Ukraina Terbitkan NFT untuk Danai Perang

Rossetti Syarief

14th March, 2022

Pada hari minggu (13/03), Ukraina mengungkapkan rincian lebih lanjut mengenai rencana mereka yang sebelumnya mendapat perdebatan, yaitu mengumpulkan dana dengan menerbitkan NFT.

Wakil menteri transformasi digital negara itu, Alex Bornyakov, mengatakan koleksi NFT yang diterbitkan akan “seperti museum perang Rusia-Ukraina. Kami ingin memberitahu dunia dalam format NFT.

Perencanaan tersebut pertama kali dimuat dalam ‘proposal menerbitkan NFT’ pada 3 Maret, setelah pemerintah membatalkan rencana airdrop kepada orang-orang yang telah menyumbangkan crypto.

Sementara pemerintah Ukraina sejauh ini telah menerima lebih dari $60 juta dalam bentuk donasi aset crypto sejak meluncurkan banding bulan lalu setelah invasi Rusia.

Menurut Bornyakov, dana tersebut telah membantu mereka untuk membeli ribuan rompi antipeluru, makanan kemasan, obat-obatan, serta perlengkapan lainnya untuk angkatan bersenjata.

Ukraina Memanfaatkan Aset Digital untuk Danai Perang

Jika koleksi NFT ini telah resmi diterbitkan, Bornyakov mengatakan uang itu digunakan untuk membeli peralatan militer dan untuk mendanai kegiatan media. 

“Kami tidak akan menggunakan dana ini untuk membeli senjata lagi saat ini. Kami akan memfokuskan dana untuk membeli kacamata night vision, optik, helm, rompi antipeluru yang baru.”

Wakil menteri transformasi digital juga menambahkan bahwa diplomasi digital Ukraina telah membawa hasil, dengan platform media sosial memblokir konten media pemerintah Rusia seperti Russia Today dan Sputnik atau melabelinya.

“Kami meyakinkan platform media sosial, perusahaan internasional, untuk memblokir Rusia, keluar dari Rusia, atau sepenuhnya mengubah kebijakan informasi mereka,” katanya.

Mengacu pada media sosial sebagai salah satu senjata Kremlin dalam konflik, Bornyakov kemudian mengkonfirmasi bahwa, “Sebagian besar senjata mereka dinonaktifkan. Pada titik ini, setelah dua minggu. Jadi inilah yang saya sebut hasil positif.”

Baca Juga: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Bitcoin Menuju 50 Ribu Dollar?

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.