Upgrade Protokol Hydra Segera Diluncurkan, Ini Dampak pada Cardano

Rossetti Syarief

19th March, 2022

Protokol Hydra yang dinanti peluncurannya oleh komunitas dilaporkan akan hadir tak lama lagi. Pendiri Cardano, Charles Hoskinson, turun ke Twitter untuk memberi selamat kepada tim atas pencapaian tersebut.

Baca Juga: Hydra Bakal Bawa Cardano Naik Dua Kali Lipat?

Upgrade Protokol Hydra Cardano Segara Diluncurkan

Tim Hydra mengungkapkan bahwa mereka telah membuka Hydra Head pertama di testnet publik Cardano.

Oleh karena itu, fitur dari solusi penskalaan layer-2 tersebut kini dapat diuji dan menandakan sebuah indikasi peluncuran protokol yang semakin dekat. 

Hoskinson juga menggunakan platform microblogging Twitter untuk memuji tim dan berkata, “Saya sangat bangga dengan tim Hydra yang membuat tonggak sejarah ini. Ini adalah salah satu penelitian terapan tercepat dan terbaik di Ekosistem Cardano.”

Pengembangan protokol pertama kali disusun pada tahun 2020 dan sejak itu berkembang menjadi Proof-of-Concept

Seorang anggota tim, Sebastian Nagel, mengungkapkan di platform Slack tim bahwa peluncuran Hydra Heads di testnet datang setahun setelah mereka membaca makalah Hydra untuk pertama kalinya.

Hydra Heads kemudian menjadi protokol yang paling dinanti di jaringan Cardano. Sebagai solusi skalabilitas, Hydra diharapkan dapat meningkatkan TPS di jaringan menjadi 1 juta transaksi per detik.

Pada bulan November, ketika ditanya tentang kemajuan dalam pengembangan protokol, Hoskinson mengatakan bahwa foundation telah menempatkan lebih banyak sumber daya.

Ia juga mencatat bahwa itu akan membuat penanganan volume transaksi yang diharapkan dari DApps lebih mudah.

Sementara algoritma konsensus pada protokol Hydra telah diujikan untuk tidak melakukan transaksi kecuali kedua pihak yang terlibat setuju. Fitur ini pun dinantikan dan diharapkan menjadi peningkatan keamanan.

Untuk informasi lebih lengkap, cek video di bawah ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.