WordPress Gandeng DOGE, Resmi Sebagai Alat Pembayaran

Naufal Muhammad

10th May, 2022

Dogecoin (DOGE) dikabarkan telah menambah kegunaannya dan mulai keluar dari hanya sebagai lelucon menjadi sebuah crypto yang memiliki fundamental baik. 

Saat ini terdapat adopsi baru di luar pembaruan teknologinya yaitu adopsi Dogecoin sebagai alat pembayaran untuk situs yang dibangun dengan WordPress. 

Dogecoin Diadopsi WordPress

DogeDesigner seorang individu yang bertanggung jawab untuk UI/UX dan design dalam Dogecoin Foundation baru saja mengabarkan adopsi baru dari WordPress. 

Ia mengabarkan bahwa saat ini terdapat plugin baru untuk situs yang dibangun dengan WordPress agar pengguna bisa menggunakan DOGE untuk transaksi. 

Plugin ini dibentuk oleh developer dari Dogecoin yang akan mempermudah lebih dari 445 Juta situs yang dibangun di WordPress untuk menggunakan WooCommerce untuk transaksi DOGE di situsnya. 

Baca juga: Prediksi Harga Dogecoin untuk 2022 dan 2030

Dikabarkan bahwa plugin ini gratis untuk seluruh pemilik situs yang membangun dengan WordPress dan tidak membutuhkan pihak ketiga. 

Nantinya juga tidak akan ada biaya tambahan di luar biaya transaksi blockchain DOGE, jadi yang dibutuhkan hanya Wallet Dogecoin. 

Plugin ini menggunakan dua API atau Application Programming Interface untuk memberikan nilai fiat terhadap DOGE dan untuk menerbitkan QR Code agar pembayaran mudah. 

Sayangnya tanggapan dari pasar belum antusias karena setelah tiga hari tersedia untuk digunakan, hanya 10 situs yang telah menggunakan plugin tersebut. 

Hal tersebut dapat dipahami karena teknologi ini masih relatif baru dan belum mendapatkan publikasi maksimal. 

Jadi kemungkinan besar dapat disimpulkan mayoritas pecinta Dogecoin masih belum mengetahui atau tidak memiliki situs untuk mendukung plugin baru ini. 

Perkembangan DOGE di Tahun 2022

Kabar ini adalah lanjutan dari beberapa inovasi untuk Dogecoin yang telah dipublikasi dalam bentuk roadmap atau rencananya untuk Tahun 2022 ini. 

Selain pembaruan teknologi, DOGE juga memiliki beberapa kabar adopsi lain yang membuatnya semakin berguna sebagai sebuah aset crypto. 

Baca juga: Dogecoin Publikasi Roadmap Tahun 2022

Namun yang lebih menarik adalah komunitasnya yang terus berkembang dengan semakin banyaknya tokoh bisnis besar yang masuk sebagai pendukung DOGE. 

Salah satunya adalah Jeff Bezos yang terlihat mengikuti salah satu pendiri Dogecoin yaitu Billy Markus di Twitter

Setelah aktif kembali di Tahun 2021, Billy Markus berhasil menarik perhatian dari beberapa tokoh besar tidak hanya di dunia crypto tapi juga di dunia bisnis. 

Walau belum secara resmi mengadopsi DOGE atau terlibat dalam apa pun terkait teknologi DOGE, langkah Jeff Bezos menjadi salah satu sentimen positif. Sebab dengan adanya Bezos ada kemungkinan lebih banyak orang yang tertarik dengan DOGE. 

Hingga Mei 2022 rencana Dogecoin masih terus berjalan sesuai rencana, dengan salah satu rencananya adalah pindahnya Proof of Work ke Proof of Stake. 

Saat ini harganya masih terlihat kuat dengan apresiasi sebesar 11,76% membawanya mulai pulih setelah koreksi signifikan ada 9 Mei 2022. Apresiasi ini adalah salah satu yang terkuat dibandingkan mayoritas crypto lain yang masih pulih secara perlahan. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.