Berita Exchange · 5 min read

Upbit Sebut 5 Karier Menjanjikan di Industri Kripto Tahun 2024

Top 5 Karier di Kripto

Industri kripto dan Web3 mengalami perkembangan pesat beberapa tahun ke belakang. Hal ini menimbulkan optimisme bahwa industri ini akan memberikan potensi luar bisa bagi siapa saja yang ikut terlibat di dalamnya. Terlibat dalam industri ini pun bisa melalui berbagai peran baik itu sebagai investor atau tenaga kerja. 

Terlibat sebagai tenaga kerja di industri kripto dan Web3 dianggap menjadi salah satu peluang yang menarik. Menurut Resna Raniadi, Chief Operating Officer Upbit Indonesia di tahun ini industri kripto menawarkan beberapa macam peluang profesi mulai dari teknis dan non teknis. Dalam keterangan pada media, Resna menyebutkan beberapa profesi yang menurutnya akan sangat diminati di tahun ini. 

Blockchain Developer

Blockchain developer bertanggung jawab merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan aplikasi atau protokol berbasis blockchain.

Seorang Blockchain developer perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang kriptografi, ilmu komputer, dan matematika. Menurut ZipRecruiter, gaji rata-rata pengembang blockchain di AS adalah US$154,550 per tahun.

Baca juga: Upbit Resmi Dapat Lisensi dari Otoritas Singapura

Analis Data

Dalam ekosistem kripto yang kian berkembang, analis data crypto menjadi peran yang penting. Mereka memiliki kemampuan untuk menganalisis data blockchain, transaksi, tren pasar, dan perilaku pengguna.

Analisis ini memberikan informasi berharga bagi perusahaan dan investor dalam membuat keputusan yang tepat. Menurut laporan dari Payscale, gaji seorang analis data kripto di Indonesia berkisar antara 150 juta hingga 300 juta rupiah per tahun.

Manajemen Risiko dan Kepatuhan

Dengan peningkatan pengawasan terhadap industri kripto,  permintaan untuk profesional yang dapat mengelola risiko dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan semakin meningkat. Manajer risiko dan kepatuhan ini perlu memahami kerangka kerja regulasi global, mengembangkan strategi kepatuhan yang efektif.

Profesi ini juga memerlukan pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi, menganalisis, menilai, dan mengembangkan rencana penanganan risiko yang terkait dengan regulasi atau kepatuhan.

Menurut Salary.com, gaji rata-rata seorang manajer risiko dan kepatuhan di Indonesia berkisar antara 300 juta hingga 500 juta rupiah per tahun.

Baca juga: Daftar Airdrop Kripto Terbesar di Dunia

Manajer Komunitas dan Pemasaran

Dalam ekosistem kripto yang berkembang, manajer komunitas dan pemasaran memiliki peran penting. Mereka bertanggung jawab membangun, memelihara, dan memperluas komunitas pengguna. Tugas mereka meliputi pengelolaan media sosial, organisasi acara, dan kampanye pemasaran untuk meningkatkan visibilitas proyek atau perusahaan.

Menurut data dari Indeed, gaji seorang manajer komunitas dan pemasaran di Indonesia berkisar antara 150 juta hingga 250 juta rupiah per tahun.

Konsultan Regulasi Kripto

Dengan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap regulasi kripto, konsultan regulasi kripto menjadi sangat diperlukan. Mereka memberikan panduan kepada perusahaan dan proyek untuk memastikan kepatuhan dengan peraturan yang berkembang.

Baca juga: Upbit Bagikan Tips Investasi Sambut Bitcoin Halving 2024


Dalam industri web3 dan kripto yang terus berkembang, peluang karier ini menawarkan potensi pertumbuhan yang sangat menjanjikan.

Selain itu, pendidikan dan pengembangan keterampilan yang berkelanjutan juga menjadi kunci kesuksesan dalam meraih karier di dunia yang terus berubah ini.

Baca juga: Meniti Karier di Web3: Pentingnya Kecepatan dan Adaptasi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.