Berita Altcoins · 5 min read

Vitalik Buterin Jual 200 ETH ke Kraken, Whale Investor Panik!

Vitalik Buterin Jual ETH ke Kraken

Pendiri Ethereum Vitalik Buterin dan Ethereum Foundation dilaporkan menjual Ethereum (ETH) ke exchange Kraken.

Laporan PeckShieldAlert mengungkapkan, alamat kripto Vitalik Buterin telah melakukan transfer sebesar 200 ETH senilai Rp5,2 miliar ke Kraken pada Jumat (5/5).

Menurut data Etherscan, ini bukan pertama kalinya Vitalik Buterin melakukan transaksi ke wallet tersebut. Dalam dua bulan terakhir, sudah ada lima transaksi yang dilakukan oleh alamat yang sama dengan Kraken.

Satu hari setelahnya pada Sabtu (6/5), Ethereum Foundation juga tercatat menjual 15.000 ETH senilai Rp397 miliar ke Kraken. Transaksi yang dilakukan Buterin dan Ethereum Foundation ini pun memicu kepanikan di kalangan investor.

Baca Juga: Gas Fee Ethereum Sentuh Angka Tertinggi dalam Satu Tahun!

Whales Jual ETH ke DAI

Penjualan tersebut memicu kepanikan di kalangan investor besar atau whale. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ketika holder melakukan transfer aset kripto mereka dalam jumlah besar ke pertukaran terpusat dapat menjadi tanda penjualan yang bisa memicu penurunan harga aset.

Menurut data dari Lookonchain, dua address wallet berbeda dilaporkan telah menjual 19.090 ETH (Rp509 miliar) ke token DAI. Dari penjualan ini, masing-masing wallet memperoleh 18,63 juta DAI dan 17,07 juta DAI. Investor dengan address wallet itu nampaknya lebih memilih menjual ETH ke DAI karena harganya yang lebih stabil, dibandingkan dengan harga ETH yang berfluktuasi.

DAI adalah token yang bekerja di jaringan Ethereum dan dibuat oleh Maker DAO (Organisasi Otonomi Terdesentralisasi). DAI termasuk ke dalam stablecoin karena nilainya dipatok dengan US Dolar.

Baca Juga: Polygon dan Ethereum Jadi Blockchain Terfavorit di Sektor Web3 Gaming!

Penjualan Kripto oleh Vitalik Buterin dan Dampaknya

Data historis menunjukkan, penjualan ETH oleh Ethereum Foundation biasanya menyebabkan penurunan harga.

Pada 12 November 2021, Ethereum Foundation mentransfer 20.000 ETH ke Kraken, dan setelah menjual sekitar US$4.722, dekat dengan ATH, harga ETH turun 40% dalam waktu dua bulan.

Menurut data Coingecko per 8 Mei saat artikel ini dirilis, ETH dihargai sebesar US$1.846, mengalami penurunan 3,12% dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Harga ETH Turun Usai Vitalik Buterin Transfer 600 ETH ke Coinbase

Sementara itu, Vitalik Buterin juga pernah menjual beberapa memecoin yang menyebabkan harganya mengalami penurunan nilai yang signifikan setelah dia menjualnya.

Pada Maret 2021, Vitalik menjual 50 miliar MOPS dengan harga 1,25 ETH, 10 miliar CULT dengan harga 58 ETH, dan 500 triliun SHIK dengan harga 380 ETH.

Selain itu, dia juga menjual 3,4 juta BITE dengan harga 5,9 ETH dan mentransfer 214 ETH senilai $337 ribu ke Ethereum Foundation. Alasan di balik penjualan aset kripto oleh Buterin seringkali tidak diketahui.

Baca Juga: Vitalik Buterin Hasilkan Rp10,8 Miliar dari Penjualan Shitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.