Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Apa itu Node dalam Blockchain? Panduan Lengkap untuk Pemula

Dalam blockchain ada yang namanya Node, ini adalah salah satu bagian penting dari teknologi tersebut. Apa itu Node? simak selengkapnya soal Node dalam blokchain agar kamu bisa memahami salah satu bagian terpenting dalam terknologi blockchain ini.


Node Blockchain

Node adalah yang bertanggung jawab untuk bertindak sebagai titik komunikasi yang dapat melakukan berbagai fungsi. Ini merupakan simpul dan dapat berada di perangkat apa saja (kebanyakan komputer, laptop, atau bahkan server yang lebih besar). 

Node membentuk infrastruktur dari blockchain. Semua node pada terknologi canggih itu saling terhubung dan mereka secara konstan bertukar data blockchain terbaru satu sama lain sehingga semua node tetap up to date. Jaringan node, menyimpan, menyebar, dan menyimpan data blockchain, sehingga secara teoritis ada blockchain pada node. Node pada dasarnya adalah perangkat jaringan (seperti komputer) yang berisi salinan lengkap dari riwayat transaksi blockchain.

Apa yang dilakukan node?

Ketika seorang penambang mencoba untuk menambahkan blok transaksi baru ke blockchain, ia menyiarkan blok ke semua node di jaringan. Berdasarkan legitimasi blok yakni validitas tanda tangan dan transaksi, node dapat menerima atau menolak blok. Ketika sebuah node menerima blok transaksi baru, ia menyimpannya di atas sisa blok yang telah disimpannya. 

Singkatnya seperti ini : 

  • Node memeriksa apakah blok transaksi valid dan menerima atau menolaknya.
  • Ia menyimpan blok transaksi (menyimpan riwayat transaksi blockchain).
  • Node menyiarkan dan menyebar histori transaksi ini ke node lain yang mungkin perlu disinkronkan dengan blockchain 

Jenis-Jenis Node

Full Node

Secara teknis, full node adalah jenis simpul yang mengikuti semua aturan algoritma konsensus dan mengunduh seluruh Blockchain. Setiap blok di Blockchain diverifikasi dan kemudian disimpan.

Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang dilakukan sebuah full node.

  •  Memeriksa bahwa hanya jumlah Bitcoin yang diizinkan yang dihasilkan ketika setiap blok ditambang
  • Validasi tanda tangan pengirim dalam setiap transaksi: Saat menyinkronkan blok, node penuh memeriksa tanda tangan digital dalam setiap transaksi. Pengirim menandatangani setiap transaksi dengan kunci pribadinya. Node lengkap memeriksa tanda tangan untuk mengautentikasi bahwa ‘pemilik’ sebenarnya dari alamat sebenarnya yang memulai transaksi.

Memeriksa pengeluaran ganda: Belanja ganda adalah masalah di mana aset yang sama dibelanjakan dua kali.

Masternode

Dibandingkan dengan full node,  masternode sendiri tidak dapat menambahkan blok ke blockchain. Satu-satunya tujuan node ini adalah menyimpan catatan transaksi dan memvalidasinya. Apakah itu penambang atau pembuat staker, mereka yang menulis blok di blockchain. Namun, manfaat tambahannya adalah dengan menjalankan masternode, Anda tidak hanya mengamankan jaringan tetapi dapat memperoleh bagian dari imbalan untuk layanan Anda. Untuk membuat masternode, Anda harus mengunci sejumlah dana sebagai jaminan. Anda diharapkan online 24/7 dan hosting di Virtual Private Server. 

Light Node 

Light Node tidak mengunduh Blockchain lengkap, hanya header bloknya. Dalam Blockchain Blockchain, itu disebut Simplified Payment Verification nodes (SPV nodes). Light node tidak memverifikasi dan menyimpan semua transaksi. Dengan demikian, ukuran light node  jauh lebih kecil daripada ukuran full node. 

