Berita Altcoins · 6 min read

Usai The Merge, Ada Ethereum Tandingan?

Ethereum Tandingan

The Merge Ethereum yang menjadi perpindahan konsensus Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS) untuk Ethereum telah memicu berbagai sentimen dari yan positif hingga negatif, salah satu pihak yang menentang perpindahan protokol konsensus ini adalah komunitas ETHW Core.

Di bawah nama proyek, ETHPoW dan dengan token ETHW, ETHW Core berencana untuk memisahkan diri dari blockchain ETH utama dan mempertahankan versi PoW untuk menjaga penambangan ETH tetap hidup di luar The merge.

“Mainnet ETHW akan terjadi dalam waktu 24 jam setelah The Merge. Waktu yang tepat akan diumumkan 1 jam sebelum peluncuran dengan penghitung waktu mundur dan semuanya termasuk kode akhir, binary, file konfigurasi, info node, RPC, explorer, dll. Akan dipublikasikan ketika waktunya habis, ” katanya komunitas dalam keterangannya.

Pada 8 September 2022, pendapat dari mantan anggota yayasan Ethereum Hudson Jameson meragukan peluncuran pasca penggabungan dan nilai ETHW sudah melemah.

Pada waktu bersamaan, spesialis protokol Coinbase Cloud ,Viktor Bunin juga menghubungi ETHW Core untuk klarifikasi tentang masalah ini. 

View Berita

Menjaga ETH PoW Tetap Aktif Di Ethereum

Namun, banyak komunitas yang percaya bahwa motivasi fork adalah uang, bukan untuk perbedaan ideologis. Kekhawatiran fork juga disampaikan oleh ChainID, apakah setelah penggabungan meningkatnya risiko serangan dan peretasan dari PoS ini.

ETHW mengungkapkan bahwa mereka menerima dukungan dari mining pool teratas untuk hard fork, seperti f2pool, BTC.com, dan poolin yang telah mendukung penambangan ETHW pasca merge ETH.

ETHW telah mengungkapkan daftar total 18 mining pool yang mendukung penambangan ETHW . Delapan kumpulan sudah tersedia untuk testnet ETHW. 

Justin Sun pendiri Tron, juga menyatakan dukungannya terhadap ETHW ini. Ia mengungkapkan bahwa pertukaran Poloniex miliknya akan mencantumkan token ETHW. Lainnya, pertukaran crypto seperti Huobi dan BitMEX juga mendukung hard fork.

Pada saat penulisan, token ETHW diperdagangkan pada $39,64 pada pukul 10.30 WIB nilainya yang volatil yang diikuti antisipasi fork yang akan datang. Sementara, Harga Ether (ETH) saat ini berada di $1.599, turun 1,60% selama tujuh hari terakhir, berdasarkan data Coinmarketcap.

Baca juga: Begini Nasib Mining Farm ETH Setelah The Merge!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.