Vladimir Putin Dukung Pembuatan Regulasi Mining Crypto di Rusia

Anisa Giovanny

29th January, 2022

Sebelumnya Bank Sentral Rusia dikabarkan akan melarang mining dan trading Bitcoin, sentimen negatif ini sempat membuat harga crypto terpengaruh.

Namun berdasarkan kabar terbaru yang dilansir dari Zycrypto Presiden Rusia, Vladimir Putin justru tidak melarang kedua hal tersebut, ia justru mendukung pemerintah untuk menjalankan aturan terkait penambangan dan perpajakan aset kripto di negaranya.

Baca juga: Bank Rusia Ingin Bitcoin Dilarang Sebagai Instrumen Investasi

Perwakilan dari kementerian keuangan dan parlemen pada hari Selasa dikutip dari Reuters, mengatakan peraturan, bukan pembatasan diperlukan setelah bank sentral mengusulkan larangan untuk menangani ancaman terhadap stabilitas keuangan, kesejahteraan warga, dan kedaulatan kebijakan moneter.

“Bank Rusia menangani masalah ini dan mengaturnya. Bank sentral tidak menghalangi kemajuan regulasi dan dengan sendirinya melakukan upaya yang diperlukan untuk memperkenalkan teknologi baru ke dalam bidang kegiatan ini,”kata Putin

Alasan Putin Mendukung Mining Crypto di Rusia

Putin mendukung pembuatan aturan karena secara rasional ia ingin memanfaatkan surplus listrik yang ada yang saat ini ada di wilayah utara negara itu.

Dengan demikian, penambangan Bitcoin mungkin dibatasi di beberapa wilayah utara.

Alasan kedua adalah pemerintah Rusia mempromosikan inovasi dan teknologi yang sesuai dengan kepentingan nasionalnya.

Alasan ketiga adalah potensi pertumbuhan pendapatan pemerintah berupa pajak pertambangan Bitcoin yang dapat dipungut dari perusahaan pertambangan.

Baca juga: Rusia Ingin Larang Crypto, Harga Bitcoin Terancam Anjlok

Meskipun ada bukti tidak langsung pada keputusan akhir tentang peraturan pertambangan, posisi resmi Presiden Putin mengacu pada mendorong dialog antara pemerintah Rusia dan bank sentral mengenai pendekatan hukum dan peraturan untuk pertambangan Bitcoin.

Menurut Vitaliy Borschenko, salah satu pemimpin perusahaan perusahaan pertambangan Rusia BitCluster, sebagian besar agensi Rusia menentang tindakan radikal yang dapat mengakibatkan larangan penambangan Bitcoin.

Diskusi hukum, politik, dan perusahaan tambahan diharapkan dalam minggu-minggu berikutnya untuk mencapai konsensus mengenai integrasi kepentingan pemerintah dan bisnis di bidang ini.

Solusi yang paling mungkin mengacu pada pelestarian kegiatan pertambangan di Rusia tetapi dengan kontrol dan pengawasan pemerintah yang berkembang di sektor ini.

Sebagian besar tenaga kerja Rusia saat ini juga bekerja di perusahaan pertambangan, sehingga mempengaruhi tingkat dan struktur pekerjaan di negara tersebut.

Saat ini, Rusia menempati posisi ketiga di dunia dalam hal kemampuan penambangan kripto di belakang AS dan Kazakhstan.

Resolusi politik terakhir dari pertanyaan penambangan Bitcoin di Rusia dan deklarasi resmi yang dibuat oleh otoritas Rusia mungkin berdampak langsung pada pasar kripto dan harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency