Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 8 min read

Log Scale Tunjukkan Volatilitas Harga Bitcoin Berkurang

Log Scale Bitcoin

Sejak kemunculannya di 2009, Bitcoin dikenal sebagai aset yang sangat volatil, sebab harga bisa naik dan turun sangat cepat dalam rentang waktu singkat. 

Harga Bitcoin telah turun lebih dari 60% sejak harga tertinggi di US$ 69.000 pada November 2021, harga aset ini sempat menyentuh US$19.000 di November 2022. 

Di awal Januari 2023 harga Bitcoin hanya berada di level US$20.000, dan akhirnya mulai terkerek naik di pertengahan Januari dan Februari di level US$22.000-US$24.000. Angka ini menjadikan Bitcoin telah alami persentase kenaikan lebih dari 30% dari periode November 2022. 

Persentase kenaikan ini menunjukan bagaimana harga Bitcoin berubah dalam presentase puluhan persen kurang dari satu tahun, ini yang membuat stigma BTC sangat volatil masih melekat.

Tapi tahukah kamu? Berdasarkan grafik di bawah ini, harga aset temuan Satoshi Nakamoto telah alami pergerakan harga yang cukup stabil. 

Grafuk log scale harga Bitcoin.

Berdasarkan grafik harga Bitcoin skala logaritma (log scale) yang dipaparkan oleh Aditya Suseno, CFO Bitwyre, saat mengisi acara di Crypto Investor Outlook 2023 pada Januari 2023 harga Bitcoin mulai tunjukan stabilisasi harga.

Terlihat tingkat volatilitas Bitcoin pada tahun 2012 – 2014 lebih tinggi dari pada tahun 2015 – 2017 dan tahun 2018 – 2022. Grafik terlihat lebih landai yang menandakan volatilitas Bitcoin berkurang dari waktu ke waktu. 

Faktanya, pada awal tahun 2012 Bitcoin mengalami kenaikan 50.000% hingga awal tahun 2014 dan turun 86% di tahun 2015. Sementara awal tahun 2016 Bitcoin mengalami kenaikan 5.200% hingga awal tahun 2018 dan turun 83% di tahun 2019.

“Dengan melihat grafik skala logaritma, memberikan intuisi bahwa Bitcoin sebenarnya akan lebih stabil dari segi harga dari waktu ke waktu. Hal ini didukung oleh algoritma yang mengatur jumlah peredaran Bitcoin yakni Bitcoin Halvings,” jelas Adit. 

Baca juga: Harga Bitcoin Hampir $25.000, Tertinggi Sejak Agustus 2022!

Pentingnya Volatilitas Pada Harga Bitcoin

Volatilitas menunjukan seberapa berisikonya sebuah aset, semakin tidak stabil suatu aset, semakin banyak orang ingin membatasi eksposur mereka terhadapnya, baik dengan tidak memegangnya atau dengan melakukan lindung nilai. Volatilitas juga meningkatkan biaya lindung nilai, yang merupakan penyumbang utama harga layanan.  

Jika volatilitas Bitcoin menurun, biaya konversi masuk dan keluar dari Bitcoin juga akan berkurang. Hal tersebut diharapkan, mampu memberikan keyakinan masyarakat lebih luas untuk memiliki Bitcoin tanpa perlu khawatir harganya berubah secara drastis.

Menurut data Coinglass, volatilitas Bitcoin di 2022 cenderung stabil dengan berada di 4%, kemudian per 17 Februari 2023, volatilitas telah turun ke angka 2,8%. 

Ingin mengetahui analisis lebih lanjut soal pergerakan harga Bitcoin dan aset-aset top kripto lainnya? Kamu bisa membaca ulasannya di E-book Crypto Investor Outlook 2023. 

Baca juga: Prediksi Trend dan Harga Kripto 2023 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.