Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Exchange · 5 min read

Upbit Bagikan Tips Investasi Sambut Bitcoin Halving 2024

Tips Bitcoin Halving 2024

Bitcoin Halving menjadi salah satu momentum yang dinantikan investor Bitcoin. Peristiwa yang terjadi sekitar empat tahun sekali ini akan membuat imbalan para penambang Bitcoin berkurang setengahnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga pasokan Bitcoin yang sudah dibatasi sebanyak 21 juta.

Dari perspektif historis, Bitcoin telah mengalami tiga kali halving. Halving pertama terjadi pada 28 November 2012, mengurangi imbalan penambang dari 50 BTC menjadi 25 BTC.

Halving kedua terjadi pada 9 Juli 2016, menurunkan block reward dari 25 BTC menjadi 12,5 BTC. Yang terakhir, halving Bitcoin terjadi pada 11 Mei 2020, mengurangi dari 12,5 BTC menjadi 6,25 BTC.

Proses Bitcoin Halving berikutnya diantisipasi akan terjadi pada awal tahun 2024, dengan perkiraan pasokan koin sekitar 1.312.500 BTC dan imbalan pertambangan dipangkas menjadi 3,125 BTC.

Baca juga: Menuju Bitcoin Halving 2024, Semua yang Perlu Dipersiapkan Investor

Sebelum Bitcoin Halving, altcoin umumnya mengalami stabilitas harga karena perhatian para pelaku pasar cenderung terfokus pada Bitcoin. Tetapi, setelah Bitcoin Halving, muncul fenomena altcoin season, di mana banyak altcoin mengalami kenaikan harga yang signifikan, menyebabkan fluktuasi harga yang sulit diprediksi.

Bitcoin Halving 2024 dianggap sebagai faktor kunci yang berpengaruh pada pasar kripto secara keseluruhan, termasuk pasar altcoin. Altcoin season diharapkan menjadi periode yang menguntungkan bagi investor.

Kendati Halving dapat menjadi faktor kunci bagi pergerakan harga kripto, Resna Raniadi, VP of Operations Upbit Indonesia, menegaskan bahwa halving bukanlah jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan instan.

“Investor perlu mempersiapkan diri dengan matang dan menyadari risiko, mengingat kemungkinan kondisi pasar bearish sebelum terjadi lonjakan harga. Keputusan investasi harus dipertimbangkan secara matang sesuai dengan tujuan keuangan pribadi,” katanya.

Mulai Jual dan Beli Bitcoin di Upbit

Tips Investasi untuk Bitcoin Halving

Upbit, sebagai tempat perdagangan aset digital resmi di Indonesia, memberikan beberapa strategi bagi investor menjelang Bitcoin Halving tahun depan. Strategi ini bertujuan untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan, antara lain:

  1. Lakukan Riset Mendalam: Memahami lebih lanjut tentang Bitcoin, teknologi dasarnya, tren adopsi, dan dampak halving terhadap pasokan dan permintaan Bitcoin.
  2. Diversifikasi Portofolio: Pertimbangkan untuk tidak hanya berinvestasi dalam Bitcoin, tetapi juga mengeksplorasi kripto lainnya dan aset tradisional untuk mengurangi risiko konsentrasi.
  3. Pahami Risiko: Menyadari tingkat risiko terkait dengan investasi kripto, terutama selama periode halving yang cenderung meningkatkan volatilitas pasar.
  4. Gunakan Platform yang Aman: Gunakan platform penukaran kripto yang terpercaya dan terdaftar di bursa resmi untuk memastikan keamanan dana dan informasi pribadi.

Baca juga: Upbit Prediksi Pasar Kripto Akhir Tahun Positif

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.