Berita Altcoins · 5 min read

Vitalik Buterin Prediksi Crypto Winter Segera Datang

Vitalik Buterin Prediksi Crypto Winter Segera Datang

Cryptocurrency kembali mencatat kerugian besar pekan lalu. Dalam waktu dekat, analis teknikal melihat skenario pullback atau penurunan harga sementara akan terjadi. Hal ini dikhawatirkan memicu fenomena crypto winter akan kembali dalam waktu dekat.

Crypto winter sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika nilai aset crypto mengalami koreksi drastis dan jauh di bawah nilai tren bullish normal. 

Meski koreksi pasar yang sedang berlangsung telah menghancurkan banyak cryptocurrency sebelumnya, Vitalik Buterin selaku pendiri Ethereum prediksi bahwa periode crypto winter sebenarnya baik untuk kesehatan jangka panjang dunia crypto.

Baca Juga: Bitcoin dan Ethereum Sedang Mainkan Pullback Sebelum Bullish

Prediksi Crypto Winter yang Segera Datang

Mayoritas cryptocurrency yang dipimpin oleh Bitcoin terus menumpahkan nilainya setelah pekan lalu dipenuhi FUD. Bear market yang berkepanjangan seperti ini jelas membuat frustrasi investor.

Menanggapi hal itu, pendiri Ethereum dengan bijak menunjukkan bahwa harga yang tertekan akan membantu mereka yang membangun mata uang crypto untuk mengalihkan perhatian penuh mereka pada peningkatan infrastruktur dan teknologi yang dapat mendorong adopsi yang lebih besar.

Buterin juga mengaku tidak terlalu khawatir dengan keadaan pasar crypto yang hampir selalu fluktuatif seperti sekarang. Menurutnya, investor sejati akan tahu kapan mereka ingin bertindak (menjual dan membeli aset).

“Investor menyambut pasar bearish karena itu saatnya membeli aset. Itu jelas membuat banyak orang senang ketika harganya melonjak dengan menetapkan harga tinggi, tetapi itu juga cenderung mengundang banyak kekhawatiran.” kata Buterin dalam wawancaranya bersama Bloomberg.

Sementara itu, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya telah berada dalam tren turun sejak mencapai rekor tertinggi pada bulan November. 

Pada saat penulisan, Bitcoin bahkan diperdagangkan pada $38.366 (di bawah $40.000) dengan penurunan tajam 4,39% dalam 24 jam terakhir dan alami penurunan 44,4% dari level tertinggi sepanjang masa di $69K.

Pergerakan Harga Bitcoin

$30.000 adalah support level berikutnya yang sekarang diincar para analis untuk Bitcoin. Jika level ini gagal bertahan, harga BTC bisa jatuh lebih jauh, seperti mundurnya 80% selama pasar bearish pada tahun 2018. 

Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, bernasib lebih buruk. ETH bernilai $2,658 dengan penurunan 46,5% lebih rendah dari puncak November.

Pendiri Ethereum telah menggadang-gadangkan koreksi market saat ini sebagai periode crypto winter selanjutnya, namun Buterin percaya bahwa fenomena semacam ini sebenarnya bagus untuk crypto karena menjadikan aset lebih sehat.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.