Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Tingkatkan Kesegaran Produk, Giant Pakai Blockchain

febrian surya     Tuesday, May 26 2020

California Giant Berry Farms merupakan satu di antara perusahaan ritel lainnya yang telah melibatkan teknologi blockchain dalam proses bisnis mereka untuk membantu rantai pasok mereka dalam melakukan pengiriman buah beri. Perusahaan yang menjual buah beri ini bermitra dengan IBM Food Trust, sebuah jaringan blockchain yang memberikan solusi dan menyederhanakan proses rantai pasok pangan menjadi lebih cepat dan lebih aman.

Perusahaan California Giant saat ini menggunakan Glasschain software, merupakan seluruh basis data yang menghubungkan California Giant dengan pelanggannya dengan menggunakan ERP software dan memberikan informasi terkait lokasi perkebunan, waktu dan pengiriman di seluruh titik proses rantai pasok.

“Penggunaan blockchain ini akan memudahkan California Giant dan mitra kerjanya untuk menyederhanakan dan mempermudah analisa terkait proses-proses rantai pasok apa saja yang dianggap tidak efektif, dan bisa meningkatkan efisiensi operasional dan berorientasi kepada kesegaran produk,” Thomas Taggart, Direktur Senior Operasi, California Giant Berry Farms.

Penggunaan blockchain dalam membantu proses rantai pasok memang sangat dibutuhkan untuk menjaga produk buah beri tetap segar saat sampai ke ritel dan dibeli oleh konsumen. Sebab, buah beri yang didistribusikan ke ritel-ritel merupakan hasil panen dari berbagai petani dari berbagai wilayah di Amerika Serikat dan sekitarnya. Dengan memperhatikan proses-proses seperti bagaimana cara petani tersebut berkebun, kemudian hasil panen akan langsung dikirimkan ke California Giant Berry Farms, kemudian buah-buah beri tersebut dikemas, dan didistribusikan ke ritel-ritel yang telah bermitra dengan California Giant.

Sehingga, semua buah beri yang didistribusikan oleh California Giant memiliki informasi yang jelas terkait kualitas buah-buahan tersebut seperti lokasi perkebunan saat panen, hingga waktu pengiriman buah-buahan dari perkebunan dengan identitas digital yang diberikan oleh blockchain.

Sama halnya yang telah dilakukan oleh Carrefour dan Walmart untuk produk-produk segar milik mereka yang dibantu dengan blockchain untuk mempermudah proses identifikasi dan pelacakan terkait kesegaran produk yang dijual di ritel mereka hingga ke tangan konsumen. Sehingga, pembeli dapat mengetahui apakah produk ini masih segar atau tidak.

Langkah yang diambil oleh California Giant Berry Farms dengan bergabung di jaringan blockchain IBM Food Trust menjadi salah satu hal yang dianggap telah tepat untuk menyambut digitalisasi dalam membantu cara berkebun saat ini yang lebih efektif dan efisien dari segi operasionalnya.

Sumber