Arcane Research Nyatakan USDC akan Kalahkan USDT, Kok Bisa?

Naufal Muhammad

27th July, 2022

Stablecoin telah menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan sejak terjadinya kehancuran dari stablecoin UST yang nilainya turun drastis di bawah $1. 

Sejak kejadian tersebut, banyak stablecoin yang juga mengalami kehancuran karena kepercayaan yang menurun dari investor crypto. 

Tapi terdapat dua stablecoin yang terlihat masih kuat yaitu USD Coin (USDC) dan Tether USD (USDT). Hingga saat ini USDT masih memimpin seluruh stablecoin lain dalam kapitalisasi pasar dan berada di peringkat ketiga di peringkat kapitalisasi pasar seluruh crypto. 

Insight dan Networking Bersama Crypto Enthusiast

Menurut Arcane Research kondisi ini kemungkinan besar akan berubah karena USDC akan bergerak naik dalam kapitalisasi pasar. 

USDC akan Kalahkan USDT

Menurut laporan dari Arcane Research USDC saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $54,8 Miliar yang merupakan penurunan sebesar 1,6% dalam satu bulan terakhir. 

USDT saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 65,5 Miliar yang merupakan penurunan sebesar 1,5% dalam satu bulan terakhir namun masih berada di atas USDC.   

Arcane menyatakan bahwa kondisi ini akan segera berubah karena USDC diprediksi akan mengalami peningkatan drastis dalam kapitalisasi pasar dan USDT akan mengalami penurunan drastis. 

Arcane Research Nyatakan USD akan Kalahkan USDT, Kok Bisa?
Prediksi Pertumbuhan Kapitalisasi Pasar USDT dan USDC

Menurut prediksi dari Arcane Research, tercatat bahwa USDT akan mengalami penurunan drastis yang didasarkan oleh kondisi kapitalisasi pasarnya yang sudah turun 28,7%. 

Di saat bersamaan, USDC mengalami peningkatan signifikan yaitu sekitar 70% dan ini menjadi dasar prediksi apresiasi kapitalisasi pasar yang menurut Arcane Research akan mencapai $61,3 Miliar. 

Kemungkinan besar pergerakan ini akan terjadi disebabkan oleh sentimen di sekitar USDC dan USDT yang saat ini sangat berlawanan. 

USDC saat ini sedang berada di kondisi positif karena Circle, perusahaan yang menerbitkan USDC, terus memberi transparansi tinggi dan informasi terbaru terkait USDC. 

Selain itu, USDC juga belum pernah memiliki masalah dengan pemerintah, tidak seperti USDT. 

Baca juga: Pakar Hukum Katakan Tether dan Binance Berpotensi Kasus dengan SEC, Ini Alasannya

USDT saat ini sedang mengalami penurunan dalam kepercayaan karena masalah transparansi yang dianggap kurang oleh mayoritas investor. 

Kondisi ini terus terjadi sejak Pemerintah Amerika melakukan investigasi terhadap USDT yang dianggap tidak memiliki Dolar Amerika dalam dana cadangannya sesuai dengan USDT yang beredar di pasar. 

Kapitalisasi Pasar USDT Pasti Turun

Selain itu, Arcane Research juga menyatakan bahwa USDT akan turun akibat hasil audit perusahaannya yang masih terlihat tidak jelas untuk konsumsi publik. 

Laporan audit yang kurang baik ini membuat ketidakpercayaan terhadap Tether terus meningkat yang dapat membuat banyak investor pindah dari USDT ke USDC.  

Di sisi lain Arcane Research juga menyatakan bahwa USDC terus mengalami peningkatan dalam ketenaran terutama akibat Circle yang merupakan anak perusahaan dari Center, salah satu perusahaan keuangan terbaik di dunia. 

Kapitalisasi Pasar USDC

Transparansi ini menjadi kunci utama untuk ketenaran dan kepercayaan investor terhadap sebuah stablecoin. Urgensi transparansi ini menjadi semakin besar mengingat saat ini banyak pemerintah negara yang mulai sadar terhadap potensi dan permasalahan stablecoin. 

Selain itu, dengan adanya narasi penerbitan CBDC atau mata uang digital bank sentral dari beberapa negara, transparansi stablecoin menjadi semakin penting.

Hal ini disebabkan nantinya stablecoin akan bersaing dengan CBDC dan yang paling aman serta bermanfaat akan menarik perhatian investor sehingga meningkatkan kapitalisasi pasar salah satu aset tersebut. 

Transparansi adalah salah satu aspek penting dari keamanan dan manfaat sehingga urgensi transparansi menjadi tinggi di stablecoin. 

Untuk saat ini USDC terlihat masih akan unggul tapi memiliki satu masalah yaitu masalah sentralisasi dimana sebagian besar jaringan masih dikendalikan Circle. Tapi untuk stablecoin nampaknya sentralisasi bukan sebuah masalah besar. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.