Axie Infinity Raih 66,6% dari Total Transaksi NFT Game Blockchain

Rossetti Syarief

12th March, 2022

Menurut laporan terbaru yang dikuratori oleh NonFungible, personel game raksasa NFT Axie Infinity mentransaksikan NFT senilai hampir $3,5 miliar dalam game blockchain sepanjang.

Jumlah itu menyumbangkan hampir dua pertiga atau 66,6% dari semua NFT yang ditransaksikan di seluruh industri game blockchain pada tahun 2021.

Di tempat kedua dan ketiga adalah pasar sports highlights NBA Top Shot dengan $827 juta, diikuti platform community gaming Loot dengan $242 juta.

Game Blockchain Axie Infinity Beri Banyak Keuntungan

Dibuat oleh pengembang video game asal Vietnam bernama Sky Mavis pada 2018, dalam game Axie Infinity berisikan makhluk yang disebut “Axies” yang dikumpulkan dan digunakan pemain untuk menyelesaikan misi harian, berduel dengan pemain lain, dll.

Setiap Axies adalah NFT yang dapat dicetak di blockchain Ethereum (ETH). Menyelesaikan tugas dengan Axies memberi penghargaan kepada pemain berupa Smooth Love Potion (SLP).

Token tersebut dapat dijual dengan uang tunai di bursa cryptocurrency, sehingga menghasilkan aliran pendapatan bagi pemain.

Baca Juga: Main Axie Infinity Lebih Cuan dari Gaji Karyawan Goldman Sachs

Secara keseluruhan, Axie Infinity menyumbang 19% dari perkiraan total transaksi NFT senilai $17 miliar tahun lalu.

Sementara pada november 2021, Axie Infinity melonjak secara signifikan dalam popularitas terutama di kalangan gamer negara berkembang, dimana seseorang berpotensi dapat memperoleh lebih banyak bermain Axie Infinity daripada bekerja dengan upah minimum.

Namun, para pemain telah mengeluh kepada developer bahwa pendapatan mereka telah turun karena penurunan harga SLP sebesar 67,5% pada periode yang sama.

Dan klasifikasinya adalah, penurunan harga pada SLP sebagian dapat dikaitkan dengan kenaikan inflasi token karena semakin banyak pemain yang bergabung dan bermain game.

Pada saat publikasi, ada hampir 2,7 juta pemain Axie bulanan, meningkat lebih dari 2 kali lipat jumlahnya dari yang hanya 1 juta pemain pada Maret tahun lalu. 

Secara keseluruhan, penggemar game blockchain membeli dan menjual NFT senilai $5,18 miliar tahun lalu yang tersebar di 20.986.532 penjualan.

Selain itu, ada total 112 game blockchain dan 1,88 juta active wallet. Berdasarkan analisis oleh NonFungible, statistik ini menyumbang 2,18% dari total pasar game dunia pada tahun 2021.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.