Berita Blockchain · 8 min read

Upgrade Shanghai Ethereum di Testnet Goerli Alami Hambatan!

Upgrade Shanghai Ethereum di Testnet Goerli

Ethereum (ETH) telah melakukan Shapella upgrade di testnet Goerli pada Rabu (14/3) sebelum upgrade Shanghai pada April 2023. Namun, validator menemukan kendala saat pembaruan berlangsung. Streaming langsung hard fork Shapella dapat disaksikan melalui kanal Youtube, EthStaker.

Baca Juga: Upgrade Shanghai Ethereum Ditunda Sampai April 2023

Sebagian Validator Tidak Upgrade Software

Ethereum core developer, Tim Beiko, menemukan hambatan saat proses upgrade ketika penyetoran sedang diproses. Ini dikarenakan beberapa validator testnet tidak meningkatkan perangkat lunak.

Pengembang menyayangkan validator testnet yang kurang termotivasi untuk melakukan peningkatan perangkat lunak dan menganggap testnet Goerli ETH tidak berharga.

Sementara itu, pengembang berharap validator dapat menyesuaikan kondisi ini sebelum hard fork utama pada jaringan Ethereum.

Antisipasi Upgrade Terbaru Ethereum

Peneliti Ethereum, terence.eth menjelaskan bahwa upgrade Shapella membutuhkan waktu 15 epochs untuk bercabang ke testnet Goerli, karena partisipasi jaringan tidak mencapai dua pertiga ambang batas yang dibutuhkan.

Upgrade Shapella pada Ethereum terdiri dari lima EIP yang berbeda. Salah satunya, staking Ethereum (EIP-4895), yang merupakan salah satu EIP paling diantisipasi.

EIP-4985 diperkirakan dapat mempercepat pemindahan Ethereum ke sistem proof of stake yang berfungsi penuh.

Dengan hard fork ini, validator dimungkinkan untuk melakukan penarikan sebagian atau seluruh ETH yang telah di-stake ke Beacon Chain. Ini akan membuka akses ke 17,6 juta ETH yang bernilai lebih dari US$30 miliar dengan harga saat ini.

Untuk mencegah pasokan ETH dalam jumlah berlebihan dalam satu waktu, Ethereum Foundation menyatakan, telah menyiapkan mekanisme.

Adapun mekanismenya, Ethereum Foundation hanya akan memproses sekitar 2.200 per harinya, sehingga jumlah penarikan yang diizinkan hanya akan mewakili sekitar 0,40% dari total ETH yang dipertaruhkan.

Pembatasan tersebut diberlakukan dikarenakan hanya ada sekitar 10 validator yang bertanggung jawab untuk memproses transaksi dan memvalidasi penarikan.

Jumlah validator yang terbatas ini mengakibatkan hanya sejumlah kecil penarikan yang dapat diproses per harinya.

Harga ETH Usai Shapella Upgrade

Adapun, jelang peluncuran upgrade Shanghai, menurut Coinmarketcap (15/3) pukul 19.58 WIB, Ethereum (ETH) diperdagangkan pada harga US$1.684, turun 3,65% dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga: Shanghai Upgrade Masuki Tahap Testnet Sepolia

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Jelajahi Berita Lainnya

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.