Berita Regulasi · 8 min read

Vladimir Putin Dukung Pembuatan Regulasi Mining Crypto di Rusia

Vladimir Putin Dukung Pembentukan Regulasi Mining Crypto di Rusia

Sebelumnya Bank Sentral Rusia dikabarkan akan melarang mining dan trading Bitcoin, sentimen negatif ini sempat membuat harga crypto terpengaruh.

Namun berdasarkan kabar terbaru yang dilansir dari Zycrypto Presiden Rusia, Vladimir Putin justru tidak melarang kedua hal tersebut, ia justru mendukung pemerintah untuk menjalankan aturan terkait penambangan dan perpajakan aset kripto di negaranya.

Baca juga: Bank Rusia Ingin Bitcoin Dilarang Sebagai Instrumen Investasi

Perwakilan dari kementerian keuangan dan parlemen pada hari Selasa dikutip dari Reuters, mengatakan peraturan, bukan pembatasan diperlukan setelah bank sentral mengusulkan larangan untuk menangani ancaman terhadap stabilitas keuangan, kesejahteraan warga, dan kedaulatan kebijakan moneter.

“Bank Rusia menangani masalah ini dan mengaturnya. Bank sentral tidak menghalangi kemajuan regulasi dan dengan sendirinya melakukan upaya yang diperlukan untuk memperkenalkan teknologi baru ke dalam bidang kegiatan ini,”kata Putin

Alasan Putin Mendukung Mining Crypto di Rusia

Putin mendukung pembuatan aturan karena secara rasional ia ingin memanfaatkan surplus listrik yang ada yang saat ini ada di wilayah utara negara itu.

Dengan demikian, penambangan Bitcoin mungkin dibatasi di beberapa wilayah utara.

Alasan kedua adalah pemerintah Rusia mempromosikan inovasi dan teknologi yang sesuai dengan kepentingan nasionalnya.

Alasan ketiga adalah potensi pertumbuhan pendapatan pemerintah berupa pajak pertambangan Bitcoin yang dapat dipungut dari perusahaan pertambangan.

Baca juga: Rusia Ingin Larang Crypto, Harga Bitcoin Terancam Anjlok

Meskipun ada bukti tidak langsung pada keputusan akhir tentang peraturan pertambangan, posisi resmi Presiden Putin mengacu pada mendorong dialog antara pemerintah Rusia dan bank sentral mengenai pendekatan hukum dan peraturan untuk pertambangan Bitcoin.

Menurut Vitaliy Borschenko, salah satu pemimpin perusahaan perusahaan pertambangan Rusia BitCluster, sebagian besar agensi Rusia menentang tindakan radikal yang dapat mengakibatkan larangan penambangan Bitcoin.

Diskusi hukum, politik, dan perusahaan tambahan diharapkan dalam minggu-minggu berikutnya untuk mencapai konsensus mengenai integrasi kepentingan pemerintah dan bisnis di bidang ini.

Solusi yang paling mungkin mengacu pada pelestarian kegiatan pertambangan di Rusia tetapi dengan kontrol dan pengawasan pemerintah yang berkembang di sektor ini.

Sebagian besar tenaga kerja Rusia saat ini juga bekerja di perusahaan pertambangan, sehingga mempengaruhi tingkat dan struktur pekerjaan di negara tersebut.

Saat ini, Rusia menempati posisi ketiga di dunia dalam hal kemampuan penambangan kripto di belakang AS dan Kazakhstan.

Resolusi politik terakhir dari pertanyaan penambangan Bitcoin di Rusia dan deklarasi resmi yang dibuat oleh otoritas Rusia mungkin berdampak langsung pada pasar kripto dan harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.