19.000 DApps Dibangun di MATIC, Kok Harganya Ga Naik?

Naufal Muhammad

28th April, 2022

Polygon (MATIC) baru saja membawa sentimen positif yang kemungkinan dapat mengembalikan kepercayaan investor kepada ekosistemnya. 

Tercatat bahwa saat ini ekosistem Blockchain Polygon telah meningkat sejak tahun lalu dengan adanya 19.000 aplikasi terdesentralisasi atau DApps yang telah dibangun. 

Sayangnya kabar tersebut belum terlihat dampaknya pada harga, yang membuat investor bertanya, mengapa harga MATIC tidak naik bersama banyaknya sentimen positif?

Ekosistem Blockchain Polygon Semakin Luas

Polygon baru saja mengumumkan bahwa ekosistemnya mencapai pencapaian baru dengan adanya 19.000 DApps yang ada pada jaringannya.

Angka ini merupakan apresiasi yang signifikan sejak Oktober 2021 dimana pada saat itu jumlah aplikasi yang ada di jaringannya hanya sekitar 3.000 DApps. 

Jumlah developer yang ada di ekosistemnya juga mengalami kenaikan yang menunjukkan minat yang meningkat untuk membangun aplikasi dari sumber daya yang ada di Blockchain Polygon.

Pihak Polygon membuat pernyataan langsung mengenai kondisi ini yaitu, 

“Saat ini ada 8.000 tim developer yang aktif per bulan untuk membangun proyek atau aplikasi baru di ekosistem Polygon Proof of Stake. Angka ini merupakan kenaikan dari 6.000 tim di Bulan Januari 2022 dan hanya beberapa ribu di Oktober 2021.”

Tim Polygon juga menyatakan bahwa dari seluruh developer dan tim tersebut, 65% membangun aplikasi hanya di Polygon karena menganggapnya sebagai blockchain utama dan 35% membangun di Polygon sebagai lapisan kedua dari Ethereum. 

Kabar ini adalah sebuah pencapaian yang signifikan karena meningkatkan kegunaan dari Blockchain Polygon secara signifikan dan membuatnya keluar dari hanya sekedar blockchain lapisan kedua menjadi ekosistemnya sendiri. 

Sayangnya kabar ini belum terlihat langsung pada harganya yang masih bergerak turun hingga saat ini, membuat banyak investor bertanya, mengapa harga MATIC belum naik?

Harga MATIC Belum Terlihat Naik 

Banyak investor yang heran mengapa MATIC belum mengalami apresiasi walau ekosistemnya semakin meluas. 

Alasan pertamanya adalah jumlah Total Value Locked (TVL) atau dana yang terkunci pada aplikasi tersebut yang belum memperlihatkan peningkatan. 

Saat ini TVL di ekosistem MATIC masih berada di peringkat delapan, jadi walau ekosistemnya bertambah, aplikasi-aplikasi baru tersebut belum berhasil menarik dana dari investor yang berarti belum digunakan secara besar. 

19.000 DApps Dibangun di MATIC, Kok Harganya Ga Naik?
Total Value Locked MATIC
Sumber: DeFillama

Selain itu jumlah wallet yang aktif juga mengalami penurunan sejak Januari 2022 yang menandakan menurunnya ketertarikan untuk membeli MATIC. 

19.000 DApps Dibangun di MATIC, Kok Harganya Ga Naik?
Data Active Address MATIC
Sumber: Santiment

Selain itu jika dilihat dari pertumbuhan aplikasi yang berarti jumlah aplikasi yang masuk tiap bulan ke Polygon, grafik jumlah dan pergerakannya relatif bergerak sama dengan harganya. 

Sejak Maret 2021 jumlah aplikasi yang dikembangkan mengalami penurunan hingga saat ini walau tidak secara signifikan di Tahun 2021. 

Pergerakan ini relatif sama dengan harga MATIC yang juga bergerak turun sejak Tahun 2021 bahkan hingga saat ini. 

19.000 DApps Dibangun di MATIC, Kok Harganya Ga Naik?
Data Perbandingan Harga dan Perkembangan Ekosistem
Sumber: Santiment

Bisa dilihat walau aplikasi bertambah, sayangnya aplikasi tersebut belum sepenuhnya matang atau bisa digunakan yang membuat harga MATIC belum naik secara signifikan. 

Dari sisi teknikal, saat ini MATIC juga belum terlihat positif jika dilihat dari grafik mingguannya yang membuat pergerakan koreksi signifikan. 

19.000 DApps Dibangun di MATIC, Kok Harganya Ga Naik?
Grafik Mingguan MATICUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $1.13 atau Rp16.348 masih terjaga, MATIC dapat kembali bergerak naik menuju $1.7 atau Rp24.595 yang juga merupakan batas yang perlu dilewati untuk kembali ke pergerakan apresiasinya. 

Jadi untuk saat ini langkah terbaik adalah menunggu ekosistem MATIC kembali aktif dan aplikasinya mulai menerima dana dari investor untuk digunakan. 

Jika belum ada ketertarikan lagi, kemungkinan besar MATIC akan bergerak stagnan dari sisi harga dan adopsi.

Melihat kondisi ini, yang dibutuhkan oleh Polygon adalah cara pemasaran yang lebih tinggi agar lebih banyak investor yang tertarik ke aplikasinya. 

Dalam jangka panjang, MATIC masih terlihat sebagai salah blockchain terbaik dengan mekanisme konsensusnya yang efisien dan kecepatan transaksinya yang dapat bersaing dengan blockchain lain. 

Selama developer dan tim masih aktif, MATIC masih memiliki harapan untuk bergerak naik namun butuh waktu yang cukup lama. 

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.