaat teknologi kripto ke generasi pengguna  kripto yang baru.

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar