Berita Altcoins · 7 min read

Tezos Integrasi dengan Gitcoin, Gelar 8 Hackathon Sejak Bulan Ini

Tezos (XTZ) baru saja mengabarkan bahwa akan ada kerja sama baru bersama Gitcoin untuk menyelenggarakan Hackathon.

Gitcoin (GTC) adalah pemimpin utama dalam dunia proyek teknologi blockchain publik berbasis Web 3.0 yang membantu developer untuk tumbuh berkembang.

Dengan lebih dari 300.000 developer aktif serta 2.000 proyek di dalamnya Gitcoin dianggap baik oleh Tezos untuk menjadi rekan Hackathon.

Tezos Gandeng Gitcoin

Pertumbuhan dalam ekosistem Tezos hingga saat ini memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan terutama dengan platform Non-Fungible Token (NFT).

Saat ini platform NFT Tezos memiliki transaksi volume terbesar di dunia NFT dan juga pengguna aktif terbesar.

Selain NFT, ekosistem Decentralized Finance (DeFi) dalam Tezos juga memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan dengan terus bertumbuhnya dana dan pengguna.

Walau pertumbuhan ini juga terus terlihat, Tezos tetap membuka jalan untuk adanya peningkatan kualitas, terutama dengan adanya lebih dari 2.500 proyek baru.

Oleh karena ini, Tezos meluncurkan Hackathon untuk menciptakan insentif kepada para pengguna jaringan untuk meningkatkan kualitas Tezos.

Hackathon sendiri adalah sebuah acara dimana developer bisa mendapatkan hadiah setelah membangun proyek di Blockchain Tezo.

Proyek tersebut nantinya akan dinilai dan akan dilihat dampaknya terhadap jaringan Tezos untuk melihat signifikansi terhadap peningkatan kualitas blockchain.

Dalam tiga tahun terakhir, Tezos telah menyelenggarakan beberapa Hackathon dan saat ini akan ada kerja sama baru yaitu bersama Gitcoin.

Gitcoin sendiri saat ini sedang dalam misi untuk membangun internet yang lebih terbuka, lebih terintegrasi, dan lebih bermanfaat untuk perekonomian.

Hingga saat ini, Gitcoin telah mendanai hingga Rp362,93 Miliar kepada proyek-proyek baru yang diciptakan di dalam platform terbukanya.

Fokus utama Gitcoin adalah untuk menciptakan ekosistem Web 3.0 untuk menciptakan jaringan internet yang lebih terbuka.

Integrasi antara Gitcoin dan Tezos akan dimulai dengan adanya beberapa tugas yang dapat diselesaikan untuk mendapat imbalan atau “Bounty”.

Setelah itu, Hackathon pertama nantinya akan dimulai pada 21 Juli 2021 dan akan fokus kepada NFT dan Decentralized Autonomous Organization (DAO).

 “NFT Me, You Can DAO It” akan menjadi tema Hackathon pertama dari delapan Hacakthon dalam dua tahun ke depan.

Hackathon Tezos ini akan berjalan selama satu bulan penuh dan dijalankan secara virtual ditambah dengan beberapa acara tambahan untuk meramaikannya.

Rincian Acara Hackathon Tezos

Hackacthon ini dirancang untuk mengajak partisipan menjelajahi dan meningkatkan ekosistem NFT dan DAO dari Tezos.

Partisipan nantinya dapat membangun platform NFT baru dan bahkan meningkatkan beberapa kegunaan platform yang sudah ada.

Selain itu, partisipan Hackathon juga dapat membangun proyek baru yang sesuai dengan banyaknya permintaan dari komunitas Tezos.

Untuk DAO, partisipan dapat menjelajahi kerangka dari DAO yang ada untuk mengarahkannya kepada kegunaan khusus.

Kegunaan tersebut contohnya seperti kurasi (Curation) DAO, DAO yang kuat dan siap menampung pembaruan fork, DAO pengelolaan keuangan (Treasury), atau untuk pemungutan suara di luar jaringan (Off-Chain Voting).

Hackathon ini nantinya akan dinilai berdasarkan dampak proyek baru terhadap ekosistem Tezos, keaslian dan inovasi, kemampuuan teknologi, dan tampilan.

Semua proyek ini nantinya harus dibangun di bawah lisensi terbuka MIT dan harus dibangun serta mendaftarkan tokennya pada Florence Testnet.

Developer nantinya dapat mendalami beberapa alat dan sumber yang dibutuhkan untuk membangun proyek melalui beberapa platform seperti Tacode dan OpenTezos.

Untuk mendalami komunitas developer Tezos, developer dapat masuk ke telegram resmi yang tertera pada tautan berikut

Kemudian Developer juga bisa menemukan beberapa sumber yang dibutuhkan untuk membangun proyek pada Tezos melalui dev portal dan stack exchange.

Perincian hadiah Hackathon ini dirutukan sesuai peringkat yang terlihat sebagai berikut:

  • Pertama untuk Satu Tim $15,000 atau Rp217,75 Juta dalam XTZ
  • Kedua untuk Tiga Tim $10,000 atau Rp145,17 Juta dalam XTZ
  • Ketiga untuk Enam Tim $5,000 atau Rp72,58 Juta dalam XTZ

Nantinya pemenang juga akan dimasukkan ke dalam daftar priotritas untuk bounty ke depannya dan juga akan diundang untuk mengajukan dana ke Tezos Foundation.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada tautan yang tertera di sini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.