Berita Altcoins · 8 min read

Vitalik Buterin Hasilkan Rp10,8 Miliar dari Penjualan Shitcoin

Vitalik Buterin Menjual Shitcoin

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin dilaporkan telah menjual 5,6 triliun shitcoin yang diberikan kepadanya secara sukarela. Ia menukarkan Shitcoin tersebut dengan Ethereum. Dari penjualan tersebut, ia berhasil mengumpulkan 439,65 Ether senilai Rp10,8 miliar.

Istilah Shitcoin umumnya digunakan untuk menyebut koin kripto yang dianggap tidak berkualitas, memiliki kapitalisasi pasar kecil dan asal usul yang tidak jelas. Investor diharapkan berhati-hati dalam melakukan investasi pada koin jenis ini.

Namun, perlu diingat bahwa istilah ini bersifat subjektif dan dapat berbeda pandangan tergantung pada perspektif dan opini individu.

Baca Juga: 5 Tanda Red Flag Saat Beli Shitcoin

Shitcoin yang Dijual

Menurut data Etherscan (7/3), dompet Vitalik Buterin melakukan penjualan beberapa Shitcoin miliknya. Penjualan tersebut meliputi 500 triliun SHIKOKU (SHIK) senilai 380,3 Ether (Rp9,28 miliar).

Selanjutnya, sekitar 10 miliar Cult DAO (CULT) senilai 58,1 Ether (sekitar Rp1,49 miliar), dan 50 miliar Mops (MOPS) senilai 1,25 Ether (sekitar Rp30,2 juta).

Transaksi dompet Buterin Vitalik
Sumber: Etherscan

Vitalik Buterin telah mengonfirmasi bahwa dia memiliki dompet tersebut melalui cuitannya di tahun 2018, setelah dia dituduh menimbun 75% pasokan Ether bersama dengan sesama pendiri Ethereum, Joe Lubin, selama penjualan pra-mining aset.

Dampak Penjualan terhadap Harga Token

Penjualan yang dilakukan oleh Vitalik Buterin memiliki dampak pada harga token. Setelah penjualan cepat itu, salah satu harga token merosot akibat likuiditas yang rendah. Namun, SHIK dan MOPS mencatat kenaikan dalam 24 jam.

Menurut data Coinmarketcap (8/3) pukul 11.08 WIB, token SHIKOKU (SHIK) diperdagangkan pada harga $0.000000005032, mencatat peningkatan 18,25% dalam 24 jam terakhir. Namun, volume perdagangan merosot 11,04% menjadi $10,905,439.

Jumlah total pasokan SHIK yang beredar saat ini adalah sebesar 1 kuadriliun. Sebelumnya, Buterin memegang 500 triliun SHIK yang mewakili 5% dari total pasokan saat ini.

Sementara itu, token Cult DAO (Cult) diperdagangkan pada harga $0.000009185, mencatat penurunan sebesar 0,46% dalam 24 jam terakhir. Volume perdagangan juga anjlok 18,64% menjadi $1,913,396.

Jumlah total pasokan Cult yang beredar saat ini sebesar 4,32 triiun. Sebelumnya, Buterin memegang 10 miliar Cult yang mewakili 0,23% dari total pasokan saat ini.

Terakhir, token Mops (MOPS) diperdagangkan pada harga $0.0000004677, mencatat kenaikan sebesar 502,04% dalam 24 jam terakhir. Volume perdagangan meningkat 1867.03% menjadi $3,186,865.

Jumlah total pasokan MOPS yang beredar saat ini tidak ditampilkan pada Coinmarketcap. Sebelumnya, Buterin memegang 50 miliar MOPS. Menurut Coinmarketcap, Buterin memiliki 5% dari total pasokan. Diperkirakan, total pasokan beredar MOPS sebesar 1 triliun.

Baca Juga: Data Tunjukkan 80% Investor Koin ADA Alami Kerugian

Alasan Membuang Shitcoin

Bukan pertama kalinya Vitalik Buterin dilaporkan menjual atau membakar (burning) token airdrop-nya. Pada Mei 2021, Buterin juga membakar token Shiba Inu (SHIB) dan Dogelon Mars (ELON).

Baca Juga: Mengenal Shiba Inu, Memecoin Yang Jadi Populer

Akibatnya, terjadi penurunan harga pada kedua token tersebut, di mana Shiba Inu mengalami penurunan harga sebesar 40% dan Dogelon Mars (ELON) mengalami penurunan harga sebesar 90%.

Beberapa anggota dalam komunitas mata uang kripto merasa frustrasi terhadap keputusan Vitalik Buterin untuk menjual token, mengingat dampak besar yang dimilikinya pada harga token tersebut.

Tindakan penjualan token oleh Buterin mungkin terkait dengan implikasi pajak dari menerima airdrop.

Sebagian besar negara memberlakukan pajak penghasilan pada airdrop, sehingga seseorang yang menerima token gratis itu harus membayar pajak atas token yang diterima.

Baca juga: Akun X Vitalik Buterin Diretas, NFT Bernilai Rp10,6 Miliar Raib

Vitalik Buterin memiliki kewarganegaraan Kanada. Di Kanada, penerimaan token airdrop dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan tarif pajak yang berlaku.

Tarif pajak penghasilan di Kanada bervariasi tergantung pada jumlah pendapatan tahunan seseorang dan dapat berkisar antara 15% hingga 33%.

Jumlah pajak yang harus dibayar dapat dikurangi dengan biaya yang terkait dengan pembelian dan penjualan kripto, serta biaya penambangan atau staking jika ada. Aturan ini ditetapkan oleh Canada Revenue Agency (CRA), badan pengatur pajak di Kanada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.