Berita Altcoins · 5 min read

Gas Fee Ethereum Sentuh Angka Tertinggi dalam Satu Tahun!

ETH GAS FEE

Biaya transaksi di jaringan Ethereum atau gas fee meroket ke level tertinggi dalam satu tahun terakhir di tengah popularitas token meme.

Biaya transaksi rata-rata harian mencapai level tertinggi dalam 12 bulan terakhir sebesar 155 gwei. Nilainya telah meningkat lebih dari lima kali lipat sejak peluncuran token PEPE pada 18 April. 

Gas Fee rata-rata harian Ethereum. Sumber: Ycharts.

Biaya transaksi rata-rata di jaringan Ethereum pada 19 April sebesar 60,82 gwei, kemudian naik di 20 April sebesar 81,94 gwei. Angka tersebut masing-masing meningkat 34,74% dari 19 April dan 84,46% dari 20 April 2022

Gwei adalah unit ETH yang paling umum digunakan untuk menentukan harga gas Ethereum. Satu gwei bernilai  sepermiliar dari satu ETH.

PEPE Coin Sebabkan Meroketnya Gas Fee

Dilansir dari Coindesk, Coinmetrics menjelaskan penyebab naiknya biaya gas ini disebabkan oleh tingginya transaksi PEPE, token meme yang kini tengah tenar. Harga PEPE diketahui telah melonjak +300% selama akhir pekan, meraih valuasi hampir US$600 juta.

Baca juga: PEPE Coin Meroket Dalam Sekejap, Smart Money Cuan Banyak!

PEPE juga menjadi pemimpin dalam liquidity pool di pertukaran terdesentralisasi berbasis Ethereum dengan Pepecoin-wrapped ether (PEPE-WETH). Uniswap baru-baru ini menjadi kumpulan likuiditas paling aktif berdasarkan jumlah transaksi.

Menurut data yang di-tweet oleh Alex dari Scimitar Capital, trader PEPE telah menyumbang lebih dari 410.000 transaksi di Uniswap, yang menghabiskan biaya transaksi sebesar US$10 juta.

Sementara itu, melonjaknya biaya gas ETH ini membuat Ethereum mendapatkan penghasilan lebih dari 28 kali lipat pendapatan biaya Bitcoin dalam periode waktu yang sama, menurut edukator independen Ethereum, Anthony Sassano.

Dia juga mengutip platform layer-2 Ethereum seperti Arbitrum One yang telah mengungguli jaringan BTC dalam hal pendapatan harian karena ketenaran token meme.

Kenaikan biaya gas ini disambut positif dan negatif oleh para pengguna jaringan Ethereum.

Positifnya, biaya transaksi yang mahal menandakan kegunaan jaringan tersebut semakin meningkat, tetapi negatifnya trader harus merogoh kocek sangat mahal untuk membayar biaya transaksi dibanding jumlah transaksi asli yang dilakukan di blockchain Ethereum. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Token Meme PEPE

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.