Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Blockchain · 8 min read

Memahami Ethereum Shanghai Upgrade dan Fungsinya

Ethereum Shanghai Upgrade

Setelah sukses dengan The Merge pada September 2022 lalu, Ethereum melanjutkan pengembangnya dengan melakukan Shanghai upgrade yang akan dijalankan pada Maret 2023.

Apa itu Shanghai upgrade dan apa fungsinya? Berikut ini penjelasan seputar pembaruan dari blockchain ciptaan Vitalik Buterin itu. 

Ethereum Shanghai Upgrade

Shanghai upgrade pengembangan selanjutnya dari blockchain Ethereum setelah sukses berpindah konsensus dari proof of work ke proof of stake.

Lewat pembaruan ini para staker dan validator  yang telah melakukan staking di beacon chain ETH selama kurang lebih dua tahun dimungkinkan untuk mengambil asetnya.

Baca juga: Lebih dari 26 Miliar Dollar Telah di Staking dalam Ethereum 2.0

Nilai Ether yang di-stake sekitar 16 juta koin atau setara dengan US$26 miliar. Shanghai upgrade juga dilakukan developer Ethereum sebelum mengimplementasikan The Surge.

Dengan Shanghai ini, developer akan memastikan transaksi maksimum per detik (TPS) yang akan menjadi fokus di The Surge minim masalah. 

Baca juga: Vitalik Buterin Umumkan Roadmap Ethereum Terbaru!

EIP-4895 Ethereum

Salah satu fokus utama pemutakhiran adalah implementasi  Ethereum Improvement Proposal-4895 (EIP). Dengan proposal ini 16 juta ETH yang telah dipertaruhkan validator untuk mengamankan jaringan Ethereum bisa ditarik kembali. 

Ketika Ethereum mengubah mekanisme konsensusnya dari proof-of-work (PoW) menjadi proof-of-stake (PoS) dalam The Merge, jaringan mulai menggunakan validator alih-alih miner untuk menambahkan blok ke blockchain. Validator harus melakukan staking 32 ETH dengan chain untuk berpartisipasi dalam proses validasi blok.

Baca juga: Apa itu Proof of Stake vs Proof of Work?

Semakin banyak ETH yang diberikan validator ke jaringan, semakin besar pula peluang mereka dipilih untuk “mengusulkan” blok transaksi Ethereum berikutnya dan mendapatkan beberapa hadiah jaringan.

Sebelum validator setuju untuk berpartisipasi dalam blockchain PoS, mereka diberi tahu bahwa ETH yang mereka berikan dan hadiah apa pun yang diperoleh akan tetap dikunci hingga pembaruan berikutnya.

Validator telah mempertaruhkan ETH dan memperoleh hadiah sejak Desember 2020, ketika Ethereum merilis PoS “beacon chain” dalam langkah pertamanya menuju The Merge. Sekarang, dengan Shanghai mereka dapat mencairkan ETH yang telah mereka kunci. 

Di samping EIP-4895 ada beberapa EIP lain yang juga direncanakan untuk diimplementasikan dengan peningkatan Ethereum Shanghai, di antaranya adalah: 

  • EIP-3860: Limit and Meter Initcode – Proposal membatasi ukuran maksimum kode init ke 49152 dan menerapkan dua gas tambahan untuk setiap potongan kode init 32 byte. Ini pada dasarnya memecahkan pengecualian out-of-gas di Ethereum.
  • EIP-3855: Instruksi PUSH0 – EIP ini menghadirkan instruksi baru untuk EVM yang membantu mengecilkan ukuran  smart contract dan mengoptimalkan kode kontrak.
  • EIP-3651: Proposal yang mengusulkan penurunan biaya gas terkait pembayaran Nilai Ekstraksi Maksimal saat mengakses alamat COINBASE, ini tidak terkait dengan exchange namun mengacu  dengan perangkat lunak yang memungkinkan pengembang menerima token baru. 

Apa Pentingnya Upgrade Shanghai?

Perkembangan yang paling menonjol dari pembaruan ini adalah validator yang pada akhirnya dapat mengambil kembali ETH yang mereka pertaruhkan. Jadi validator secara teoritis dapat  memulihkan aset yang dipertaruhkan dan menariknya dari sistem.

Dalam situs Ethereum Foundation disebutkan, aturan untuk menarik ETH dibatasi, hanya 6 maksimal validator yang dapat menarik ETH kira-kira setiap 6,4 menit.

Jika semua kuota digunakan, maka per hari akan ada 1.350 validator yang keluar dan jika menggunakan jumlah minimal ETH yang dapat di-stake yakni 32 ETH maka akan ada minimal 43.200 ETH per hari atau 0,27% dari total ETH yang di-staking.

Pembatasan ini berguna untuk mencegah serangan potensial. Penyerang tidak dapat melakukan pelanggaran dengan mengeluarkan saldo ETH sebelum sistem dapat menerapkan sanksi pemotongan. Ini akan melindungi integritas jaringan dan membuat jaringan terhindar dari kerusakan sistem.

Pembatasan juga berguna agar ETH tidak membanjiri pasar kripto secara masif dalam waktu singjat.

Validator yang ingin melepaskan ETH setelah fork Shanghai dapat melakukannya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membuat “kredensial penarikan” dengan cara ini tidak semua ETH akan dilepaskan, hanya mengambil hadiah yang diperoleh dalam beberapa tahun terakhir. Opsi kedua langsung melepaskan 32 ETH dari Beacon chain. 

Dampak Shanghai Upgrade pada Harga ETH 

Banyak yang berpikir harga ETH akan anjlok ketika proses withdrawal dimulai, sebab pemilik ETH bisa saja langsung menjual semua asetnya yang telah dikunci selama dua tahun lamanya.

Dengan mekanisme yang diterapkan dan pembatasan jumlah validator yang melakukan penarikan, penurunan harga ETH secara drastis kemungkinan besar dapat dicegah. 

Aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua ini telah naik lebih dari 40% dengan dengan volume perdagangan harian rata-rata US$6 miliar atau 3,7 juta ETH dengan harga US$1,645 per ETH.

Sesuai skema penarikan ETH pasca Shanghai Upgrade, minimal 43.200 ETH yang akan keluar setiap hari jika semua kuota digunakan oleh validator atau 1,2% dari volume rata-rata harian ETH. Bisa dikatakan jumlah ini tidak signifikan dibandingkan volume harian.

Akan tetapi jika validator konstan menjual ETH sejumlah 43.200 per hari maka mereka memerlukan waktu 1 tahun 1 bulan untuk menghabiskan semua ETH, itupun jika tidak ada validator baru.

Tapi ketika banyak validator keluar, secara mekanisme pembagian reward staking, maka rate dari reward staking akan meningkat dan membuat investor tertarik untuk menjadi validator lagi.

Karena itu, kemungkinan validator keluar tanpa ada validator baru sangat kecil. Jadi akan ada satu titik jenuh dimana jumlah validator keluar dan masuk akan stabil.

Kemungkinan akan terjadi penurunan harga ETH akibat hype Shanghai Upgrade pada Maret-April 2023. Ketika validator sudah mencapai titik jenuh, maka ada kemungkinan ETH akan kembali naik hingga akhir kuartal dua pada Juni 2023.

Video penjelasan seputar Ethereum Shanghai Upgrade

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.