Harga · 7 min read

Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar

Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar

Celsius (CEL) terlihat kembali menarik perhatian akibat tokennya bergerak naik hingga 800% pada 14 Juni 2022. 

Banyak yang menganggap ini sebagai pemulihan CEL dari koreksinya akibat kasus pemberhentian penarikan dana yang membuat Miliaran Dolar Amerika tidak bisa diakses pengguna platformnya. 

Tapi beberapa analis menganggap bahwa ini hanya pergerakan manipulasi pasar sementara akibat sentimen terhadap CEL belum positif. 

CEL Naik 800% Setelah Kasus Pembekuan Dana

CEL dikabarkan telah bergerak naik sekitar 800% setelah turun sekitar 70% hanya dalam sehari. 

Penurunan harga hingga 70% terjadi setelah adanya publikasi mengenai pembekuan dana nasabah atau pengguna platformnya yang membuat pengguna tidak bisa menarik dana yang disimpan di platformnya. 

Celsius sendiri adalah sebuah platform DeFi yang memberi jasa swap dan farming, serta lending dan borrowing. Jadi Celsius merupakan salah satu platform DeFi terlengkap, namun memiliki beberapa kekurangan dalam mekanismenya. 

Karena beberapa hal yang terpusat pada buruknya pengelolaan dana, akhirnya Celsius kekurangan likuiditas dan membuat dana penggunanya tidak bisa diakses.

Walau ada sentimen negatif ini, CEL dapat kembali naik bahkan mencapai 800% hanya dalam satu hari. 

Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar
Grafik Harian CELUSD

Apresiasi ini terjadi pada 14 Juni 2022 dengan penutupan harian yang membawanya naik hingga 100% lebih. 

Sayangnya hari ini, CEL kembali dibuka dengan penjualan dimana apresiasi kemarin terlihat terjadi dalam waktu singkat. 

Kenaikan harga signifikan tersebut terjadi akibat banyaknya rumor bahwa Celsius akan segera pulih dengan adanya banyak dana pinjaman yang diterima untuk memulihkan likuiditasnya. 

Walau terkesan sebagai “gali lubang, tutup lubang” dengan banyaknya utang yang akan diterima tanpa adanya kabar perubahan model bisnisnya, beberapa investor masih menganggap ini sebagai sentimen positif. 

Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar
Cuitan Twitter Hsaka

Salah satu analis di Twitter bernama Hsaka menyatakan bahwa salah satu bukti nyata utang baru telah diterima adalah kiriman dana dalam bentuk DAI sebesar $28 Juta. 

Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar
Dana DAI Masuk ke Celsius

Dana tersebut kemudian dikirimkan kembali untuk membayar utang sebelumnya. Celsius juga dikabarkan telah memiliki 500 Bitcoin untuk jaminan utang baru lagi. 

Banyak yang berasumsi tujuan utang ini diambil dari MakerDAO dan peminjaman uang baru di kondisi pasar yang mayoritas harga lebih rendah, adalah untuk menurunkan harga likuidasi utang yang dimiliki. 

Tujuan akhirnya adalah untuk menghindari gagal bayar dan kebangkrutan secara menyeluruh. 

Terdapat asumsi lain bahwa kenaikan harga dadakan ini terjadi karena kerusakan dari bursa FTX.

FTX Ikut Terseret Celsius

Kerusakan yang dimaksud adalah pergerakan harga yang mendadak naik secara signifikan. Isu ini ditambah dengan adanya beberapa trader yang melaporkan gagal saat ingin membeli atau menjual token tersebut di FTX. 

Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar
CEL di FTX Sulit Diakses

Beberapa trader menyatakan bahwa mereka gagal untuk membeli atau menjual bahkan di pasar derivatif dengan pengguna Twitter bernama Karl Larsen yang melaporkan posisi shortnya hanya bisa dilakukan di $0.87 hingga $0.95

Selain itu, FTX juga saat ini terseret kasus karena dianggap mengakomodir kerusakan yang terjadi pada CEL.

Terdapat kabar bahwa sebelum CEL menghentikan penarikan dana, ada sekitar $320 Juta dana Celsius yang dikirim ke bursa FTX. 

Tidak ada kesimpulan yang mengarah kepada FTX membantu kerugian yang terjadi tapi sayangnya saat ini nama FTX ikut terseret. 

Intinya saat ini Celsius masih menghentikan operasional platformnya dan terlihat masih mencari dana likuiditas tambahan untuk mengakomodir kembali pinjaman, pemberian imbalan, dan penarikan dana. 

Terkait pergerakan harganya saat ini mayoritas analis mengingatkan adanya potensi manipulasi harga atau short squeeze yang akan terjadi dan membuat volatilitas tinggi.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.