Berita Exchange · 8 min read

Jelang Upgrade Shapella Ethereum, Exchange Kripto Beri Imbauan!

Shapella

Upgrade Shapella yang menjadi bagian dari upgrade Shanghai Ethereum akan dirilis pada 13 April 2023 pukul 05.27 WIB.

Shapella akan memungkinkan validator Ethereum (ETH) melakukan penarikan secara penuh maupun sebagian dengan mekanisme bertahap untuk mencegah pasokan ETH berlebihan dalam satu waktu di pasar kripto.

Berkaitan dengan upgrade Shapella, beberapa pertukaran kripto telah mengeluarkan imbauan bagi para penggunanya, seperti Kraken, Coinbase, dan Binance.

Baca Juga: Upgrade Shanghai Ethereum Ditunda Sampai April 2023

Kraken

Exchange kripto Kraken memberikan pernyataan terkait dampak Shapella yang mungkin akan dialami oleh pengguna Karken melalui website resminya (6/3). Setidaknya ada 3 poin penting yang perlu diperhatikan pengguna.

Poin pertama, keberhasilan mengenai upgrade Shapella sepenuhnya dibebankan pada pengembang, Kraken tidak memiliki kendali atas itu.

Poin kedua, Kraken juga menginformasikan bahwa pihaknya akan mengembalikan semua ETH yang telah dikunci pengguna di layanan staking Kraken ke dompet spot pengguna setelah upgrade Shanghai dilakukan.

Sebelumnya, Kraken telah menginformasikan pemberhentian layanan staking on-chain untuk klien Amerika Serikat. Ini berkaitan dengan penegakan hukum yang dilakukan oleh Security Exchange and Comission (SEC) AS.

Baca juga: Regulator AS Selidiki Kraken dan Paxos, Pasar Kripto Kena Imbas!

Poin ketiga, Kraken tidak memiliki kontrol langsung atas durasi unstaking ETH. Sebab, fitur tersebut beroperasi sesuai dengan mekanisme penarikan yang ditetapkan oleh tim pengembangan Ethereum.

“Ada kemungkinan permintaan penarikan tinggi dalam periode waktu terkonsentrasi dari pemegang staking ETH yang ingin mengakses koin mereka, unstaking dapat memakan waktu beberapa jam,” tulis rilis Kraken (6/3).

Binance

Binance akan mendukung peningkatan Shapella jaringan Ethereum (ETH). Berikut poin penting yang harus dicatat pengguna Binance.

Peningkatan jaringan Ethereum (ETH) yang disebut Shapella akan terjadi pada blok 194.048.

Selama waktu tersebut, setoran dan penarikan token ETH dan ERC-20 melalui jaringan Ethereum (ETH) akan dihentikan pada 12 April mulai sekitar pukul 22:20 (UTC).

Binance akan meningkatkan jumlah pembukaan kunci minimum deposit ke jaringan Ethereum (ETH) dari 12 blok saat ini menjadi 64 blok.

Perdagangan token ETH dan ERC-20 tidak akan terpengaruh selama peningkatan jaringan.

Binance akan menangani semua persyaratan teknis yang terlibat untuk semua pengguna yang memegang token ETH dan ERC-20 di akun Binance mereka.

Proses setoran dan penarikan untuk token ETH dan ERC-20 akan dimulai setelah Binance meyakini jaringan yang telah ditingkatkan stabil. Informasi selanjutnya akan diumumkan di platform resmi Binance

Versi bahasa Inggris asli akan menjadi acuan utama dan berlaku apabila ada perbedaan antara terjemahan dengan bahasa lain.

Coinbase

Rabu (15/3), Coinbase mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk memproses permintaan pelepasan Ethereum dalam 24 jam setelah peningkatan Shapella ditayangkan.

Coinbase menyatakan bahwa setelah pesanan unstaking diproses, pengguna akan menerima aset mereka, serta akumulasi hadiah staking.

Pelanggan tidak perlu melepaskan ETH kecuali ingin melakukannya. Coinbase juga memastikan bahwa aset pelanggan akan aman dan terjamin selama upgrade berlangsung.

Saat ini, Coinbase menawarkan persentase hasil tahunan sebesar 6% pada Ethereum yang di-staking di layanan mereka.

Baca juga: Shapella Upgrade Siap Rilis, Withdrawal ETH Segera Tersedia!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.