Berita Altcoins · 8 min read

USDT Tether Turun Di Bawah $1

USDT

Stablecoin Tether (USDT) telah mengalami penurunan hingga 3% sehingga nilainya di bawah target $1.

Penurunan terjadi dan membuat USDT berada di level $0.97 pada Kamis pagi waktu US, atau sekitar pukul 19.00 WIB. Penurunan ini disinyalir karena Alameda tengah menjual kepemilikan USDT-nya.

Beberapa bursa kripto seperti Kraken, Binance, Coinbase, OKX, dan lainnya menunjukkan perdagangan stablecoin di kisaran harga $0,97-$0,98, dan nilainya sempat jatuh ke level $0.93 selama beberapa detik di Kraken.

Coinbase saat artikel ini ditulis pukul 20.45 WIB memberi harga aset pada $0.99,2 dan Bittrex pada $99,1. Sebaliknya, Bitstamp yang berbasis di Luksemburg saat ini menetapkan harga aset pada $0.99,8.

Menanggapi masalah tersebut, Tether Global CTO Paolo Ardoino mengatakan dalam cuitan Twitternya bahwa lebih dari 700 juta USDT telah ditukarkan dengan dolar AS dalam 24 jam terakhir . 

Stablecoin Tether yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $69 miliar, hari ini mengalami volatilitas yang cukup parah, sebelumnya ini sempat terjadi pada Mei, ketika stablecoin terraUSD yang jatuh.

“Selama periode volatilitas pasar, harga perdagangan untuk USDT yang dikutip di bursa mungkin berfluktuasi. Ini terjadi karena ada lebih banyak permintaan likuiditas daripada yang ada di buku pesanan bursa dan tidak ada hubungannya dengan kemampuan Tether untuk menahan pasaknya maupun harga. nilai atau susunan cadangannya,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang diposting ke situs webnya, dilansir dari CoinDesk.

Selanjutnya, aktivitas transaksi USDT melonjak ke level tertinggi empat bulan, berdasarkan data dari Glassnode. Metrik menghitung nilai rata-rata semua transfer USDT selama periode waktu tertentu, dalam kasus ini tujuh hari.

Sementara di tengah ramainya kasus FTX, seorang  perwakilan dari Tether memberi tahu CoinDesk dalam email bahwa penerbit Tether Global tidak terkena dampak dari Alameda dan FTX.

“Kami ingin mengkonfirmasi bahwa saat ini, Tether sama sekali tidak memiliki kredit terhadap FTX atau Alameda Research,” kata perwakilan eksternal. Token tether 100% didukung oleh cadangan kami, dan aset yang mendukung cadangan melebihi kewajiban.”

Baca Juga: Dokumen Sam Bankman-Fried untuk Karyawan FTX Bocor!

Kabar terbaru pukul 21.56 WIB, dilansir dari Coindesk Tether membekukan $46 juta USDT atas permintaan penegak hukum, yang saat ini tengah melakukan penyelidikan bursa FTX yang alami masalah likuiditas.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.