Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 6 min read

Shapella Upgrade Siap Rilis, Withdrawal ETH Segera Tersedia!

Shapella Shanghai Hard Fork

Menjelang hard fork Shapella untuk Shanghai Upgrade di Ethereum, tim pengembang inti memastikan stabilitas pasar tidak akan terganggu meski ETH bisa ditarik dari staking setelah fork dirilis.


Shapella akan mulai berlaku pada epochs 194.048, yang dijadwalkan pada 13 April 2023, pukul 05.27 WIB.

Penarikan ETH akan diaktifkan oleh Ethereum Improvement Proposal EIP-4895 dengan “mendorong” Ether yang dipertaruhkan dari Beacon Chain ke Ethereum Virtual Machine (EVM), atau dikenal sebagai lapisan eksekusi.

Tim Beiko menyarankan tiga kombinasi epoch, slot, dan time kepada anggota Ethereum Foundation (EF) dua minggu lalu.

Tiga kombinasi dari Tim Beiko. Sumber: Ethereum.org

Saat ini, ada sekitar 17,81 juta Ether yang di-staking di Beacon Chain. Dengan harga Ether saat ini sekitar US$1.776, ini berarti total nilai staking mencapai sekitar US$31,6 miliar. Nilai ini dapat dicairkan secara bertahap dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Upgrade Shanghai Ethereum Ditunda Sampai April 2023

Gambar jumlah ETH yang di-stake di Beacon Chain sejak Desember 2020. Sumber: Beaconcha.in.

Baca juga: Memahami Ethereum Shanghai Upgrade dan Fungsinya

Mekanisme Penarikan Ethereum

Shanghai upgrade memiliki dua bentuk penarikan, yakni penarikan sebagian dan sepenuhnya. Untuk mencegah kelebihan pasokan Ether dalam satu waktu, pihak Ethereum pun menerapkan aturan pembatasan.

Menurut Ethereum Foundation hanya 6 maksimal validator yang dapat menarik ETH, kira-kira setiap 6,4 menit. Jika kuota ini terpakai, per hari akan ada  1.350 validator.

Jika validator itu mengeluarkan seluruh ETH yang di-stake sejumlah 32 ETH, artinya akan ada minimal 43.200 ETH per hari yang ditarik. Jumlah ini hanya atau 0,27% dari total ETH yang di-staking di beacon chain.

Baca Juga: Shanghai Upgrade Ethereum Dijadwalkan 13 April 2023!

Perjalanan Hard Fork Ethereum

Pada Agustus 2021, telah terjadi hard fork London, yang melakukan perubahan dengan memperkenalkan EIP-1559, yang menggantikan metode lelang harga lama dengan biaya dasar yang harus dibayar oleh pengguna. Melalui peningkatan ini, deflasi Ether dimulai dari waktu ke waktu.

Pada April 2021, terjadi hard fork Berlin, yang melakukan optimalisasi gas fee untuk beberapa tindakan EVM. Sedangkan pada 1 Desember 2020, Beacon Chain Genesis memperkenalkan blok pertama yang diproduksi pada rantai bukti kepemilikan.

Harga ETH Jelang Hard Fork

Menurut Coinmarketcap (29/3), Ethereum (ETH) diperdagangkan pada harga US$1.804, mencatat peningkatan 4,19% dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ETH terpantau di zona merah sejak Jumat (24/3), baru mencatat kenaikan pada Rabu (29/3).

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.