WBTC Depeg, Perlukah Investor Khawatir?

Nabiila Putri Caesari

30th November, 2022

Nilai token Wrapped Bitcoin (WBTC) mengalami penurunan, sehingga nilainya depeg, yang seharusnya tidak terjadi. 

Depeg adalah fenomena nilai yang turun dari patokan harga yang sebenarnya. Misalnya, ada stablecoin yang dipatok dalam USD mengalami penurunan nilai di bawah $1, maka koin tersebut dikatakan depeg.

Wrapped Bitcoin (WBTC) merupakan kripto yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $3,5 miliar dan berjalan di blockchain Ethereum, dan harga WBTC dipatok oleh harga Bitcoin (BTC).

Namun, semenjak kebangkrutan FTX pada awal November 2022 yang memiliki efek domino yang besar bagi industri kripto, WBTC ikut kehilangan nilai 1:1 ke harga Bitcoin. 

Penurunan nilai WBTC terhadap Bitcoin telah membuat investor khawatir, apalagi perusahaan Alameda Research milik Sam Bankman Fried yang kini sudah bangkrut dikenal sebagai pedagang terkemuka WBTC, dengan jumlah token yang sudah dicetak mencapai lebih dari 100.000 WBTC, dilansir dari Cryptonomist, Rabu (30/11/22).

Dengan kebangkrutan Alameda, WBTC ikut terdampak karena perusahaan itu seharusnya mengirim semua BTC ke BitGo (perusahaan yang menciptakan token WBTC), yang berarti bahwa Alameda yang sekarang sudah bangkrut tidak memiliki hak atas BTC itu sendiri.

Menurut data Kaiko, WBTC akhirnya diperdagangkan di bursa kripto secara diskon dengan nilai yang turun ke 1,5 %.

Validasi data dari wbtc dan btc di binance. Sumber: Kaiko
Validasi data dari wbtc dan btc di binance. Sumber: Kaiko

Sementara, satu WTBC harus selalu dipatok dengan nilai satu BTC, yang berarti harganya relatif terhadap nilai BTC dapat berfluktuasi. 

Jika, satu WTBC tidak berbanding sama dengan harga satu BTC, maka investor bisa mengalami kerugian.

Baca juga: Mengenal Wrapped Bitcoin (WBTC), BTC Versi Ethereum

Bitgo Imbau Investor Tidak Perlu Khawatir

Chief Operating Officer BitGo, Chen Fang meyakinkan investor bahwa WBTC aman dan didukung penuh, yang dapat dikonfirmasi secara on-chain dengan alamat publik, serta mengklarifikasi bahwa setiap WBTC didukung 1:1. Saat ini nilai WBTC juga telah membaik hanya berbeda 0.5% dari harga Bitcoin.

Developer proyek DeFi Railgun, Kieran Mesquita juga mengatakan bahwa untuk saat ini, depeg bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. 

“Penurunan depeg WBTC belum terlalu parah, karena nilainya tertingginya hanya ~2% dan cepat kembali pulih. Jadi WBTC masih akan terus berfungsi sebagai cara untuk membawa BTC ke DeFi di Ethereum,” katanya Kieran, dilansir dari Decrypt.

Baca Juga: USDT Tether Turun Di Bawah $1

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.