Sky Mavis Ciptakan Token RON untuk Sistem Tata Kelola Axie Infinity

Rossetti Syarief

28th January, 2022

Axie Infinity merupakan sebuah fenomena global dalam industri game blockchain yang telah berkembang dengan meluncurkan jaringan baru yang mereka sebut Ronin pada paruh kedua tahun 2020.

Dua tahun setelahnya, tepatnya pada Kamis (27/01), Sky Mavis selaku pendiri Axie Infinity resmi meluncurkan token RON yang akan mengatur blockchain Ronin.

Ini adalah pengumuman penting untuk ekosistem Axie Infinity karena blockchain Ronin, sebuah sidechain Ethereum, telah terbukti penting untuk kesuksesan Axie Infinity selama setahun terakhir.

Biaya tinggi dan waktu transaksi yang lambat pada Ethereum Layer-1 menyebabkan masalah bagi pengguna Axie Infinity yang menciptakan kesulitan penskalaan selama bertahun-tahun. 

Desentralisasi Axie Infinity

Chain Ronin Axie Infinity sekarang memiliki governance token sebagai tata kelola jaringan yang juga merupakan langkah kunci dalam mendesentralisasi axie.

Token RON akan memiliki beberapa keunggulan, salah satunya biaya gas yang akan dibayarkan dalam RON, serta akun baru yang diberikan kebebasan untuk melakukan lebih dari 100 transaksi per hari. 

Pemilik NFT di ekosistem Axie juga akan menerima sejumlah transaksi gratis. Di Katana, sebuah pertukaran terdesentralisasi Ronin, akan dibuka kumpulan likuiditas RON/ETH besok.

Sementara itu, tercatat cukup banyak aktivitas yang terjadi di blockchain Ronin. Lebih dari 300.000 alamat aktif harian berinteraksi dengan jaringan melalui dompet Ronin, dan mencapai puncaknya lebih dari satu juta November lalu.

Sementara pada bulan November, Ronin memproses 6,6 kali lebih banyak transaksi daripada Ethereum. 15% dari semua volume NFT tahun lalu terjadi di jaringan Ronin, per Nansen.

Dana ekosistem token RON juga telah dibuat, yang akan digunakan untuk membawa pengembang dan tim game baru ke jaringan.

Baca Juga: Axie Infinity Luncurkan Ronin DEX, Token SLP Naik 74%!

Token RON Sempat Dikritik Pemain Axie

Namun harapan untuk peluncuran yang mulus itu diimbangi dengan keluhan dari sejumlah pemain Axie Infinity. Di Axie Infinity, pengguna akan mendapatka aset yang disebut Smooth Love Potion (SLP) setelah menyelesaikan tugas. 

Pengguna top bahkan dapat memperoleh sekitar 1.400 SLP per hari dengan bermain Axie Infinity, atau 680 SLP jika mereka bergabung dengan guild. Yang tentunya angka itu akan menghasilkan pendapatan yang mengesankan.

Sementara itu, sebagai hasil dari bear market crypto, SLP telah turun dari $0,36 pada bulan Mei menjadi $0,01 dalam beberapa minggu terakhir. 

Banyak pemain yang mengeluhkan fenomena itu ke Twitter untuk menyuarakan rasa frustrasi mereka pada Axie Infinity yang jsutmengubah fokus mereka menjadi mengembangkan RON alih-alih berbuat lebih banyak inovasi untuk menopang nilai SLP.

Namun demikian, pemain mungkin mendapatkan kelonggaran karena 70 juta dari pasokan awal yang beredar sebesar 185 juta akan diberikan kepada berbagai anggota komunitas (termasuk pemain) atas kontribusi mereka.

Pada saat penulisan, setiap RON saat ini bernilai 3,30 Tether (USDT) di OKX.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.