Berita Blockchain · 6 min read

Shanghai Upgrade Ethereum Dijadwalkan 13 April 2023!

Upgrade Shanghai Hard Fork 13 April 2023

Pengembang Ethereum mengumumkan hardfork Shanghai upgrade akan dijadwalkan 13 April pukul 05.27 WIB, pada epoch 620,9536. Hal tersebut disepakati pada execution layer meeting 156 pada Kamis (15/3). Informasi tersebut juga telah diverifikasi oleh GitHub.

Baca Juga: Memahami Ethereum Shanghai Upgrade dan Fungsinya

Sebelumnya, tim pengembang Ethereum telah menargetkan hardfork pada Maret 2023, kemudian pengembang mengubahnya atas pertimbangan bahwa hardfork sebaiknya dilakukan minimal dua minggu setelah peluncuran testnet Goerli (14/3).

Peningkatan jaringan utama Shanghai memuat lima proposal perbaikan Ethereum, salah satunya EIP-4985. Peningkatan ini memungkinkan pemilik Ethereum yang telah melakukan staking ETH di Beacon Chain dapat menarik kembali ETH mereka.

Pembayaran hadiah bagi validator akan dilakukan pada interval tertentu dan diterima secara otomatis ke alamat penarikan. Selain itu, staker dapat mengambil kembali seluruh saldo mereka dan keluar dari posisi sepenuhnya.

Transisi PoS di Jaringan Ethereum

Menurut laporan dari Etherscan, kontrak pintar Ethereum PoS telah berhasil menarik lebih dari 17,6 juta ETH yang setara dengan hampir US$29,4 miliar pada saat publikasi.

Beberapa analis memperkirakan bahwa peningkatan ini dapat memicu aksi jual dalam waktu dekat.

Ethereum secara resmi memulai transisi ke Proof of Stake (PoS) dengan penggabungan (15/9/2022), yang merupakan tonggak penting dalam pengembangan Ethereum.

Dalam transisi ini, penambang digantikan dengan validator dan taruhan ETH diperkenalkan sebagai komponen kunci dari jaringan.

Setelah fase “Shanghai”, Ethereum akan mengalami beberapa pembaruan termasuk fase “Surge”, “Verge”, “Purge”, dan “Splurge”.

Penerapan konsensus PoS dapat berdampak pada regulasi ETH dan industri kripto secara keseluruhan.

Pada September 2022, Ketua SEC Gary Gensler menyatakan bahwa transisi ke teknologi blockchain baru dapat membuat pengawasan terhadap ETH dan ruang kripto secara keseluruhan menjadi lebih sulit bagi regulator.

Regulator Imbau Pengembang Taati Aturan

Dikutip dari Cointelegraph, Rabu (15/3) Gary Gensler angkat bicara menyoal status proof of stake, setelah tindakan keras regulator AS terhadap layanan staking. Ia menyatakan bahwa koin jenis ini mungkin dapat dianggap sebagai sekuritas.

Apapun yang mereka promosikan dan masukkan ke dalam protokol, serta mengunci token mereka dalam protokol tersebut, sebuah protokol yang seringkali dikembangkan oleh sekelompok kecil pengusaha dan pengembang, saya hanya menyarankan agar setiap operator token ini untuk berusaha mematuhi aturan yang berlaku, demikian juga dengan perantara-perantara lainnya,” ungkap Gery Gensler.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.