TVL DeFi Tron Naik! USDD Tetap Dibandingkan dengan UST

Naufal Muhammad

2nd June, 2022

Total Value Locked (TVL) atau jumlah dana yang terkunci pada ekosistem DeFi atau Decentralized Finance dari Blockchain Tron (TRX) terlihat mengalami apresiasi. 

Walau mengalami kondisi positif ini, sayangnya masih banyak investor yang menyamakan Tron dengan Terra (LUNA) akibat adanya stablecoin yang hampir mirip. 

Banyak investor yang menyatakan bahwa USDD atau stablecoin baru dari Tron akan membuatnya hancur sama seperti Terra. 

TVL DeFi Tron Mengalami Peningkatan Setelah USDD

TVL ekosistem DeFi Tron mengalami peningkatan hingga melewati $60 Miliar hanya dalam 30 hari terakhir. 

TVL DeFi Tron Naik! USDD Tetap Dibandingkan dengan UST
Peringkat Blockchain Berdasarkan TVL

Angka ini membawa Tron berdiri di bawah Ethereum dan Binance Smart Chain sebagai tiga blockchain dengan ekosistem DeFi terbesar. 

Peningkatan dalam jumlah dana yang terkunci dalam ekosistem Tron terjadi satu bulan setelah peluncuran USDD yang merupakan stablecoin baru dari Tron. 

USDD adalah Decentralized USD yang merupakan sebuah stablecoin khusus dibangun untuk mendorong pertumbuhan ekosistem Tron. 

Mekanisme USDD sayangnya hampir mirip dengan UST atau TerraUSD yang sebelumnya mengalami kehancuran. Sebab, USDD memiliki mekanisme yang masuk dalam kategori Algorithmic Stablecoin. 

Walau begitu, USDD masih menjadi pendorong dari pertumbuhan ekosistem DeFi Tron yang saat ini terjadi. 

Pernyataan ini didukung juga oleh data dari Coingecko yang memperlihatkan bahwa setelah peluncuran USDD, jumlah TVL Tron mengalami peningkatan drastis. 

Meski membawa angin positif untuk ekosistem DeFi Tron, masih banyak investor yang khawatir dan menyamakan USDD dengan UST. 

Hal ini disebabkan mekanisme arbitrase atau keterikatan antara koin blockchain yang digunakan dan stablecoin tersebut. 

Untuk UST, sebelum adanya blockchain baru, jika ingin menerbitkan 1 UST harus melakukan burn terhadap $1 dalam LUNA dan sebaliknya. 

Saat ini, USDD juga memiliki mekanisme yang sama namun dapat dengan cara pertukaran, dimana jika ingin mendapatkan 1 USDD investor harus menukar atau melakukan burn terhadap $1 dalam TRX. 

Selain itu terdapat kesamaan dimana UST dijaga oleh Luna Foundation Guard atau komite pengelola khusus LUNA dan UST, dan USDD dijaga oleh Super Representative di Tron yaitu sekitar 27 orang yang menjaga stabilitas jaringan Tron.  

Kemudian protokol DeFi utama keduanya juga hampir mirip dimana JustLend memberi keuntungan per tahun sebesar 23% dan Anchor memberi 19,5% per tahun. 

Akibat kondisi ini banyak yang khawatir dan menyatakan bahwa USDD akan hancur seperti UST. 

Justin Sun dan Beberapa Investor Masih Membela

Walau menuai banyak kritik negatif, beberapa pihak masih ada yang membela USDD, termasuk Justin Sun, pendiri Tron yang sudah tidak mengelola proyeknya lagi. 

Terdapat satu analis yang menyatakan bahwa USDD tidak dapat dianggap sebagai Algorithmic Stablecoin sehingga dianggap aman.  

Tapi cuitan tersebut tetap mendapatkan sentimen negatif karena whitepaper USDD tetap menyatakan adanya mekanisme burn dan mint antara TRX dan USDD. 

TVL DeFi Tron Naik! USDD Tetap Dibandingkan dengan UST
Mekanisme Penyesuaian Harga USDD

Menanggapi banyaknya narasi ini, Justin Sun membuat sebuah artikel publikasi di blog pribadinya yang menyatakan bahwa USDD akan sangat jauh dari UST. 

Menurut Justin Sun, USDD akan selalu terjaga karena memiliki nilai yang lebih aman akibat adanya dana jaminan dengan jumlah yang lebih dari seharusnya. 

Justin Sun juga menyatakan bahwa nantinya keuntungan mengunci USDD akan turun secara perlahan untuk menstabilitaskan nilai. 

Selain itu ia juga menyatakan bahwa USDD akan memperluas kegunaannya ke beberapa jaringan lain seperti Binance smart chain, Ethereum dan lainnya. 

Untuk saat ini semua bergantung pada dana jaminan yang disimpan Tron untuk menjaga nilai USDD. Saat ini dananya masih tersimpan dalam stablecoin sehingga masih aman. 

Tapi jika Tron memutuskan untuk memilih crypto lain yang berisiko, nasibnya bisa sama seperti UST.  

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.