Namun, menjalankan light node dikenakan biaya karena ia tidak mereplikasi algoritma konsensus lengkap. Jadi, jika seorang penambang menambang blok yang berisi transaksi yang salah, light node tidak akan bisa mengetahuinya. Light node sepenuhnya tergantung pada node penuh dan tidak dapat ada tanpa full node. Dalam  Blockchain Bitcoin, simpul yang ringan perlu mengkonfirmasi ke full node  bahkan untuk mengetahui keseimbangannya sendiri.

Light Node (SPV)

Jenis lain dari node blockchain, yang digunakan dalam operasi crypto sehari-hari, adalah simpul ringan atau simpul Verifikasi Pembayaran Sederhana (SPV). Anda mungkin sudah menemukannya, tetapi kemungkinan besar Anda sudah familiar dengan definisi “dompet ringan”. 

Jenis-jenis node berkomunikasi dengan blockchain sambil mengandalkan node penuh untuk memberi mereka informasi yang diperlukan. Karena mereka tidak menyimpan salinan rantai, mereka hanya menanyakan status terkini untuk blok mana yang terakhir, dan menyiarkan transaksi untuk diproses. Mengingat fitur-fitur di atas,  menjalankan simpul SPV tidak memerlukan banyak sumber daya, tetapi mengorbankan keamanan demi kenyamanan.

Miners Node 

Untuk dapat menambang Bitcoin dalam skenario persaingan saat ini, seseorang harus berinvestasi dalam perangkat keras dan program penambangan khusus. Program penambangan (perangkat lunak) ini tidak secara langsung terkait dengan Bitcoin Core dan dieksekusi secara paralel untuk mencoba dan menambang blok Bitcoin. Seorang miners atau penambang dapat memilih untuk bekerja sendiri (solo miners) atau dalam kelompok (pool miner).

Sementara node dari solo miner memanfaatkan salinan blockchain mereka sendiri, pool miner bekerja bersama-sama, masing-masing berkontribusi pada sumber daya komputasi sendiri (hashpower). Di kumpulan penambangan, hanya administrator yang diperlukan untuk menjalankan full mode yang dapat disebut sebagai pool’s full node.

Siapa yang Bisa Menjalankan Node? 

Beberapa blockchain memiliki ribuan node yang online secara bersamaan. Sebenarnya siapa pun dapat menjalankan simpul hanya dengan mengunduh riwayat transaksi blockchain. Banyak penggemar crypto dan blockchain menjalankan node secara sukarela. Mereka melakukan ini untuk berkontribusi pada komunitas blockchain, pengembangan, keamanan dan integritasnya, tetapi juga hanya karena itu adalah hobi mereka dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari proyek.  Menjalankan node dianggap cukup sederhana untuk seseorang yang sedikit menguasai teknologi, dan tidak memerlukan banyak sumber daya. 

Namun beberapa blockchains, sekarang mengandung sejumlah besar data transaksi sehingga sebenarnya membutuhkan banyak memori pada perangkat untuk menjalankan node penuh. Banyak pengguna crypto yang hanya ingin menggunakan blockchain karena itu menggunakan aplikasi dompet. Aplikasi ini memungkinkan mereka untuk menyiarkan transaksi dari wallet mereka tanpa diharuskan mengunduh seluruh riwayat blockchain di perangkat mereka sendiri.

Pertanyaan penting

Apa itu node?

Node adalah yang bertanggung jawab untuk bertindak sebagai titik komunikasi yang dapat melakukan berbagai fungsi.

Seberapa penting node pada blockchain?

Node membentuk infrastruktur dari blockchain. Semua node pada terknologi canggih itu saling terhubung dan mereka secara konstan bertukar data blockchain terbaru satu sama lain sehingga semua node tetap up to date.

Apa yang dilakukan node?

Node memeriksa kevalidan blok transaksi, menyimpan riwayat transaksi, dan menyiarkan kemudian menyebar histori transaksi ke node lainnya

Apa saja jenis node?

Full node, masternode, light node, light node (SPV), miners node

Siapa yang bisa menjalankan node?

Siapa pun dapat menjalankan simpul hanya dengan mengunduh riwayat transaksi blockchain.

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Hash Rate