USDD Tron Turun dari $1, Ikuti Jejak UST?

Naufal Muhammad

14th June, 2022

Stablecoin Tron yaitu Decentralized USD (USDD) yang baru saja diterbitkan beberapa bulan lalu terlihat mengalami masalah. 

Algorithmic Stablecoin ini terlihat turun di bawah $1 hingga mencapai $0.91 dan saat ini bergerak di sekitar $0.98. 

Kondisi ini jauh dari yang seharusnya dimana seharusnya USDD berada stabil di $1 sehingga membuat banyak investor panik.

USDD Turun dari $1 dalam Sehari 

USDD dari Tron dikabarkan telah turun dari nilai yang seharusnya mencapai sekitar $0.98 hingga saat ini. 

Penurunan nilai ini terjadi bersama dengan pasar crypto yang hancur sejak akhir pekan lalu bersama Bitcoin yang mencapai sekitar $21,000. 

Koreksi ini terjadi bersama dengan pasar crypto yang turun bersama aset berisiko lainnya akibat adanya potensi krisis resesi bahkan stagflasi yang akan terjadi di dunia. 

Bersama faktor makroekonomi ini, terdapat beberapa sentimen negatif lain dari sisi internal pasar crypto yang membuat banyak investor memilih untuk menjual akibat khawatir koreksi berlanjut. 

Kondisi pasar yang negatif ini berdampak tidak hanya pada USDD tapi seluruh crypto. Meski begitu, USDD mengalami salah satu koreksi terparah, yang membuatnya hampir mirip dengan UST, stablecoin dari Terra. 

Walau tidak separah UST, USDD sempat mengalami koreksi ke $0.91 dari $1 hanya dalam satu hari, yang membuat banyak investor TRX panik akan kejadian yang sama seperti Terra. 

Koreksi ini juga terjadi setelah pembelian Bitcoin sebagai dana cadangan oleh Tron DAO, kesatuan yang menjaga nilai USDD. 

Banyak investor yang khawatir karena Terra mulai hancur juga setelah pembelian Bitcoin untuk dana cadangannya. 

Walau saat ini turun, Tron DAO menyatakan bahwa mereka akan terus membeli dan menambah dana cadangan untuk memastikan USDD kembali stabil. 

Tapi terdapat tambahan bahwa mereka akan membeli dalam jumlah besarl lagi jika pasar mulai pulih. 

Untuk saat ini, Tron DAO masih terus aktif menjaga nilai USDD dengan pembelian USDC hingga mencapai $2,5 Miliar. 

Sama seperti UST?

Pada saat peluncuran USDD, sebelumnya Tron menjanjikan bahwa akan ada dana cadangan untuk menjaga USDD hingga mencapai $10 Miliar. 

Hingga saat ini terlihat bahwa target janji tersebut masih belum tercapai karena dana cadangan yang ada dan telah digunakan masih berada di sekitar $3 Miliar. 

USDD Tron Turun dari $1, Ikuti Jejak UST?
Dana Cadangan Tron DAO untuk USDD

Walau mengalami penurunan nilai, Tron DAO tetap memastikan bahwa USDD masih terjamin hingga mencapai 277,54% dengan beberapa crypto seperti USDC, USDT,  TUSD, TRX, BTC dan DAI. 

Justin Sun yang saat ini menjabat sebagai penasihat untuk Tron, menyatakan bahwa mekanisme USDD seharusnya membuatnya aman. 

Ia juga merupakan individu yang menyarankan dana jaminan tambahan melebihi 100% dari persediaan USDD yang beredar. 

Tapi sayangnya kedua hal tersebut masih belum berhasil menjaga USDD untuk bergerak stabil di sekitar $1. 

Untuk investor Terra dan UST, kondisi ini membawa ingatan buruk karena pergerakan kedua proyek ini hampir sama. 

Keduanya membeli Bitcoin sebagai dana cadangan, keduanya memiliki stablecoin dengan mekanisme hampir sama, dan keduanya mengalami penurunan nilai. 

Oleh karena itu, kemungkinan besar, TRX akan mendapatkan sentimen negatif hampir mirip dengan Terra. Tapi untuk kehancurannya, untuk saat ini Tron DAO masih memiliki dana untuk menjaga USDD sehingga masih belum hancur. 

USDD Tron Turun dari $1, Ikuti Jejak UST?
Grafik Bulanan TRXUSD

Untuk saat ini dari sisi teknikal, TRX masih terlihat memiliki potensi pergerakan negatif, terutama dari grafik bulanannya. 

Hal ini disebabkan, TRX telah keluar dari zona segitiga simetrisnya di grafik bulanan yang membuat adanya potensi koreksi lanjutan. 

Kemungkinan besar jika terus turun TRX akan bergerak menuju $0.04 hingga $0.03 namun butuh waktu yang lama. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.