Berita Regulasi · 7 min read

Warren Buffett Investasi di Bank Crypto, Jual Saham Visa dan Mastercard

Warren Buffett Investasi di Bank Crypto, Jual Saham Visa dan Mastercard

Warren Buffett dilaporkan telah membuang sebagian dari kepemilikan saham Visa dan Mastercard miliknya, lalu mengambil langkah berbeda dengan meningkatkan eksposur di NUbank, bank fintech terbesar di Brasil yang juga populer di kalangan investor Bitcoin negara tersebut.

Dalam pengajuan sekuritas pada 14 Februari, Warren Buffett mengungkapkan bahwa ia dan perusahaanya Berkshire Hathaway telah membeli saham NUbank Class A senilai $1 miliar pada Q4/2021. 

Sementara itu, Buffett yang akrab disebut Oracle of Omaha, populer karena pendekatannya yang hati-hati dalam berinvestasi. Ia juga sempat meremehkan solusi keuangan terdesentralisasi yang muncul seperti Bitcoin dan mengejeknya sebagai aset yang “tidak menciptakan apa pun.”

Baca juga: Warren Buffet Kembali “Serang” Bitcoin

Tapi saham baru Berkshire di NUbank menunjukkan bahwa Buffett telah melakukan pendekatan pada Bitcoin dan mempercayai crypto. Secara rinci, perusahaan telah menginvestasikan $500 juta dalam startup pada Juli 2021. 

Keuntungan atas investasi tersebut berjumlah $150 juta pada Desember 2021 setelah NUbank memulai debutnya di Bursa Efek New York.

Portofolio Warren Buffett Dipenuhi Perusahaan Pendukung Crypto

Meski Buffett mungkin belum berinvestasi di Bitcoin secara langsung, ia sudah mendapatkan eksposur secara tidak langsung karena perusahaan dalam portofolionya hampir semua terjun ke sektor crypto.

Misalnya, pada Oktober 2021, sebulan sebelum Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar $69.000, bank AS terbesar kelima ‘US Bancorp’ meluncurkan layanan penyimpanan cryptocurrency untuk manajer investasi institusionalnya, mencatat bahwa mereka menyaksikan peningkatan permintaan dari klien fund services selama beberapa tahun terakhir.

Demikian pula, dalam pengumuman lain yang dibuat Oktober 2021, Bank of America meluncurkan inisiatif penelitian mata uang crypto, dengan alasan yang sama yaitu, “peningkatan minat institusional”.

Sementara beberapa bulan sebelumnya, BNY Mellon mengumumkan bahwa mereka akan mentransfer dan menerbitkan Bitcoin, serta cryptocurrency serupa untuk klien manajemen asetnya.

“Investasi NUbank dapat ditandai sebagai cara Buffett mendukung crypto tanpa menarik kembali kritiknya terhadap masa lalu,” tegas Greg Waisman, salah satu pendiri dan chief operating officer Mercuryo.

Dengan perusahaan-perusahaan yang ada di portofolio Bos Berkshire itu, bisa dilihat bahwa ia mulai mendukung dn terlibat di ekosistem mata uang digital secara tidak langsung.

Bahkan paparan tidak langsung pasti akan meningkatkan sentimen positif yang dapat mendorong lebih banyak investor ke luar angkasa.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.