3 Kelebihan TEZOS untuk Platform NFT

Anisa Giovanny

23rd June, 2021

Tezos bergabung dengan NFT merupakan angin segar bagi industri ini, sebab blockchain Tezos diklaim memiliki biaya yang lebih murah dan hemat energi.  Masuknya Tezos ke industri NFT pun sudah menarik perhatian salah satu platform NFT yakni Hic Et Nunc dan Kalamint  yang turut membantu Tezos tumbuh secara eksponensial dalam sebulan terakhir.

Antara Februari dan Maret telah terjadi peningkatan ~380% dalam panggilan kontrak. Dari 95 ribu di bulan Februari hingga 360 ribu panggilan kontrak di bulan Maret dan April ada antrian lebih dari 1.000.000 panggilan (Saat ini di 643 ribu).

Ini diprediksi akan menjadi lebih dari 10 kali lipat dari Februari. Selain terjadi peningkatan yang luar biasa, ada beberapa alasan yang membuat TEZOS cocok dijadikan pilihan pondasi bagi platform NFT, diantaranya adalah:

Ramah lingkungan

Menurut sebuah artikel dari TechCrunch pada bulan Maret 2021, “Setiap transaksi Ethereum membutuhkan energi yang hampir sama dengan yang digunakan dua rumah tangga Amerika per hari”. Itu berarti bahwa untuk setiap tindakan NFT yang dicetak, dijual, atau dibeli, menghabiskan energi sebanyak dua rumah tangga di AS.

Meskipun tidak berdampak sebesar Ethereum dan Bitcoin, semua rantai PoW menyebabkan dampak lingkungan yang besar. Pada saat ini sangat penting untuk menghindari emisi karbon tambahan,  dengan Tezos yang menggunakan mekanisma Proof of Stake penggunaan energi ini bisa dihemat.

Biaya Transaksi Rendah

Biaya transaksi Tezos adalah sekitar .0004 XTZ sekitar $.0023 atau 1/4 dari satu sen. Hal ini memungkinkan NFT dengan nilai berapa pun, besar atau kecil, dapat ditransaksikan dengan mudah dan murah. Khusus untuk pemula yang NFT-nya mungkin hanya bernilai beberapa dolar, biaya transaksi yang murah tentu akan sangat membantu.

Komunitas NFT yang Kuat

Seluruh komunitas di Tezos, dan lebih khusus lagi di sekitar NFT, adalah komunitas yang ramai & ramah. Kamu bisa mengajukan pertanyaan di Twitter dan segera mendapatkan jawabannya. Ini akan membantu kamu menjadi lebih paham mengenai Tezos dan NFT yang ada di platform. Grup komunitas NFT bisa kmau temukan grup Hic Et Nunc Reddit dan Discord dengan 680 redditor dan saluran Discord dan channel Kalamint di  Telegram.

Itu dia berbagai kelebihan Tezos untuk platform NFT, kamu bisa mendapatkan informasi ini kembali di sini.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency