Berita Altcoins · 8 min read

Baru Upgrade, Polygon Malah Error?!

Polygon Tidak Hasilkan Blok Baru Setelah Lakukan Upgrade

Solusi penskalaan Ethereum Layer-2, Polygon (MATIC), belum menghasilkan blok baru selama lebih dari 11 jam. Para pengembang kemudian menghubungkan masalah tersebut dengan jaringan yang belum lama ini melakukan upgrade teknisi.

Informasi tersebut pertama kali dikonfirmasi pengembang pada 10 Maret, dengan memberitahu pengguna di forum proyek bahwa ada kemungkinan jaringan berhenti menghasilkan blok untuk sementara waktu karena proses pemeliharaan diperlukan pada salah satu dari tiga lapisan jaringan

Sementara upgrade yang belum lama ini dilakukan diperkirakan telah menyebabkan kesalahan dalam kemampuan jaringan untuk mencapai konsensus.

“Kami menduga mungkin ada bug dalam pemutakhiran yang mempengaruhi konsensus dan menyebabkan validator Heimdall yang berbeda berada pada versi rantai yang berbeda, sehingga tidak mencapai konsensus 2/3.”

Polygon Dapat Masalah Setelah Lakukan Upgrade Jaringan

Pada saat merancang pembaruan jaringan, tim Polygon tentunya berasumsi ini akan membantu perbaiki penyebaran blok. Meski hasil akhirnya justru terjadi kesalahan teknisi yang menyebabkan pemadaman layanan berlanjut.

Meski begitu, tim bersikeras bahwa semua dana dan data on-chain aman.

Pemadaman jaringan di Polygon telah berlangsung selama 11 jam.

Pengguna Polygon tampaknya memahami pemadaman yang diharapkan, tetapi pada jam keenam, keributan mulai muncul di antara komunitas.

Sebagian besar pengguna telah menunjukkan kekhawatiran pada jumlah waktu yang diperpanjang untuk pemadaman.

Yang lain telah mencatat bahwa profesi atau bisnis crypto mereka telah terpengaruh secara negatif oleh pemadaman tersebut. 

“Saya benar-benar tidak dapat bekerja karena itu, bisakah Polygon mengirimkan waktu di mana kami dapat mengharapkan jaringan kembali menyala?”

Sementara itu, jaringan Polygon sendiri terdiri dari tiga lapisan yang masing-masing memiliki peran unik. Smart contract berjalan di lapisan Ethereum (ETH) dan lapisan Bor membantu menghasilkan blok. Lapisan Heimdall ketiga adalah tempat masalahnya.

Heimdall adalah satu set node proof-of-stake (PoS) yang membantu jaringan mencapai konsensus. Dengan masalah Heimdall, Polygon tidak dapat mencapai konsensus jaringan.

Bug besar terakhir yang diperbaiki Polygon menempatkan dana senilai $24 miliar dalam risiko, tetapi diperbaiki tanpa masalah pada akhir tahun 2021.

Baca Juga: Polygon Mengaktifkan Hardfork EIP-1559, Begini Mekanismenya

Masalah tersebut memberi dampak penurunan harga pada Polygon sekitar 8.8% dalam seminggu. Pada saat penulisan, MATIC diperdagangkan $1,44.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.