Berita Industri · 6 min read

Meniti Karier di Web3: Pentingnya Kecepatan dan Adaptasi

Co-Founder Ajaib, Yada Piyajomkwan

Co-Founder Ajaib, Yada Piyajomkwan berbagi pandangannya di industri Web3 yang dinamis bersama Coinvestasi dan Blockchain Talent Indonesia dalam wawancara eksklusif pada Desember 2023. 

Ajaib adalah platform investasi keuangan yang didirikan pada 2018. Awalnya perusahaan ini hanya menyediakan investasi saham dan reksadana. Namun, seiring waktu platform terus berkembang dan mengikuti dinamika pasar.

Pada 2023 Ajaib menyediakan layanan investasi kripto melalui Ajaib Kripto. Layanan ini sudah terdaftar di Bappebti, sehingga telah memenuhi regulasi dan keamanan yang disyaratkan oleh pemerintah. 

Tersedianya kripto di Ajaib ini juga tak lepas dari pengalaman Yada yang telah mengenal kripto sejak 2016. Yada melihat kripto adalah sebuah peningkatan dibandingkan layanan tradisional lainnya. Ia menilai sifat transparan yang ada di blockchain, teknologi yang melekat di kripto mampu menyelesaikan banyak tantangan di dunia keuangan tradisional. 

“Ini menawarkan cara baru dan lebih baik dalam melakukan transaksi keuangan, memberikan kerangka kerja yang lebih efisien dan aman,” katanya. 

Dalam perjalanannya mengenal kripto dan bersama Ajaib, Yada menilai kecepatan dan adaptasi terhadap perubahan adalah salah satu nilai penting yang harus dimiliki agar bisa bertahan di industri Web3 yang eksploratif..

“Di Web3 banyak hal berubah dengan sangat cepat dan tidak ada satu cara yang benar dan preskriptif dalam melakukan sesuatu. Di Web3, cara kerja, pola pikir harus sedikit disesuaikan, dimana tidak ada cara yang benar dalam melakukan sesuatu, “ katanya. 

Mengenai pola pikir, Yada kembali menekankan, “Di Industri Web3 juga menuntut orang untuk lebih berpikir kritis tentang cara terbaik untuk maju dan pentingnya mengadaptasi pola pikir itu untuk bisa bertahan di lanskap dinamis ini.”

Baca juga: Ajaib Kripto dan Coinvestasi Adakan Pesta Akhir Tahun Sambut Momentum Bullish 2024 

Pentingnya Growth Mindset di Ajaib

Sementara itu di Ajaib, Yada menjelaskan bahwa ia bersama timnya selalu memiliki growth mindset yakni pola pikir dengan keyakinan untuk terus berkembang dan menantang diri untuk terus lebih baik lagi. Di Ajaib juga ditekankan untuk memiliki sifat kepemilikan atas pekerjaan dan usaha yang mereka lakukan, selalu optimis, dan rendah hati. 

“Kerendahan hati sangat penting dalam dunia kripto karena, menurut keyakinan saya, ada banyak hal yang belum kita ketahui. Lanskapnya selalu berubah, dengan perkembangan baru yang muncul setiap saat. Saat memasuki ruang kripto, baik itu diri saya sendiri atau orang lain, pola pikirnya harus mengakui bahwa selalu ada hal yang tidak diketahui,” katanya. 

Karakteristik Bakat Web3 yang Ajaib Cari 

Dalam pencariannya akan bakat, Yada menekankan pentingnya menemukan individu yang memiliki ambisi, motivasi, dedikasi tinggi, dan rendah hati. Menurutnya, apabila individu memiliki sifat tersebut mereka akan memiliki dorongan untuk membuktikan diri dan mencapai tujuan, sementara kerendahan hati sangat penting dalam industri yang terus berkembang dan terbuka untuk terus belajar. 

Yada juga mendorong para talenta untuk memahami pesatnya laju industri, dan menekankan bahwa kecepatan dapat dicapai melalui berbagai keahlian, termasuk manajemen waktu yang efektif, kecerdikan, dan pendekatan proaktif. Hal ini akan sangat membantu para talenta untuk bisa bertahan di tengah siklus pasar dan lanskap Web3 yang selalu berubah. 

Baca juga: Indonesia Web3 Landscape 2023, Ini Daftarnya!


Pandangan Yada ini memberikan perspektif berharga tentang industri bakat Web3, menekankan pentingnya pola pikir dinamis, pembelajaran berkelanjutan, dan fokus pada potensi transformatif teknologi blockchain.

Ketika industri terus berkembang, prinsip-prinsip yang ia berikan dapat menjadi salah satu komponen yang dapat membentuk keberhasilan individu dan organisasi di bidang Web3.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.