Tether Luncurkan USDT dalam Polkadot

Rossetti Syarief

15th April, 2022

Stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Tether, mengumumkan peluncuran mata uangnya USDT ke dalam jaringan Kusama milik Polkadot.

Pernyataan itu dinyatakan oleh Tether Operations Limited selaku operator Tether.io pada 13 April lalu. 

“Langkah itu dilakukan agar memudahkan developer untuk membuat aplikasi terdesentralisasi tanpa pihak ketiga yang mengendalikannya di beberapa blockchain, komunitas, dan jaringan.”

USDT Diluncurkan dalam Polkadot

Menurut siaran pers yang dilansir media setempat, USDT akan berperan untuk menggerakkan transaksi pada parachain pertama di jaringan Kusama yang disebut Statemine.

Menurut Paolo Ardoino selaku CTO Tether, Statemine disini memungkinkan penyebaran aset (termasuk karya seni tokenized dan stablecoin) dengan lebih hemat biaya, serta mengatasi permasalahan terkait keamanan, skalabilitas, dan interoperabilitas blockchain.

“Kami senang meluncurkan USD₮ di Kusama, menawarkan akses komunitasnya ke stablecoin paling likuid, stabil, dan terpercaya di ruang token digital.”

Hingga saat ini, USDT telah tersedia di sepuluh blockchain yang mencangkup Ethereum, Solana, Omni, Tron, Algorand, Liquid Network, EOS, dan Bitcoin Cash.

Diluar dari pembaruannya yang dianggap memberi keuntungan besar, penerbit Tether sendiri sering didakwa karena dianggap tidak becus mengurus dana pengembangannya serta menyesatkan pengguna.

Baru-baru ini, dua penggugat di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan New York mengajukan gugatan class action terhadap Tether karena menipu konsumen mengenai kecukupan cadangan USDT dan apa yang terkandung dalam cadangan tersebut. 

Perusahaan kemudian menolak gugatan tersebut dan mengklaim pernyataan tersebut hanya omong kosong.

Meskipun terus menjadi stablecoin terbesar dan banyak digunakan di dunia, momentum tersebut beberapa kali telah mendorong harga aset turun bahkan koreksi dengan rentan periode yang cukup lama.

Baca Juga: Tether Bekukan 150 juta Dollar dalam USDT

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.