Utopia Kolaborasi dengan Ideafest, Hadirkan Utopia Blok:verse 2022

Anisa Giovanny

24th November, 2022

Popularitas teknologi blockchain menarik perhatian masyarakat dari berbagai kalangan seperti content creator, tech developer, investor, influencer, lalu tidak sedikit tech startup yang mulai mendalami dan melakukan penelitian lebih dalam terhadap perkembangan blockchain.

Sentimen blockchain meningkat pesat dalam dua tahun terakhir, dimulai dari sentimen positif hingga negatif terkadang menjadi sebuah pertanda pergerakan adopsi inovasi yang akan datang. 

Perkembangan teknologi blockchain salah satunya memberikan kesempatan kepada pegiat industri yang sama sehingga melahirkan tidak sedikit komunitas didalamnya dan Utopia NFT Club merupakan salah satu komunitas yang awal mulanya terdiri dari beberapa orang yang tertarik untuk mendalami perkembangan NFT. 

Baca juga: Perbedaan Metaverse dan NFT yang Penting Dipahami

Kini Utopia NFT Club aktif dalam membangun koneksi, edukasi dan peluang untuk masyarakat yang ingin mempelajari teknologi blockchain. Untuk itu, Utopia NFT Club berkolaborasi bersama Ideafest dengan menghadirkan Utopia Blok:verse. 

Utopia Blok:verse.adalah kolaborasi Utopia NFT Club dengan Ideafest dalam upaya untuk memperkenalkan serta mengedukasi teknologi blockchain yang lebih luas.

Melalui Utopia Blok:verse, yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 26 November 2022, para pengunjung akan diperkenalkan untuk memahami berbagai jenis teknologi blockchain dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Utopia Blok:verse 2022 menargetkan sekitar 1000-2000 partisipan untuk hadir dan berpesta bersama dalam rangkaian acara festival blockchain (web3) pertama di Indonesia. 

“ Melalui kolaborasi Utopia NFT Club dengan Ideafest siapapun dapat bergabung dan belajar lebih jauh untuk mengenali potensi blockchain kedepannya. Hal ini sejalan dengan tujuan dari acara ini untuk memberikan dampak baik terhadap lingkup sosial maupun ekonomi di Indonesia,” kata Project Lead Utopia Blok:verse Gantar Surapati 

Terkait kolaborasi ini, Gantar berpendapat bahwa teknologi blockchain saat ini masih ada di tahap awal dan pentingnya sebuah wadah yang dapat memberikan informasi secara jelas menjadi salah satu solusi untuk dapat mempercepat proses adopsi teknologi blockchain secara tepat dan terukur. 

Penasihat daripada Utopia NFT Club yang juga merupakan CEO dari Mahameru Vokasi Indonesia, Andhika Diskartes berpendapat bahwa mayoritas masyarakat yang saat ini sudah dan tertarik untuk mendalami blockchain harus memiliki kemampuan analisa yang baik, kemampuan analisis ini akan memberikan pengetahuan terhadap investasi yang akan dilakukan terutama pada teknologi blockchain. 

“ Melalui Utopia Blok:verse, para pengunjung akan langsung terhubung dengan sosok-sosok yang sudah memiliki pengalaman dalam perkembangan teknologi blockchain,” kata Andhika.

Acara ini akan melibatkan banyak aktivitas yang bertujuan untuk dapat bersama-sama memberikan edukasi terkait blockchain dan terhubung satu dan lainnya.

Pengunjung akan mendapatkan pengalaman untuk berpartisipasi dalam sebuah permainan bernama scavenging hunt menggunakan teknologi POAP, permainan ini adalah salah satu bagian dari proses edukasi yang diterapkan oleh team Utopia Blok:verse untuk para pengunjung dapat langsung menyelami keunikan dunia web3 atau blockchain. 

Baca juga: 5 Kegunaan Teknologi Blockchain Dalam Layanan Keuangan

Utopia Blok:verse ingin memberikan kesempatan belajar dan terhubung secara langsung melalui kolaborasi ini dengan biaya yang terjangkau untuk semua masyarakat, hal ini merupakan bagian dari tujuan untuk bersama-sama mendalami dan mempelajari perkembangan daripada teknologi blockchain.

Selain pengalaman unik yang akan didapatkan ketika mengunjungi Utopia Blok:verse, pengunjung akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah yang beragam dari NFT terkenal, Ledger, hingga perjalanan ke sebuah destinasi wisata lokal di Indonesia. 

Tentang Ideafest

Ideafest merupakan sebuah festival kreatif terbesar di Indonesia yang selalu diadakan setiap tahun sejak 2011 dan sempat terhenti karena pandemi. Ideafest merupakan sebuah panggung yang kerap diisi oleh berbagai pengenalan terhadap inovasi-inovasi terbaru di Indonesia. 

Keberhasilan yang dimiliki oleh Ideafest juga tersirat dari data jumlah pengunjung melebihi 123.000 orang dan 1.500 pembicara. 

Setelah sempat terhenti karena pandemi, tahun ini Ideafest mengusung tema Reality Re:defined, acara ini akan dihadiri i Takashi Murakami, Cinta Laura, Hamish Daud, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, dan berbagai sosok terkenal lainnya. 

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency