Berita Altcoins · 6 min read

Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Meningkat! Ini Alasannya

Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Meningkat! Ini Alasannya

Data onchain atau data transaksi dari blockchain, menunjukkan bahwa terdapat tiga crypto yang mengalami apresiasi tinggi dalam ekosistem Ethereum (ETH) dan Polygon (MATIC). 

Ketiga crypto ini adalah Dogecoin (DOGE), Uniswap (UNI), dan Polygon (MATIC) yang mengalami peningkatan dari volume transaksi oleh investor besar atau whale. 

Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Naik!

Menurut data yang diberikan oleh perusahaan analisis onchain bernama Santiment, aktivitas transaksi crypto dari investor besar atau whale mengalami peningkatan di masa volatilitas tinggi saat ini. 

Santiment membuat kategori dimana transaksi dari whale atau investor besar adalah transaksi yang melebihi $100,000 per transaksi yang terjadi di blockchain. 

Volume transaksi yang dinyatakan adalah volume jual dan beli sehingga membuat wajar jika saat ini terjadi volatilitas tinggi di pasar. Sayangnya Santiment tidak memberikan data lebih besar tekanan jual atau dorongan beli. 

Tapi jika melihat dari pergerakan harga ketiga crypto ekosistem Ethereum dan Polygon ini, terlihat bahwa mayoritas volume transaksi yang terjadi adalah volume beli. 

Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Meningkat! Ini Alasannya
Grafik Harian UNIUSD
Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Meningkat! Ini Alasannya
Grafik Harian MATICUSD

Ketiga crypto ini mengalami apresiasi yang cukup signifikan dalam satu bulan terakhir dengan UNI yang naik sekitar 40% dan MATIC yang naik sekitar 88,8% walau pasar sedang bergerak negatif. 

Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Meningkat! Ini Alasannya
Grafik Harian DOGEUSD

DOGE juga mengalami apresiasi dalam satu bulan terakhir, namun hanya sekitar 9,4% akibat banyaknya sentimen negatif dan positif yang beredar secara bersamaan di sekitarnya. 

Pergerakan ini membuat banyak investor bertanya apa saja sentimen yang membuat harganya naik walau saat ini pasar crypto sedang bergerak negatif. 

Penyebab Apresiasi Harga Signifikan 

Untuk UNI, nampaknya apresiasi harga ini terjadi karena DeX Uniswap mengalami peningkatan kembali dalam volume transaksi. 

Peningkatan volume transaksi ini membuktikan bahwa DeX Uniswap memiliki kehidupan kembali setelah mengalami penurunan volume transaksi akibat bear market. 

Volume Transaksi Whale DOGE, UNI, dan MATIC Meningkat! Ini Alasannya
Data Volume Transaksi Uniswap

Peningkatan volume transaksi ini telah berhasil membuat Uniswap bertahan di peringkat kedua dalam peringkat volume transaksi antar DeX. 

Walau saat ini terlihat mulai turun kembali, angka ini merupakan peningkatan signifikan dari akhir Juni 2022. 

Untuk MATIC, apresiasi terjadi karena adanya dua sentimen positif utama. Yang pertama adalah alat baru dalam perihal verifikasi smart contract bernama zkEVM atau Zero Knowledge Ethereum Virtual Machine

ZkEVM telah dibentuk sejak awal Juli 2021 yang membuat peluncuran ini terjadi resmi satu tahun dari publikasi awal saat produk ini masih dikembangkan. 

Tujuan dari produk ini adalah untuk membantu mempermudah verifikasi informasi dalam smart contract antara dua pihak dan tetap menjaga sifat anonim dari informasi dalam smart contract tersebut. 

Baca juga: 19.000 DApps Dibangun di MATIC, Kok Harganya Ga Naik?

Selain kabar tersebut, saat ini MATIC juga memiliki sentimen positif dimana dikabarkan bahwa akan ada sekitar 50 proyek dari ekosistem Terra (LUNA) yang akan pindah ke blockchain Polygon. 

Proyek-proyek ini dikabarkan adalah proyek berbasis Non Fungible Token atau NFT dan akan dipandu oleh penanggung jawab sektor tersebut di ekosistem Polygon yaitu Polygon Studios. 

Untuk Dogecoin, saat ini belum terdapat sentimen positif atau negatif baru selain adopsi dari perusahaan Elon Musk yaitu The Boring Company sebagai alat pembayaran. 

Sentimen lainnya adalah pembangungan blockchain Proof of Stake dan perluasan ekosistemnya sesuai roadmap yang dipublikasi, namun hingga saat ini belum ada kejelasan atau kabar terbaru. 

Secara keseluruhan tiga crypto ini naik relatif signifikan namun trader serta investor diminta untuk berhati-hati mengingat volatilitas tinggi yang sedang dialami pasar crypto saat ini. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.