Polygon Mengaktifkan Hardfork EIP-1559, Begini Mekanismenya

Rossetti Syarief

18th January, 2022

Upgrade Ethereum EIP-1559 telah diluncurkan dalam blockchain Polygon. Jaringan sidechain Ethereum tersebut kini resmi memulai EIP-1559 yang biasa disebut “London Hardfork”.  

EIP-1559 akan membuat sistem biaya jaringan lebih stabil dan dapat diprediksi terhadap guncangan permintaan. Sementara menurut perkiraan tim Polygon, pasokan MATIC kemungkinan akan menjadi deflasi setelah pembakaran biaya dimulai.

Tim Polygon sendiri telah mengumumkan tanggal upgrade pada 17 Januari kemarin, setelah penerapannya yang sukses di testnet Mumbai.

Upgrade Mekanisme Matic

Upgrade EIP-1559 memperkenalkan mekanisme pembakaran biaya yang sama ke Polygon yang akan menghancurkan token MATIC. 

Ini juga menghilangkan metode lelang harga pertama untuk menghitung biaya jaringan yang mengarah ke estimasi biaya yang lebih baik, namun tidak mengurangi harga gas.

“Pembakaran adalah urusan dua langkah yang dimulai di jaringan Polygon dan selesai di jaringan Ethereum.” Pernyataan tim Polygon.

Tim juga menyatakan bahwa, seperti Ethereum, pasokan MATIC kemungkinan akan menjadi deflasi dengan 0,27% dari total pasokan dibakar setiap tahun menurut perkiraan. Ada pasokan tetap 10 miliar token MATIC dengan 6,8 miliar saat ini beredar.

“Tekanan deflasi akan menguntungkan validator dan delegator karena imbalan mereka untuk memproses transaksi dalam mata uang MATIC,” tambahnya sebelum menyatakan bahwa peningkatan juga akan mengurangi spam dan kemacetan jaringan.

Meskipun merupakan jaringan layer-2, Polygon telah mengalami krisis gasnya sendiri baru-baru ini. Awal bulan ini, biaya gas Polygon meroket menurut Dune Analytics yang mengakibatkan beberapa validator gagal mengirimkan blok. 

Bagaimana EIP-1559 Berjalan dalam Polygon?

Mekanisme upgrade EIP-1559 mencangkup jumlah biaya dasar yang disesuaikan dengan naik turunnya protokol berdasarkan seberapa padat jaringan.

Hal ini juga memungkinkan Web3 wallet untuk secara otomatis mengatur biaya gas bagi pengguna dengan cara yang andal.

Alih-alih membayar biaya kepada validatornya, EIP-1559 dirancang untuk memberlakukan setiap transaksi agar membakar biaya dasar yang dibayarkan dalam token MATIC sendiri. 

Selanjutnya, sistem biaya baru mengkompensasi validator dengan biaya prioritas yang bertindak sebagai insentif untuk mempercepat transaksi.

Mekanisme EIP-1559 sendiri diluncurkan pertama kali di Ethereum sebagai bagian dari hardfork network London pada Agustus tahun lalu.

Selain mencapai prediktabilitas dalam biaya gas, EIP-1559 juga menyebabkan perubahan mendasar dalam kebijakan moneter Ethereum. Mekanisme pembakaran biaya gas memiliki efek signifikan pada pengurangan pasokan ETH yang beredar.

Pada saat penulisan, harga MATIC diperdagangkan $2,19 setelah menurun 8,3% menurut data yang dilansir CoinGecko.

Untuk informasi yang lebih detail, bisa klik video di bawah ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.