Lebih dari 26 Miliar Dollar Telah di Staking dalam Ethereum 2.0

Rossetti Syarief

11th March, 2022

Analisis kuantitatif yang dilakukan pada situs blockchain populer Etherscan menunjukkan bahwa 184.441 transaksi telah bertanggung jawab atas 10,2 juta Ethereum (ETH) yang di staking ke dalam Ethereum 2.0 sejak dimulai pada 4 November tahun lalu. 

Angka ini setara dengan lebih dari $26 miliar, berdasarkan harga Ethereum saat ini.

Sementara menurut perhitungan matematis, menunjukkan bahwa tonggak tersebut terlampaui selama blok 14348729 pada malam 8 Maret.

Evolusi ke Ethereum 2.0 yang Sangat Dinantikan

Pada akhir Januari 2022, Ethereum Foundation menerbitkan perubahan pada terminologi jaringan dengan sistem blockchain proof-of-work atau Ethereum 1.0 yang sekarang disebut sebagai lapisan eksekusi (execution layer).

Dan secara terpisah juga melakukan evolusi blockchain proof-of-stake atau Ethereum 2.0 yang sekarang dikenal sebagai lapisan konsensus (consensus layer).

Untuk berpartisipasi, setiap pengguna diharuskan menyetor dan melakukan staking 32 ETH ke Ethereum Launchpad resmi untuk memperoleh status validasi di jaringan. Pada saat penulisan, jumlahnya mencapai sekitar $83,252.

Evolusi ke Ethereum 2.0 sendiri telah diamati sebagai peristiwa yang sangat dinanti-nantikan di banyak proyek cryptocurrency.

Mulai dari keuangan terdesentralisasi atau DeFi, protokol dan token yang tidak dapat dipertukarkan atau NFT, proyek dan pasar, hingga pemegang aset ETH karena ketergantungan pada Blockchain Ethereum dengan banyak keterlibatan on-chain.

Baca Juga: Ethereum 2.0 Dilaporkan Memproses Lebih Banyak Transaksi

Sementara pada Januari tahun ini, metrik hash rate Ethereum mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 1,11 PH/dtk.

Indikasi utama adopsi node yang lebih tinggi dan berdasarkan faktor geografi, desentralisasi jaringan yang lebih besar setelah upgrade Arrow Glacier.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.