8

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

5 Kegunaan Teknologi Blockchain Dalam Layanan Keuangan

Teknologi blockchain saat ini menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas. Namun, apa sebenarnya blockchain itu? Dan bagaimana implementasinya dalam dunia bisnis? Artikel ini akan menjelaskan 5 hal yang berhubungan dengan teknologi blockchain, seperti smart contract, manajemen identifikasi, dan penjualan saham.

Dengan penjelasan di bawah ini, diharapkan kalian dapat lebih memahami apa sih sebenarnya kegunaan teknologi blockchain itu.

Apa itu teknologi blockchain?

Banyak orang keuangan sudah mengerti dan paham konsep dari bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Blockchain adalah sebuah tekonologi berbentuk buku digital (ledger) yang mencatat semua riwayat transaksi yang terjadi di dalam sebuah jaringan.

Catatan transaksi ini dienkripsi dalam sebuah kriptografi yang terdiri dari deretan alfanumerik dan kemudian ditambahkan dengan sendirinya ke dalam riwayat transaksi tersebut. Lalu apa sebenarnya kegunaan teknologi blockchain?

Teknologi blockchain mempercepat dan mempermudah pembayaran lintas batas

Mahalnya nilai transfer dan proses yang lambat membuat penggunaan teknologi blockchain menjadi metode pembayaran alternatif  yang dianggap lebih mudah dan cepat. Selain itu penggunaan blockchain juga dapat mengurangi biaya secara signifikan.

Teknologi blockchain permudah perdagangan saham di masa depan

Teknologi blockchain akan memiliki dampak terhadap perdagangan saham. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain memungkinkan akurasi perdagangan yang lebih luas dan proses penyelesaian yang lebih cepat.

Manfaat smart contract dari teknologi blockchain

Smart contract adalah salah satu hal yang paling menjanjikan dalam teknologi blockchain. Smart contract dapat menjalankan transaksi komersial dan melakukan persetujuan secara otomatis dan juga dapat menegakan Β kewajiban semua pihak dalam sebuah kontrak tanpa perantara.

Teknologi blockchain meningkatkan manajemen identitas online

Cara kerja manajemen identitas dalam blockchain cukup mudah. Pengguna dapat mengidentifikasi diri mereka sendiri dan siapa yang akan diberitahukan. Mungkin pengguna masih harus mengidentifikasi diri sendiri di blockchain tetapi setelahnya mereka dapat menggunakan identifikasi tersebut untuk layanan lain.

Keuntungan dan loyalitas teknologi blockchain

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan, termasuk transparansi dan pelacakan transaksi. Hal ini akan membantu pihak bank dan perusahaan asuransi untuk menciptakan lebih banyak loyalitas dan program reward yang cocok dengan kinerja manajemen 24/7.

Top exchange
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

πŸ”— Apa itu Blockchain ?

merupakan serangkaian catatan data digital yang dikelola oleh sekelompok komputer yang tidak dimiliki oleh satu entitas tunggal.

β›“ Apa saja karakteristik blockchain ?

Teknologi blockchain memiliki karakteristik terdesentralisasi, Transparan, dan kekal.

βš™οΈ Apa kegunaan teknologi Blockchain ?

Teknologi blockchain berguna untuk berbagai industri dalam penyimpanan data yang transparan, kekal sehingga tidak bisa diubah.

πŸ—ƒ Teknologi blockchain bisa diterapkan dalam industri apa saja ?

Blockchain bisa diterapkan di beragam industri, seperti keuangan, kesehatan, hiburan, dll.

πŸ—‚ Apa kegunaan blockchain dalam keuangan ?

Dalam industri keuangan blockchain bisa digunakan untuk mempercepat transaksi lintas batas, mempermudah perdagangan saham, membuat smart contract, manajemen identitas yang lebih baik, dan transparan.

πŸ“œ Apa itu smart contracts ?

protokol komputer yang dimaksudkan untuk memfasilitasi, memverifikasi, atau menegakkan negosiasi atau kinerja suatu kontrak secara digital.

πŸ“ Apa saja kelebihan smart contracts ?

smart contract mengeliminasi keberadaan pihak ketiga dan meminimalisir kecurangan dalam berbagai transaksi.

βš’ Apa itu Mining ?

singkatnya Mining atau penambangan adalah kegiatan dari memvalidasi transaksi Blockchain. Selengkapnya baca artikel ini .

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar