Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 7 min read

Suku Bunga Acuan AS Tertinggi dalam 15 Tahun! Harga Kripto Turun

Suku Bunga Naik

Bank sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) pada Rabu (14/12) waktu Amerika Serikat kembali menaikkan suku bunga acuan (FED rate) sebesar 50 atau 0,5 basis poin.

Kenaikan tersebut ditujukan untuk memperlambat laju inflasi yang masih jauh dari kata rampung, namun kenaikan ini juga menyebabkan sentimen negatif bagi pasar kripto yang terjebak di zona merah.

The Fed Naikkan Suku Bunga Ke Level Tertinggi

Setelah empat kenaikan 75 basis poin berturut-turut, The Fed akhirnya memperlambat kebijakan pengetatan moneternya dalam pertemuan FOMC terakhir tahun ini.

Dengan kenaikan 50 basis poin, suku bunga Fed sekarang ada di angka 4,5%. Suku bunga ini adalah yang tertinggi dalam 15 tahun.

Level baru menandai tingkat Fed dari yang tertinggi sejak Desember 2007, tepat sebelum krisis keuangan global dan ketika Fed melonggarkan kebijakan secara agresif untuk memerangi penurunan ekonomi terburuk.

Pasar mengharapkan kenaikan 50 basis poin sejak pengumuman tingkat Indeks Harga Konsumen (CPI) year-on-year yang lebih rendah dari perkiraan. Pada hari Selasa, CPI diumumkan sebesar 7,1%, nilainya lebih rendah dari perkiraan CPI sebesar 7,3%.

Baca juga: Tingkat Inflasi AS Turun, BTC Sempat Tembus $18.000

Seiring dengan kenaikan tersebut, muncul indikasi bahwa para pejabat berharap untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi hingga tahun depan tanpa pengurangan hingga tahun 2024.

Tingkat basis poin yang diharapkan oleh para pejabat bertujuan untuk mengakhiri kenaikan suku bunga, dan perkirakan ditetapkan pada 5,1%, menurut “plot titik” FOMC tentang harapan masing-masing anggota, melansir dari CNBC.

Anggota memperkirakan kenaikan suku bunga dana hingga mencapai tingkat rata-rata 5,1% tahun depan, setara dengan kisaran target 5% -5,25. Hal ini bertujuan untuk memikirkan dampak pengetatan kebijakan moneter.

Kemudian, konsensus menunjuk penurunan suku bunga senilai poin persentase penuh pada tahun 2024, menjadikan suku bunga dana menjadi 4,1% pada akhir tahun itu.

Hal itu diikuti oleh persentase poin pemotongan lainnya pada tahun 2025 ke tingkat 3,1%, sebelum patokan tersebut menetap di tingkat netral jangka panjang sebesar 2,5%.

Para ara pejabat Fed percaya dengan menaikkan suku bunga dapat membantu pertumbuhan ekonomi, mengurangi permintaan dan pada akhirnya menarik harga lebih rendah setelah inflasi melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari 40 tahun.

Reaksi Pasar Kripto Terhadap Kenaikan Suku Bunga

Setelah pengumuman keputusan suku bunga yang lebih tinggi, pasar kripto mengalami koreksi signifikan yang merugikan banyak trader.

Meskipun Bitcoin sebelumnya sempat menembus di atas $18.000 untuk pertama kalinya sejak bursa kripto FTX bangkrut pada 8 November lalu. Kini harga Bitcoin (BTC) turun hampir 3,5% setelah pengumuman, dan Ethereum (ETH) hampir 3%. 

Harga Bitcoin setelah Fed mengumumkan kenaikan suku bunga 50 basis poin. Sumber: TradingView

Pada saat penulisan Bitcoin berada pada level $17.739 (Rp277 juta) pukul 13.46 WIB dan Ethereum $1.292 (Rp20,1 juta), berdasarkan data CoinMarketCap.

Sementara, berdasarkan data dari Coinglass, perdagangan senilai lebih dari US$18 juta (Rp281 miliar) dilikuidasi dari bursa kripto dalam 1 jam setelah pengumuman kenaikan suku bunga 50 basis poin.

Pedagang kripto yang bertaruh pada momentum pasar bullish mengalami likuidasi. Di antara semua perdagangan, 86,26% dari posisi beli senilai US$15,95 juta (Rp249 miliar) dilikuidasi.

Kumpulan exchange yang dilikuidasi. Sumber: Coinglass

Baca Juga: 200 Ribu BTC dan 1 Juta ETH Keluar dari Bursa! Apa Dampaknya Bagi Pasar Kripto?

Secara keseluruhan, mengapa suku bunga acuan dapat mempengaruhi harga kripto dan menjadi sinyal baik atau buruknya bagi para trader? Lalu, apa sih yang menjadi penyebabnya, kenapa kebijakan ekonomi Amerika bisa membuat harga Bitcoin naik atau turun? Simak penjelasan video berikut ini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.